Info Pendidikan Terbaru PPPK Bahan Belajar Dasar Komunikasi Pedagogik Seri PPPK PGSD

Bahan Belajar Dasar Komunikasi Pedagogik Seri PPPK PGSD

Bahan Belajar Dasar Komunikasi Pedagogik Seri PPPK PGSD

InfoASN.id – Bahan Belajar Dasar Komunikasi Pedagogik Seri PPPK PGSD

Oke langsung saja berikut materi bahan belajar dasar komunikasi pedagogik beserta soal dan jawabannya sebagai referensi untuk peserta seri PPPK.

Dasar komunikasi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu memahami strategi komunikasi efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi konsep dasar komunikasi, unsur-unsur komunikasi, proses komunikasi, faktor penunjang dan penghambat komunikasi efektif dalam pembelajaran, strategi komunikasi efektif, empatik dan santun dengan peserta didik, dan berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.

Menurut Model Lasswel proses komunikasi dapat digambarkan dengan menjawab pertanyaan: “Siapa Mengatakan Apa Dengan Saluran Apa Kepada Siapa dengan Pengaruh Bagaimana?”. Berdasarkan model ini unsur komunikasi terdiri atas pengirim, pesan, media, penerima, dan hasil komunikasi. Model ini bersifat satu arah dan tidak mempertimbangkan gangguan komunikasi. Menurut model komunikasi Srhramm proses komunikasi mencakup proses penyandian dan adanya pengaruh pengalaman dari komunikator dan komunikan.

Baca Juga :  3 Poin Penting Mekanisme Pendaftaran PPPK 2021, Guru Honorer Harus Tahu

Faktor penunjang komunikasi efektif dapat dilihat dari faktor guru, peserta didik, dan muatan pelajaran. Faktor penghambat komunikasi efektif secara umum meliputi gangguan fisik, gangguan mekanik, gangguan semantik, gangguan budaya, gangguan kepentingan, dan gangguan motivasi. Faktor penghambat komunikasi efektif dalam pembelajaran terdiri atas hambatan pada guru, hambatan pada saluran atau media, serta hambatan pada peserta didik.

Startegi komunikasi efektif, empatik dan santun dapat meliputi kegiatan (1) membangun etos guru melalui kesiapan, kesungguhan, ketulusan, kepercayaan, ketenangan, keramahan dan kesederhanaan; (2) memilih materi yang sesuai, dengan memperhatikan: materi sesuai dengan latar belakang pengetahuan peserta didik, menarik minat guru dan peserta didik, serta sesuai dengan pengetahuan peserta didik. (3) menggunakan bahasa yang tepat: kata-kata harus jelas, kata-kata harus tepat, dan kata-kata harus menarik, (4) Membangun Iklim Komunikasi dengan Peserta Didik. Iklim komunikasi yang positif dapat dilakukan melalui sikap respect, emphaty, audible, clarity, dan humble.

Baca Juga :  Penundaan Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021: Progres hingga Alasannya

Kuis Seri PPPK

1. “Kemampuan seseorang untuk mengetahui apa yang dialami orang lain pada saat tertentu, dari sudut pandang dan perspektif orang lain disebut

Prasangka
Skill
Empatik
Simpatik

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Clarity

2. “Supaya komunikasi berjalan dengan efektif, penting bagi komunikator (guru) memahami aspek-aspek dibawah ini, kecuali

Waktu yang tepat untuk suatu pesan
Sikap dan nilai yang ditampilkan harus dapat menumbuhkan kepercayaan bagi guru/komunikator;
Bahasa yang digunakan harus dapat dimengerti oleh komunikan;
Memilah-milah jenis kelompok sasaran di mana komunikasi akan dilakukan

Baca Juga :  Cara Membuat Akun Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 di Portal sscasn

Note : Jawaban yang dicetak tebal adalah jawaban yang benar.

SELANJUTNYA UNTUK FILE PDF MODUL Dasar Komunikasi Pedagogik UNDUH DIBAWAH

Demikian informasi “Bahan Belajar Dasar Komunikasi Pedagogik Seri PPPK PGSD”

Baca Juga : Info PPPK Lainnya — DISINI

Download Bahan Belajar Dasar Komunikasi Pedagogik Seri PPPK PGSD.pdf

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Bahan Belajar Dasar Komunikasi Pedagogik Seri PPPK PGSD” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

8 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *