Info Pendidikan Terbaru TIPS Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN

Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN

Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN

InfoASN.id – Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN

Sahabat Pendidikan, aplikasi erapor merupakan sebuah aplikasi penilaian yang saat ini digunakan oleh semua sekolah mulai dari jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA hingga jenjang SMK.

Aplikasi erapor merupakan aplikasi yang di keluarkan oleh pihak kementerian Pendidikan yang mana aplikasi erapor sudah terkoneksi dengan aplikasi dapodik sehingga seluruh data yang ada di daplikasi erapor bersumber dari dari data dapodik mulai dari data guru, siswa, data rombel, data pembelajaran, dan data lainnya yang di butuhkan dalam penginputan di aplikasi erapor.

Bagi sekolah yang sudah sering menggunakan aplikasi erapor pada penginputan nilai siswa maka tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi erapor tersebut namun bagi yang baru pertama kali akan menggunakan aplikasi erapor di sekolahnya maka anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk bisa mengerjakan erapor dengan menggunakan aplikasi erapor.

Dengan menggunakan aplikasi erapor maka akan sangat memudahkan para guru dan wali kelas yang akan melakukan proses penginputan nilai siswa selain itu wali kelas juga dapat dengan mudah melakukan cetak hasil rapor siswa yang telah di inputkan nilainya kedalam aplikasi erapor sebab di dalam aplikasi erapor telah di sediakan menu untuk melakukan cetak rapor.

Pada saat melakukan cetak hasil rapor guru dan wali kelas juga bisa melakukan kreasi sendiri yaitu dengan memberikan gambar logo pada setiap lembaran hasil cetak rapor siswa. Bagi anda yang belum mengetahui cara untuk memberikan gambar/logo pada hasil cetak rapor siswa maka anda bisa membaca dan mengetahui caranya melalui postingan saya sebelumnya yang telah membahas tentang masalah tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Pendidikan Formal, Non Formal, dan Informal Beserta Contohnya

Tahukah anda bahwa dalam mengerjakan erapor maka guru dapat melakukan beramai-ramai atau dengan kata lain melakukan penginputan nilai erapor secara Bersama-sama dengan menggunaakn banyak computer. Nah cara ini dapat dilakukan oleh para guru di sekolah jika di sekolahnya telah tersedia laboratorium computer atau minimal telah memiliki beberapa laptop/computer dan juga memiliki hub/switch yang bisa digunakan untuk menyambung jaringan dengan menggunakan LAN.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu jaringan LAN dan manfaatnya, maka berikut ini penjelasannya.

Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal saja. Artinya, jaringan ini hanya dapat digunakan oleh pengguna di area LAN. LAN menghubungkan perangkat ke jaringan internet melalui perangkat jaringan sederhann tanp harus terhubung keinternet. LAN atau Local Area Network menghubungkan perangkat jaringan sedemikian rupa sehingga komputer pribadi dan workstation dapat berbagi data, alat, dan program.

Fungsi atau manfaat menggunakan jaringan LAN yaitu Dipergunakan untuk menghubungkan banyak komputer untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer, atau aplikasi) dan saling bertukar informasi. Nah dalam mengerjakan aplikasi erapor maka kita juga bisa memanfaatkan jaringan LAN agar bisa di kerjakan oleh banyak guru sekaligus di waktu yang bersamaa.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

Lantas bagaimana sih cara untuk mengerjakan erapor secara Bersama-sama dengan menggunakan jaringan LAN, baiklah berikut ini lengkah-langkahnya :

1. Pertama silahkan Matikan terlebih dahulu windows firewall di laptop server (caranya klik control panel/sistem and security/windows firewall).

2. Pastikan kabel LAN dari HUB ke Komputer server dan client sudah terkoneksi semua

3. Pada komputer server erapor (utama) yang terinstall aplikasi erapor kita akan seting ip adres terlebih dahulu. pastikan laptop sedang tidak terkoneksi Internet baik client maupun server.

4. Cara setting IP Adrees yaitu klik open network and sharing center, selanjutnya pilih change adapter setting (seperti gambar di bawah ini)

Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN

5. Selanjutnya kLik kanan pada “local area Connection” Lalu Pilih “properties” (lihat gambar di bawah)

Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN

6. Selanjutnya, Pada jendela local area connection properties, pilih Internet Protocol version 4, kemudian klik tombol properties (lihat gambar di bawah)

7. Pada “use the following ip address”, isikan angka-angka IP adress seperti gambar dibawah ini. sedangkan subnet mask cukup klik di kolom maka akan terisi secara otomatis. Setelah itu klik “OK”

Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN

8. Setelah itu silahkan lakukan pengaturan IP address pada computer client dengan cara yang sama seperti cara pada nomor 3 hingga 7 diatas dengan catatan nomor IP address tidak ada yang sama pada angka terakhirnya sehingga IP adress nya nanti dimulai dari 192.168.1.2 sampai dengan 192.168.1.20 (jika computer client ada 20)

Baca Juga :  Dampak Negatif dan Positif Komputer Edukasi

9. Jika semua computer telah selesai di setting, maka silahkan login erapor

10.Untuk login erapor di komputer client, maka Pada laptop client Buka browser internet. Misalnya buka google chrome atau mozilla fire fox.

11.Selanjutnya Pada tab address ketikkan IP adress laptop server dan diakhiri angka 2679 atau 2020 (khusus localhost untuk Erapor), sebagai contoh ketikkan: 192.168.1.1:2020

Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN

Jika semua langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar maka aplikasi E-rapor akan dapat di buka di banyak komputer dengan menggunakan jaringan LAN, dan setiap guru dapat melakukan penginputan nilai pada masing-masing laptop atau komputer yang telah terkoneksi dengan aplikasi eraport tersebut.

Demikianlah informasi mengenai cara mudah mengerjakan erapor dengan menggunakan jaringan LAN sehingga bagi sekolah yang memiliki laboratorium komputer maka bisa memanfaatkan cara ini sehingga proses pengerjaan erapor dapat lebih cepat di kerjakan.

Demikian informasi “Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN”

Baca Juga : Tips Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Mengerjakan eRapor Dengan Menggunakan Jaringan LAN” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

9 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *