Info Pendidikan Terbaru TIPS Cara Merubah Nilai Pada Semester/Kelas di Aplikasi eRapor 2021

Cara Merubah Nilai Pada Semester/Kelas di Aplikasi eRapor 2021

Cara Merubah Nilai Pada Semester/Kelas di Aplikasi eRapor

InfoASN.id – Cara Merubah Nilai Pada Semester/Kelas di Aplikasi eRapor

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar erapor yang merupakan aplikasi penilaian yang digunakan oleh hampir semua sekolah saat ini untuk semua jenjang mulai dari jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA hingga jenjang SMK.

Seperti kita ketahui Bersama bahwa untuk penginputan nilai siswa kedalam rapor pada kurikulum 2013 ini maka kita bisa menggunakan aplikasi erapor. Selain itu dengan menggunakan aplikasi erapor maka kita juga mudah dalam melakukan pengiriman nilai kedalam aplikasi dapodik sebab di dalam aplikasi erapor telah di sediakan menu sinkronisasi yang berfungsi untuk melakukan pengiriman data nilai semester kedalam aplikasi dapodik sekolah.

Jika untuk merubah atau mengganti nilai pada aplikasi erapor untuk semester yang sedang berlangsung sering di lakukan oleh para guru maka di postingan ini saya juga ingin memberikan informasi bahwa selain nilai yang dapat di rubah adalah nilai yang semester sekarang ternyata nilai yang semester lalu atau ketika siswa masih berada di kelas sebelumnya pun tetap masih bisa dirubah namun tentunya harus sesuai dengan persyaratan dan aturan yang berlaku.

Disini sebelum saya membagikan cara dalam mengganti nilai siswa di erapor untu ksemester lalu atau untuk kelas sebelumnya maka saya akan bercerita sedikit tentang masalah yang pernah saya hadapi sehingga melalui kesempatan ini dan melalui postingan ini saya menuliskan hal ini sebagai bahan referensi maupun pembelajaran bagi siapapun yang mungkin pernah mengalaminya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Deskripsi Sikap dan Predikat Tidak Muncul di eRapor

Jadi singkat cerita begini, ketika itu ada seorang siswa saya yang saat ini sudah berada di kelas 9 SMP dan ada seorang guru secara tidak sengaja melihat nilai rapor anak tersebut yakni nilai pada saat ia masih kelas 8 ternyata ia melihat pada salah satu mata pelajarannya nilainya sangat jauh di bawah KKM dan guru tersebut menanyakan kepada saya tentang hal tersebut, sebab kebetulan nilai yang di dapat oleh anak tersebut merupakan nilai mata pelajaran saya ketika itu.

Setelah saya periksa ternyata memang benar nilai anak tersebut sangat jauh berada di bawah KKM.

Hal tersebut akhirnya membuat saya harus kembali membuka arsip nilai kelas 8 dan mencocokkannya dengan nilai yang telah ada di rapor siswa tersebut dan hasilnya ternyata memang terdapat perbedaan yang mana nilai siswa tersebut seharusnya adalah 72 namun di rapor tertulis 54.

Dugaan awal terjadinya hal tersebut ialah adanya salah pengetikan atau masih ada nilai yang belum terinput dari semua total nilai yang di dapatkan oleh anak tersebut. Setelah saya menelusuri masalah tersebut akhirnya saya mencoba untuk membuka kembali aplikasi erapor dengan cara login menggunakan akun guru dan login pada tahun pelajaran sesuai ketika anak tersebut masih duduk di bangku kelas 8.

Setelah saya melakukan pengecekkan ternyata memang ada salah satu nilai yang di kolom nilai tersebut masih kosong yakni pada nilai PAS (penilaian akhir semester). Hal ini biasaya terjadi karena guru yang mengisikan terburu-buru atau memang siswa tersebut memiliki nilai yang kurang sehingga melakukan remedial dan guru melakukan pending pengisian nilai dan lupa untuk melakukan penginputan nilai.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Nilai Rapor Siswa Tidak Muncul di Aplikasi eRapor

Nah apabila hal tersebut juga pernah anda alami atau mungkin dengan kasus yang berbeda maka sebenarnya hal tersebut masih bisa di atas masalahnya dengan melakukan penginputan nilai ulang ataupun perbaikan nilai sehingga nilai yang semester lalu dapat terganti sesuai nilai yang seharusnya di peroleh siswa tersebut.

Disini anda dapat melakukan perubahan nilai dengan cara melakukan perbaikan nilai sesuai kepeluan dengan catatan nilai yang telah ada di erapor belum pernah di sinkronisasikan kedalam aplikasi dapodik. Jadi bagi anda yang ingin merubah nilai siswa pada semester lalu ataupun nilai siswa di kelas yang lalu maka anda masih bisa melakukannya di aplikasi erapor.

Cara melakukan perubahan nilai rapor siswa di plikasi aerapor untuk nilai semester lalu atau di kelas sebelumnya ialah dengan cara berikut ini ;

1. Silahkan login di aplikasi erapor dengan menggunakan akun guru yang sesuai dengan mata pelajaran yang akan di ganti (jika yang akan di ganti nilai mata pelajaran IPA maka guru yang mengajarnya yang harus login menggunakan akun erapor nya)

2. Login sesuai tahun pelajaran pada kelas yang akan di ganti nilainya ( misalkan saat ini siswa tersebut kelas 9 di semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 sedangkan nilai yang akan di ganti ialah nilai sewaktu anak tersebut masih di kelas 8 semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 maka silahkan login dengan pilihan tahun pelajaran 2019/2020)

3. Periksa nilai yang akan di ganti, jika masih ada kolom nilai yang kosong maka silahkan diisi namun jika ada nilai yang kurang maka bisa di tambahkan sesuai kebutuhan

Baca Juga :  Cara Tambah Logo Pada Hasil Cetak eRapor SD, SMP, SMA/SMK

4. Setelah di ganti nilainya maka jangan lupa melakukan “SIMPAN”

5. Periksa nilai akhir sesuai nilai yang telah di ganti tersebut jika sudah terganti maka artinya sudah berhasil

6. Langkah terakhir silahkan kirim nilai ke wali kelas

Untuk melakukan print nilai rapor yang telah di lakukan pergantian maka lakukan hal beriktu ini :

1. Login dengan menggunakan akun wali kelas

2. Pilih tahun pelajaran yang sesuai

3. Masuk pada menu cetak rapor

4. Pilih kelas

5. Cari nama anak yang bersangkutan yang akan di print nilainya

6. Pilih halaman nilai yang akan di print, dan lakukan print sesuai kebutuhan

7. Selesai.

Demikianlah cara mudah untuk melakukan edit nilai atau perubahan nilai rapor siswa pada semester lalau atau ketika masih di kelas lama. Hal ini kiranya bisa dilakukan jika memang terjadi kesalahan pada saat melakukan penginputan nilai dan jangan di lakukan jika memang tidak di perlukan.

Sekian informasi ini saya berikan kiranya bisa bermanfaat bagi anda yang mungkin pernah mengalami kasus kesalahan dalam melakukan penginputan nilai di erapor.

Demikian informasi “Cara Merubah Nilai Pada Semester/Kelas di Aplikasi eRapor”

Baca Juga : Tips Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Merubah Nilai Pada Semester/Kelas di Aplikasi eRapor” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

5 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *