Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Pada RPP

Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Pada RPP

Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Pada RPP

InfoASN.id – Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Pada RPP

Bapak dan ibu guru yang terkasih, salah satu tugas dan aktivitas kita untuk mengajar di kelas tentunya adalah untuk bisa menyampaikan materi yang akan di pelajari oleh peserta didik dan dalam penyampian materi tersebut pastinya ada sebuah harapan yang ingin dicapai. Nah harapan tersebut adalah agar siswa bisa mendapatkan dan menghasilkan sebuah tujuan pembelajaran dari apa yang telah di pelajarinya.

Sebagai seorang guru maka pastinya anda sudah tidak asing dengan yang Namanya perangkat pembelajaran yang salah satunya adalah Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam membuat perangkat pembelajaran khususnya RPP maka disitu guru harus bisa membuat atau memasukkan beberapa tujuan pembelajaran sesuai dengan materi pokok yang ada pada RPP tersebut.

Di dalam membuat tujuan pembelajaran maka disini guru tidak boleh asal-asalan melainkan ada beberapa aspek yang harus di pahami bagi guru yang akan menyusun dan membuat tujuan pembelajaran pada sebuah RPP. Memang membuat RPP membutuhkan penguasaan yang matang agar kita dapat menyusun dengan baik dan menggunakannya juga dengan mudah.

RPP akan sangat membantu guru dalam mengetahui bagaimana hasil mengajar yang di lakukan apakah sudah sesuai dengan harapan atau masih ada yang perlu untuk di perbaikai ketika kita mengajar. Inti dari tugas mengajar guru ialah bisa memberikan hasil pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah di rencanakan di dalam RPP yang di buat yaitu siswa bisa mencapai dan mendapatkan tujuan pembelajaran dengan baik.

Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tahapan-tahapan tertentu. Mulai dari perencanaan pembelajaran , pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Begitu juga dengan tahapan membuat RPP yang mana guru harus menyiapkan materi yang akan di masukkan dalam RPP, menyiapkan tujuan pembelajaran, menyiapkan langkah-langkah pembelajaran serta bentuk penilaian yang akan di gunakan pada saat akan mengajar yang harus juga di tuangkan dalam proses pembuatan RPP.

RPP akan menjadi sebuah bahan evaluasi bagi guru untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam melakukan pembelajaran serta untuk mengetahui apakah model dan metode mengajar yang digunakan oleh guru sudah sesuai dengan keadaan dan kondisi yang ada di sekolah tersebut. Salah satu factor terpenting yang harus di pahami oleh guru ialah bahwa guru juga harus bisa menyesuaikan cara mengajarnya dengan kondisi siswa yang ada di sekolah tersebut, sebab beda siswa dan beda sekolah juga tentunya beda penyerapan pemahaman siswa karena tingkat penguasaan dan kepintaran setiap siswa pastinya berbeda-beda.

Salah satu hal yang sangat penting dalam membuat RPP ialah menentukan tujuan pembelajaran, sebab Tujuan pembelajaran mengambarkan apa yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran tersebut. Oleh sebab itu melalui kesempatan ini saya akan memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk bisa menentukan tujuan pembelajaran yang baik dan benar dalam membuat perangkat pembelajaran yakni RPP.

Dalam membuat tujuan pembelajaran yang baik dan benar maka anda harus memperhatikan beberapa komponen penting dalam penyusunan RPP. Perlu anda ketahui bahwa dalam membuat RPP dan untuk menentukan tujuan pembelajaran maka anda harus memahami 4 komponen penting yang harus termuat di dalam tujuan pembelajaran diantaranya adalah :

1. Audiens (A)

2. Behaviour (B)

3. Condition (C)

4. Degree (D)

Jika anda sudah memahami tentang Audiens (A), Behaviour (B), Condition (C), Degree (D) seperti yang telah saya sebutkan diatas maka anda akan mudah dalam membuat dan menetukan tujuan pembelajaran sesuai dengan materi yang akan anda ajarkan di kelas dan juga tentunya sesuai dengan materi yang tercantum di dalam RPP yang akan anda buat.

Apa sih fungsi tujuan pembelajaran dalam sebuah RPP?

Fungsi dari tujuan pembelajaran yaitu untuk memandu guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar untuk mencapai kompetensi tertentu.

Selain itu, ada juga beberapa manfaat tujuan pembelajaran yang diantaranya yaitu :

– Memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajarnya secara lebih mandiri;

– Memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar;

– Membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran;

– Memudahkan guru mengadakan dan memberikan penilaian.

Bagi anda yang ingin mengetahui contoh pembuatan tujuan pembelajaran yang baik dan benar, maka silahkan anda simak beberapa contoh tujuan pembelajaran secara umum di bawah ini :

Melalui percobaan uji kandungan vitamin C pada buah-buahan tertentu (condition), peserta didik (audience) dapat membedakan buah yang mengandung vitamin C (behaviour) dengan benar (degree).

Melalui praktik mencangkok (condition), peserta didik (audience) dapat mendemonstrasikan cara-cara mencangkok (behaviour) dengan runtut (degree).

Dengan mengamati gambar (condition), peserta didik (audience), dapat membedakan gambar komik dan bukan gambar komik (behavior), dengan benar (degree).

Melalui pengamatan video (condition), siswa (audience), dapat menentukan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan social (behavior), denga tepat (degree).

Melalui membaca teks dongeng (condition), peserta didik (audience), dapat menyebutkan isi pesan dalam dongeng (behavior), dengan benar (degree).

Setelah melihat gambar (condition), peserta didik (audience), dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh (behavior), dengan benar (degree).

Demikianlah informasi mengenai tahapan cara yang baik dan benar dalam memahami pentingnya menentukan tujuan pembelajaran pada sebuah RPP sehingga bagi anda yang baru saja akan membuat RPP serta masih kebingungan dalam menentukan tujuan pembelajaran yang akan anda buat didalam RPP maka kiranya melalui artikel ini anda bisa mendapatkan tambahan wawasan tentang pentingnya memahami cara membuat tujuan pembelajaran di dalam RPP.

Demikian informasi “Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Pada RPP”

Baca Juga : Perangkat Pembelajaran Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Pada RPP” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

7 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *