Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21

Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21

Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21

INFO PENDIDIKAN – Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21

Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21 ini secara singkat menyajikan konsep penilaian formatif disertai contoh-contohnya yang diambilkan dari praktik sehari-hari para pendidik agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melaksanakan penilaian formatif.

Penilaian formatif (assessment for learning) adalah proses mengumpulkan data/informasi/bukti-bukti mengenai sejauh mana kemajuan peserta didik dalam menguasai kompetensi, menginterpretasikan data/informasi tersebut, dan memutuskan kegiatan pembelajaran yang paling efektif bagi peserta didik agar dapat menguasai materi/kompetensi secara optimal.

Penilaian formatif merupakan bagian dari langkah-langkah pembelajaran, dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung yang merupakan bagian dari praktik keseharian pendidik dan peserta didik di dalam proses belajar mengajar di kelas.

Penilaian formatif yang dilakukan pendidik tidak hanya penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) tetapi juga penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning).

Penilaian sebagai pembelajaran yaitu proses penilaian yang dilakukan pendidik yang memungkinkan peserta didik melihat capaian dan kemajuan belajarnya untuk menentukan target belajar, misalnya dalam bentuk penilaian diri atau penilaian antarteman.

Penilaian formatif berbeda dengan penilaian sumatif. Penilaian sumatif dilaksakanan pada akhir pembelajaran satu atau beberapa kompetensi dasar.

Hasil penilaian sumatif digunakan untuk membuat keputusan apakah seorang peserta didik dapat melanjutkan atau tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya, naik kelas atau tidak, dan lulus atau tidak lulus. Hasil penilaian sumatif diperhitungkan dalam pengolahan nilai pada buku rapor.

Prinsip-prinsip Penilaian Formatif

Sejumlah prinsip yang melandasi pelaksanaan penilaian formatif, diantaranya sebagai berikut.

  1. Penilaian formatif terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.
  2. Melibatkan peserta didik dalam pelaksanaannya (misalnya melalui penilaian diri, penilaian antar-teman, dan refleksi metakognitif terhadap proses belajarnya).
  3. Berkenaan tidak hanya dengan kemajuan penguasaan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan, tetapi juga motivasi belajar, sikap terhadap pembelajaran, gaya belajar, dan kerjasama dalam proses pembelajaran.

Kaitan Penilaian Formatif dan Pembelajaran

Penilaian formatif merupakan bagian dari kegiatan belajar mengajar. Melalui penilaian formatif pendidik memperoleh umpan balik dalam hal apa, seberapa banyak, dan seberapa baik peserta didik belajar.

Pendidik selanjutnya menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki proses pembelajarannya sehingga lebih efektif dan efisien.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penilaian yang dilaksanakan untuk membantu peserta didik membuat kemajuan belajar merupakan ciri utama pembelajaran yang efektif.

Penilaian formatif dilaksanakan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Di dalam satu kali tatap muka, penilaian formatif dapat dilakukan lebih dari satu kali.

Sebagai contoh, pada awal pembelajaran dengan menggunakan teknik respon bersama (choral response). Pendidik mengecek penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Di tengah pelajaran, pendidik mengecek pemahaman peserta didik terhadap apa yang sedang dipelajarinya hingga pertengahan jam pelajaran. Guru dapat menggunakan teknik bertanya.

Pada akhir pelajaran pendidik menggunakan exit slips untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang dipelajari hingga akhir pelajaran.

Berdasarkan data dari hasil penilaian formatif pendidik dapat mengetahui bagian mana dari materi/kompetensi yang telah dikuasai.

Selanjutnya pendidik langsung memutuskan tindakan yang perlu dilakukan, misalnya mengulang pembelajaran pada bagian materi yang belum dikuasai peserta didik.

Guru juga dapat memperbaiki pembelajaran yang sedang berlangsung atau merancang kegiatan pembelajaran berikutnya berdasarkan hasil penilaian formatif tersebut.

Dengan demikian, penilaian formatif menjadikan pembelajaran lebih berkualitas dan lebih menjamin tercapainya tujuan pembelajaran bagi setiap peserta didik.

Agar penilaian formatif dan pembelajaran menjadi suatu kesatuan, perencanaan penilaian formatif dibuat menyatu dengan perencanaan pembelajaran dalam RPP.

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/

Demikian informasi “Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21″

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21 selengkapnya dapat di unduh dibawah ini:

Download File Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Buku Model Penilaian Formatif SD Pembelajaran Abad 21” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

14 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *