Info Pendidikan Terbaru News Cara Cek Siswa Belum Aktivasi Rekening PIP Tahun 2021

Cara Cek Siswa Belum Aktivasi Rekening PIP Tahun 2021

Cara Cek Siswa Belum Aktivasi Rekening PIP Tahun 2021

InfoASN.id – Cara Cek Siswa Belum Aktivasi Rekening PIP Tahun 2021

Langkah-Langkah untuk melakukan cek data siswa penerima bantuan program indonesia pintar (PIP) yang belum melakukan aktivasi rekening.

Sahabat Pendidikan, bantuan PIP sangat di perlukan bagi siswa miskin yang membutuhkannya apalagi jika siswa tersebut memang layak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Untuk bisa mendapatkan bantuan PIP memang harus melngkapi beberapa persyaratan yang salah satunya ialah harus memiliki kartu Indonesia pintar (PIP). Pada postingan saya sebelumnya telah saya jelaskan mengenai bagaimana cara untuk bisa mendapatkan bantuan PIP bagi siswa baik siswa SD, SMP, SMA maupun SMK.

Hal penting dalam penerimaan bantuan PIP ialah proses pencairan dana PIP itu sendiri. Perlu dipahami bahwa untuk melakukan proses pencairan bantuan PIP maka siswa penerima PIP bisa melakukan koordinasi kepada pihak sekolah tentang bagaimana prosedur dalam melakukan pencairan bantuan PIP sebab sekolah dalam hal ini sebagai Lembaga yang lebih memahami tentang aturan tersebut.

Untuk bisa melakukan pencairan uang bantuan PIP maka siswa atau peserta didik harus memiliki rekening dan nantinya dana bantuan PIP akan disalurkan melalui rekening masing-masing penerima. Adapun nama rekening yang sering digunakan untuk pencairan PIP siswa jenjang SD,SMP, SMA dan SMKialah rekening SIMPEL atau simpanan pelajar.

Untuk bisa mendapatkan rekening maka siswa calon penerima bantuan PIP nantinya akan mendapatkan nomor account bank yang kemudian nantinya nomor tersebut harus diaktivasi di bank yang telah ditentukan atau dalam hal ini bank penyalur PIP agar bisa melakukan pencetakan rekening dan bisa melakukan proses pencairan dana PIP.

Bank penyalur bantuan PIP biasanya ialah bank BRI dan bank BNI. Perlu di ketahui bahwa meskipun siswa penerima PIP telah muncul Namanya di dalam surat penetapan penerima bantuan dana PIP namun jika siswa tersebut belum melakukan aktivasi rekening makai a tidak bisa melakukan proses pencairan bantuan PIP.

Untuk melakukan pengaktivasian rekening maka harus dilakukan sebelum batas waktu aktivasi yang telah di tentukan dan apabila siswa penerima bantuan PIP hingga batas waktu yang ditentukan belum melakukan aktivasi rekening maka bantuan PIP tidak dapat dicairkan dan akan dikembalikan ke KAS negara.

Oleh sebab itu bagi para penerima bantuan PIP maka jangan lupa untuk melakukan aktivasi rekening agar bantuan PIP bisa dicairkan sehingga tidak merugikan siswa yang memiliki hak untuk menerimakan bantuan PIP tersebut. Untuk bisa melakukan aktivasi rekening maka anda harus memahami caranya dan bagi anda yang belum mengetahui tahapan cara melakukan aktivasi rekening bantuan program Indonesia pintar (PIP) maka anda bisa mendapatkan informasinya pada postingan saya sebelumnya yang telah saya publish melalui blog ini.

Pada postingan ini saya hanya akan memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk melakukan cek data siswa penerima bantuan program Indonesia pintar (PIP) yang belum melakukan aktivasi rekening. Cara untuk melakukan cek siswa yang belum aktivasi rekening dapat dilakukan secara online melalui laman sipintar yang menjadi laman untuk melihat data siswa penerima bantuan PIP.

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui cara melakukan cek siswa belum aktivasi rekening maka berikut ini langkah-langkah nya :

1. Silahkan buka alamat ini: https://pip.kemdikbud.go.id/session

2. Pilih login sebagai sekolah

3. Klik login NPSN

4. Masukkan username(NPSN) dan password (kode registrasi sekolah)

5. Klik login

6. Pilih menu “siswa nominasi”

7. Maka akan muncul nama-nama siswa nominasi penerima bantuan PIP

8. Lihat pada tanggal aktivasi maka disitu akan terlihat nama-nama siswa yang belum melakukan aktivasi rekekning (seperti pada gambar di bawah ini)

Cara Cek Siswa Belum Aktivasi Rekening PIP Tahun 2021

9. Selesai

Sahabat Pendidikan itulah penjelasan mengenai bagaimana cara untuk melakukan cek data siswa penerima bantuan PIP yang belum melakukan aktivasi rekening. Nah jika siswa masuk dalam daftar belum aktivasi rekening maka silahkan segera lakukan pengaktifan rekening agar dana bantuan PIP dapat masuk kerekening siswa penerima PIP dan juga dapat di cairkan dananya.

Demikian informasi “Cara Cek Siswa Belum Aktivasi Rekening PIP Tahun 2021″

Baca Juga : News Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Cek Siswa Belum Aktivasi Rekening PIP Tahun 2021” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

3 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *