Info Pendidikan Terbaru News Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk

Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk

Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk

INFO PENDIDIKAN – Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk

Sobat pendidikan, banyak sekali kendala atau permasalahan yang terjadi pada sistem aplikasi sscasn, salah satunya adalah guru yang tersedia formasi di sekolah induknya tidak bisa memilih formasi di sekolah induknya sendiri padahal jelas-jelas tersedia.

Untuk mengatasi masalah ini tim helpdesk bkn bekerjasama dengan tim pppk kemdikbudristek pusat telah mengintegrasikan data terbaru sehingga saat ini dibuatkan fitur baru pada portal sscasn yakni fitur “reset pendaftaran“. Oleh karena itu bagi bapak dan ibu guru yang mengalami permasalahan tidak ada sekolah induknya di pilihan formasi, bisa menggunakan fitur ini.

Sekedar mengingatkan bahwa bagi teman-teman guru yang tidak ada formasi di sekolah induknya tidak perlu melakukan reset pendaftaran. sedangkan bagi teman-teman guru yang sudah terlanjur mendaftar sampai ke tahap resume dan telah memilih formasi di sekolah lain bisa melakukan reset pendaftara.

Untuk melakukan reset pendaftaran bapak dan ibu guru bisa mengikuti langkah-langkah dibawah !

Cara Reset pendaftaran

Saya ulangi sekali lagi fitur reset pendaftaran ini hanya untuk guru yang tersedia formasi di sekolah induknya tapi tidak ada pilihan formasi saat mendaftar.

Tujuan Reset:

  1. Mengubah formasi ke sekolah induk yang awalnya mendaftar di sekolah lain. (Wajib sesuai permen no 28)
  2. Tidak perlu di reset jika sudah mendaftar di sekolah induk
  3. Tidak perlu direset hanya untuk memperbaiki data dikhawatirkan nanti formasi yg sdh dipilih justru hilang.
  4. Tak perlu bingung dengan Akreditasi, mulai malam tadi sudah terhapus tak ada pengaruh ke administrasi.
  • untuk reset pendaftaran pppk guru silahkan login ke akun sscasn masing-masing menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  • Setelah masuk ke laman utama, silahkan klik tombol “reset pendaftaran” seperti penampakkan gambar dibawah.

gambar cara reset pendaftaran pppk guru

  • selanjutnya akan muncul notifikasi, “Peringatan (info setelah klik reset) Apakah Anda yakin untuk mengulang pendaftaran?”

Data Anda akan direset dan data terbaru akan ditarik berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Proses ini hanya akan Anda lakukan 1 (satu) kali. Dan Anda diwajibkan menyelesaikan sampai Tahap resume apabila anda sudah yakin dengan data yang sudah Anda input/pilih sebelum batas waktu pendaftaran.

  • Untuk mereset selanjutnya tinggal pilih YA.

Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk

  • Berikutnya browwser akan diarahkan kembali ke fitur pemilihan formasi, nah dilaman inilah teman-teman bisa mengecek formasi yang tersedia,,, jika memang tersedia di sekolah induknya, maka sistem akan mengunci otomatis formasinya.

Langkah berikutnya silahkan akhiri pendaftaran sampai ke tahap resume,,,, agar perubahan formasi yang dipilih atau data yang mengalami perbaikan berubah sehingga bisa di verikasi oleh tim verifikator sscasn.

Demikianlah informasi yang dapat sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoag saja teman-teman lulus ASN 2021.

Demikian informasi “Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk”

Baca Juga : Info PPPK — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

4 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 Comment

  1. Asalamualaikum.maaf mau bertanya sy kan tdi klik reset karna salah nama kampus pas di klik resume sudah tidak bisa lagi katanya sekolah ini sudah terdftar🙏🙏🙏..mohon info bagaimana apakah sy sudah tidak terdaftar lagi karna sudah menekan reset???

      1. Permisi pak mau bertanya.
        Kemaren pas milih formasi saya bisa mendaftar di skolah A. Setelah muncul kebijakan tombol restart ternyata di sekolah A sudah ada guru yang mengajar di sekolah tersebut yang mengikuti pppk. Nah apakah saya harus memilih sekolah lain atau tetap di sekolah A tersebut?

  2. pak, bagaimana jika di data dapodik malah muncul nama sekolah yang lain yg bukan induk? Ada bulatan merah pas kursor kita tempelkan di sana…bgm solusinya? saya baru mau daftar…..pppk guru

  3. Selamat pagi,,mohon mf sya mau tanya ni,,saya ahli pertama guru ekonomi,awalx sya daftar di sekolah lain krn sekolah induk tdk ada formasi.lalu sya tekan reset langsung terkunci tetapi bukan sya punya jurusan yg terkunci guru ahli pertama sosio logi.bagaimana solusinya

  4. Selamat sore pak..
    Saya sudah terdaftar di sekolah lain tapi saya riset ulang untuk mendaftar ke sekolah induk dan saat mengisi informasi disitu tidak ada muncul jabatan atau pun pilihan sekolah, itu gimana ya pak

  5. Mohon info nya pak.kmaren saya daftar d satu sekolah dan sudah sampai tahap resume.krna ada tombol riset saya pilih dan cari sekolah lain.tp tidak muncul saat saya mau resume lg fotmasi jabatanya tidak ada atau kosong.apakah saya ms bisa ikut ujian pak?

    1. sebaiknya di konsultasikan ke BKD setempat
      sebaiknya jangn digunakan tombol reset karena sdh terdaftar

  6. Maaf pak…misalnya guru fisika dsklh induk tdk ada formasi…kemudian mngmbil pkwu tp d sklh lain…sdkn d sklh induk formasi pkwu sbnrnya ada. Lalu d riset tenyta mlah tidak ada formasi d sklh induk. Mhon solusinya…