Info Pendidikan Terbaru DAPODIK Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

InfoASN.id – Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

Sahabat pendidikan salah satu hal penting dalam melakukan atau memberikan penilaian pada rapor siswa di kurikulum 2013 ini ialah memberikan penilaian sikap spiritual dan sikap social yang dinyatakan dalam bentuk predikat dan juga deskripsi.

Bagi sekolah yang dalam memberikan penilaian rapor telah menggunakan aplikasi erapor maka untuk pemberian deskripsi sikap social dan spiritual dapat dilakukan secara otomatis sebab di dalam aplikasi erapor penilaian sikap dapat dengan mudah di lakukan karena di dalam erapor telah di sediakan pilihan deskripsi yang bisa dimasukkan kedalam rapor siswa.

Meskipun demikian apabila wali kelas akan melakukan cetak rapor siswa melalui aplikasi erapor dan ternyata kolom pada predikat dan juga kolom pada deskripsi sikap spiritual dan sikap social kosong, maka itu artinya ada salah satu masalah yang harus di selesaikan atau lebih tepatnya ada satu pekerjaan wali kelas yang masih belum di kerjakan sehingga menyebabkan deskripsi tidak muncul di rapor siswa.

Berikut ini contoh tampilan gambar Deskripsi sikap spritual serta sikap sosial dan Predikat penilaian sikap yang kosong di erapor

Baca Juga :  Solusi Data Guru dan Tendik Hilang di Dapodik 2022

Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

Apabila kolom pada predikat dan juga kolom pada deskripsi sikap spiritual dan sikap social kosong maka tentunya wali kelas tidak akan bisa melakukan printout rapor atau cetak rapor sebab mau tak mau kolom deskripsi harus terisi saat akan melakukan cetak rapor dan salah satu syarat kenaikan kelas seorang siswa yaitu harus memiliki nilai sikap spiritual dan sikap social minimal BAIK.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai solusi dalam menampilkan kolom deskripsi di erapor agar bisa tampil atau muncul saat akan melakukan cetak rapor siswa. Sebenarnya cara untuk melakukan atau menampilkan deskripsi pada kolom sikap spiritual dan juga pada kolom sikap social sangatlah mudah, dan hal ini dapat dilakukan oleh para wali kelas yang akan mencetak rapor tiap-tiap perwaliannya.

Kasus ini pernah juga saya alami dan berhasil mendapatkan solusinya, sehingga melalui artikel ini saya ingin berbagi kepada para guru dan juga wali kelas atau siapapun yang terlibat dalam melakukan penginputan pada aplikasi erapor yang mungkin mengalami kasus yang sama sehingga melalui artikel ini anda yang mengalami kasus seperti ini bisa mendapatkan jalan keluarnya.

Baca Juga :  Panduan Mengerjakan e-Rapor SD Versi Terbaru 2020/2021

Masalah ini dapat saja muncul atau terjadi meskipun para guru telah melakukan penginputan nilai dan pengiriman nilai ke masing-masing wali kelas dengan benar dan sesuai prosedur pada aplikasi erapor. Biasanya seorang wali kelas sebelum melakukan cetak rapor maka terlebih dahulu akan melihat status penilaian di aplikasi erapornya dan apabila ternyata pada status penilaian semuanya telah lengkap maka barulah wali kelas melakukan cetak rapor.

Jika wali kelas akan melakukan cetak rapor dan ternyata kolom pada predikat dan deskripsi sikap spiritual dan social kosong maka hal ini adalah tugas dari wali kelas untuk bisa menyelesaikannya.

Baiklah bagi para wali kelas yang akan melakukan cetak rapor siswa melalui aplikasi erapor dan mendapati kolom pada deskripsi sikap spiritual dan social serta kolom predikat pada penilaian sikap ternyata kosong, maka berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan oleh wali kelas agar kolom prredikat dan deskripsi di rapor siswa dapat muncul :

Baca Juga :  CARA MUTASI SISWA DAN MUTASI PTK DI DAPODIK VERSI 2021

1. Silahkan login kedalam aplikasi erapor dengan menggunakan akun guru mata pelajaran yang sekaligus merangkap sebagai wali kelas

2. Selanjutnya ubah level akses dari guru menjadi wali kelas

Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

3. Kemudian silahkan klik menu “Proses Deskripsi Sikap”

Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

4. Selanjutnya silahkan Pilih kelas perwalian

5. Kemudian silahkan cek pada data manual sikap spiritual dan social, jika sudah sesuai keinginan maka silahkan klik “SIMPAN”

6. Selanjutnya silahkan cek pada menu cetak rapor

7. Lihatlah kini kolom predikat dan deskripsi sikap spiritual dan sosial telah muncul

8. Selesai.

Demikianlah cara mudah untuk mengatasi masalah ketika nilai dan deskripsi siswa tidak muncul pada aplikasi erapor, semoga melalui tutorial ini maka anda yang mengalami kasus seperti diatas, dapat dengan mudah menyelesaikannya.

Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih

Demikian informasi “Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor”

Baca Juga : Info Dapodik Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

7 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *