Info Pendidikan Terbaru TIPS Cara Cek Siswa Nominasi Penerima PIP Tahun 2021

Cara Cek Siswa Nominasi Penerima PIP Tahun 2021

Cara Cek Siswa Nominasi Penerima PIP Tahun 2021

InfoASN.id – Cara Cek Siswa Nominasi Penerima PIP Tahun 2021

Sahabat Pendidikan, kembali lagi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi terbaru seputar bantuan PIP untuk jenjang Pendidikan dasar dan menengah serta informasi tambahan seputar bantuan PIP kuliah.

Bagi penerima bantuan PIP maka tentunya informasi ini akan bermanfaat namun bagi pihak sekolah yang menjadi pintu keberhasilan siswa dalam penerimaan bantuan PIP juga sangat membutuhkan informasi yang akan saya berikan ini. Silahkan anda simak baik-baik penjelasan seputar cara untuk mengecek nama siswa nominasi penerima bantuan PIP terbaru.

Seperti kita ketahui Bersama bahwa untuk bisa mengetahui daftar nama siswa penerima bantuan PIP maka sekolah memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu siswa penerima bantuan PIP dalam melihatkan daftar nama penerima PIP di sekolahnya. Bantuan PIP di berikan kepada siswa penerima kartu KIP maupun non KIP yang memenuhi persyaratan.

Saat ini menu terbaru yang bisa diakses oleh pihak sekolah untuk bisa melihat daftar nama-nama siswa penerima PIP yang sudah di SK kan maka dapat melihatnya melalui laman terbaru yakni dengan mengakses laman sipintar dan login menggunakan akun sekolah. Setelah berhasil login maka sekolah bisa mengetahui siapa saja nama siswa penerima bantuan PIP di tahun ini.

Saat ini di laman cek PIP terdapat menu baru yang perlu di ketahui oleh pihak sekolah yakni menu “SISWA NOMINASI”. Menu ini akan menampilkan daftar nama siswa yang masuk sebagai nominasi penerima bantuan PIP pada tahap tertentu. Menu siswa nominasi merupakan menu baru yang muncul di laman pengecekan daftar penerima bantuan PIP.

Daftar penerima PIP pada menu siswa nominasi merupakan daftar penerima PIP untuk siswa baik siswa kelas 1 sampai kelas 6 SD, siswa kelas 7 sampai kelas 9 SMP maupun siswa kelas 10 sampai siswa kelas 12 SMA/SMK. Intinya siapapun yang masuk sebagai siswa nominasi maka ia bisa menjadi penerima bantuan PIP.

Lantas apa yang dimaksud dengan siswa nominasi ???

Siswa nominasi adalah siswa yang terdaftar pada satuan pendidikan yang masuk nominasi sebagai penerima bantuan program Indonesia Pintar yang biasa kita sebut dengan istilah PIP. Nantinya nama-nama siswa yang masuk sebagai nominasi tersebut dapat memperoleh bantuan PIP dan bisa melakukan pencairan bantuan PIP sesuai syarat yang berlaku.

Bagi anda yang mungkin baru mendengar tentang istilah siswa nominasi penerima bantuan PIP maka melalui postingan ini nantinya anda bisa mengetahui bagaimana cara untuk melakukan cek daftar nama siswa nominasi penerima bantuan PIP di laman PIP online, namun sebelum itu saya juga akan memberikan penjelasan seputar bantuan PIP yang juga perlu untuk anda pahami.

Untuk bisa mendapatkan bantuan PIP maka salah satu syarat utamanya ialah harus memiliki kartu KIP/KKS/PKH dan nantinya kartu tersebut tersebut di aktivasi atau di registrasikan kedalam aplikasi dapodik sekolah melalui pihak sekolah yang menangani masalah dapodik. Namun bagi siswa yang belum memiliki kartu KIP juga bisa memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan bantuan PIP dengan syarat merupakan siswa miskin yang di buktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari pihak desa/pemerintah setempat dan kemudian diusulkan oleh pihak sekolah agar bisa mendapatkan bantuan PIP.

PIP merupakan kerja sama tiga kementrian yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementrian Sosial(Kemensos), dan Kementrian Agama(Kemenag). PIP Dikdasmen diselenggarakan bersama-sama dengan Dinas Pendidikan Propinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dalam rangka menyampaikan informasi kepada satuan Pendidikan.

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal paket A smpai paket C dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Selain bantuan PIP untuk siswa Pendidikan dasar dan menengah ada juga bantuan PIP untuk mahasiswa yang merupakan program dari KIP kuliah. KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Disini perlu di pahami bahwa bantuan PIP dengan beasiswa merupakan hal yang berbeda sebab bantuan PIP merupakan bantuan pemerintah yang di khususkan bagi siswa miskin dan di tujuan untuk bisa mengatasi masalah putus sekolah agar dengan adanya bantuan PIP maka tidak ada lagi siswa miskin yang tidak sekolah. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi .

Baiklah setelah anda memahami tentang penjelasan diatas maka kini saatnya saya akan memberikan penjelasan mengenai cara cek daftar siswa nominasi penerima bantuan PIP untuk jenjang dikdasmen dan penjelasan apa saja yang ada di dalam menu siswa nominasi penerima PIP tersebut.

Berikut ini penjelasannya :

CARA CEK SISWA NOMINASI PENERIMA BANTUAN PIP JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH (SD, SMP, SMA, SMK)

1. Silahkan masuk ke alamat berikut ini ( https://pip.kemdikbud.go.id/session )

2. Pilih login sebagai “sekolah”

3. Selanjutnya silahkan login NPSN

4. Masukkan username dan password (username adalah NPSN sekolah, password adalah nomor registrasi dapodik sekolah)

5. Klik “login”

6. Akan tampil beranda dashboard SIPINTAR

7. Silahkan pilih menu “Siswa Nominasi”

Cara Cek Siswa Nominasi Penerima PIP Tahun 2021

8. Maka akan terlihat daftar nama – nama siswa yang masuk sebagai siswa nominasi penerima PIP.

9. Selesai.

Berikut ini contoh tampilan siswa yang masuk sebagai siswa nominasi penerima bantuan PIP

Cara Cek Siswa Nominasi Penerima PIP Tahun 2021

Sebagai informasi bahwa ada beberapa menu data yang akan di tampilkan pada tabel saat anda akan membuka nama siswa nominasi diantaranya yaitu sebagai berikut :

– NISN

– Siswa

– Kelas

– Nominal

– Tanggal Aktivasi

– Tahap

– Virtual Acc

– NPSN

– Sekolah

– Kabupaten

Berikut ini penjelasan mengenai data yang terlampir diatas :

# NISN

NISN adalah nomor induk siswa nasional

# Siswa

Yang dimaksud siswa adalah nama siswa yang masuk siswa nominasi

# Kelas

Kelas adalah tingkat pada satuan pendidikan misalnya kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 untuk jenjang SD atau kelas 7,8,9 untuk jenjang SMP atau kelas 10, 11, 12 untuk siswa jenjang SMA/SMK.

# Nominal

Besaran uang yang akan diterima oleh siswa yang termasuk ke dalam nominasi penerima PIP. ( misal Rp. 450.000,00 (SD) atau Rp. 750.000,00 (SMP) atau Rp. 1.000.000,00(SMA/SMK) )

# Tanggal Aktivasi

Tanggal aktivasi berisi informasi berkaitan dengan status aktivasi rekening siswa, bila belum melakukan aktivasi muncul keterangan “Belum Aktivasi”.

# Tahap

Adalah nomor urut pecairan berdasarkan Tahap secara nasional misalnya tahap 7 dan seterusnya.

# Virtual ACC

Virtual ACC adalah sebuah kode unik yang diberikan secara otomatis oleh sistem PIP. Virtual ACC berisi 21 digit /karakter yang diawali oleh 2 huruf kapital diikuti 17 digit angka dan diakhiri oleh 2 huruf kapital.

# NPSN

NPSN adalah Nomor pokok sekolah nasional yang terdiri dari 8 digit.

# Sekolah

Sekolah adalah satuan Pendidikan yang menerima PIP (SD atau SMP atau SMA/SMK)

# Kabupaten

Merupakan nama kabupaten di mana satuan pendidikan anda terdaftar.

Demikianlah informasi yang bisa saya jelaskan pada postingan ini seputar menu baru yakni siswa nominasi yang terdapat pada laman PIP online ketika akan melakukan pengecekan daftar nama penerima Bantuan PIP siswa jenjang Pendidikan dasar dan menengah.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Demikian informasi “Cara Cek Siswa Nominasi Penerima PIP Tahun 2021″

Sekian dan Terimakasih

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Cek Siswa Nominasi Penerima PIP Tahun 2021” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

6 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *