Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Apa Saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi

Apa Saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi

Apa Saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi

INFO PENDIDIKAN – Apa Saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi

Sobat Pendidikan, kemendikbudristek memberikan kebebasan kepada Satuan Pendidikan untuk menentukan kurikulum yang dianggap lebih cocok dalam rangka pemulihan pembelajaran, meski sudah ada Kurikulum Merdeka yang diterapkan pada tahun pelajaran 2022/2023.

Opsi kurikulum tersebut antara lain Kurikulum 2013 secara penuh, Kurikulum Darurat yaitu Kurikulum 2013 yang disederhanakan semasa pandemi, dan Kurikulum Merdeka.

Apa Saja Perbedaanya IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi?

Sekolah yang memakai Kurikulum Merdeka secara mandiri bisa memilih tiga opsi lagi, diantaranya Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi.

Apa yang Dimaksud dengan Kurikulum Mandiri Belajar? Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur Mandiri Belajar, Kepala Sekolah dan Guru menerapkan komponen atau prinsip kurikulum merdeka dengan tetap menggunakan kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan (Kurikulum tahun 2013, Kurikulum Darurat).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 5 Cerita Reflektif Merdeka Belajar

Dengan kata lain, Sekolah yang memilih Mandiri Belajar masih menggunakan Kurikulum 2013 tapi sudah mulai menerapkan prinsip-prinsip yang ada di Kurikulum Merdeka, terutama dalam rangka peningkatan kompetensi literasi, numerasi, penguatan pendidikan karakter dan lainnya yang ada di Kurikulum Merdeka

Apa yang Dimaksud dengan Kurikulum Mandiri Berubah? Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka jalur Mandiri Berubah, Kepala Sekolah dan Guru mulai tahun ajaran 2022/2023 menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, kelas 4, kelas 7 atau kelas 10.

Baca Juga :  Memahami Diferensiasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Dengan kata lain, sekolah yang memilih Mandiri Berubah artinya sudah memanfaatkan sepenuhnya platform Merdeka Mengajar yang disiapkan oleh Kemendikbudristek. Memilih CP, TP, ATP, perangkat ajar, asesmen, dan lain sebagainya di platform ini, yang juga sudah memuat segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh sekolah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

Apa yang Dimaksud dengan Kurikulum Mandiri Berbagi? Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka jalur Mandiri Berbagi, Kepala Sekolah dan Guru dalam tahun ajaran 2022/2023 menerapkan kurikulum merdeka dengan melakukan pengembangan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, kelas 4, kelas 7 atau kelas 10.

Dengan kata lain, bagi yang sudah sangat siap, yang selama ini melaksanakan banyak praktik baik terkait pengembangan perangkat ajar dan lain sebagainya, ditinjau dari sarana dan prasarana, kesiapan SDM, dan jika sudah bisa berkarya atau berinovasi, tidak sekedar yang ada di platform Merdeka Mengajar tetapi juga bisa berbagi pada sekolah-sekolah lain dalam bentuk karya-karya yang inovatif dan tetap mengikuti prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, maka diberi kesempatan untuk memilih opsi Mandiri Berbagi.

Baca Juga :  Download Perangkat Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Demikian informasi “Apa Saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi”

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Apa Saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.