Info Pendidikan Terbaru TIPS Contoh Aplikasi Rumus Pintar Penjawab Soal Matematika berbasis Kamera

Contoh Aplikasi Rumus Pintar Penjawab Soal Matematika berbasis Kamera

Contoh Aplikasi Rumus Pintar Penjawab Soal Matematika berbasis Kamera

InfoASN.id – Contoh Aplikasi Rumus Pintar Penjawab Soal Matematika berbasis Kamera

Matematika seringkali dianggap sebagai pelajaran yang rumit. Bahkan bisa kita ibaratkan bahwa untuk bisa mengerjakan soal Matematika dibutuhkan keahlian serta ketelitian yang lebih. Tidak sedikit siswa atau orang yang menganggap bahwa Matematika adalah sesuatu yang menakutkan sehingga mereka cenderung untuk menjauhinya. Hal ini tentunya tidak jauh berbeda bagi para orang tua yang sering membantu pekerjaan rumah anaknya. Banyaknya rumus serta tabel-tabel seringkali membuat orang tua harus kembali belajar atau bila lebih suka dengan cara yang instan akan memberikan les tambahan khusus pelajaran Matematika pada anaknya. Namun, zaman dimana teknologi sudah sangat canggih seperti sekarang ini rasanya Matematika sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi karena sekarang banyak orang-orang kreatif yang membagikan contoh aplikasi rumus Matematika baik yang basisnya smartphone maupun PC. Kita bisa menggunakan berbagai aplikasi tersebut saat belajar maupun mengerjakan soal Matematika sehingga soal-soal yang selama ini dianggap membutuhkan pemahaman serta nalar yang lebih bisa menjadi lebih mudah.

Ada begitu banyak contoh aplikasi Kamera Matematika Penjawab Soal Matematika yang bisa kita gunakan untuk menjawab soal-soal Matematika seperti 5 aplikasi yang ada di bawah ini:

  • PhotoMath
  • AutoMath Photo Calculator
  • Math Tricks
  • MathWay
  • Math Experts

Ulasan Lengkap Aplikasi Kamera Penjawab Soal Matematika

  • Aplikasi Matematika PhotoMath

Contoh aplikasi pintar penjawab soal Matematika yang ada di atas akan kita bahas satu persatu. Yang pertama adalah PhotoMath. Photomath adalah aplikasi yang bisa kita katakan kalkulator yang berbasis kamera, dimana cara penggunaannya adalah kita hanya perlu menggunakan aplikasi ini untuk memotret soal Matematika yang hendak kita kerjakan, dan aplikasi pun akan langsung menampilkan jawabannya. Dengan demikian, kita bisa langsung tahu bahwa aplikasi ini memanfaatkan kamera untuk mencari jawaban atas sebuah pertanyaan Matematika. Nah, bila kita ingin mengetahui bagaimana caranya soal tersebut dijawab, maka soal matematika yang telah diproses harus kita tap terlebih dahulu dan kita akan dibawa ke halaman yang khusus menjabarkan langkah-langkah pengerjaan soal. Aplikasi ini khusus mengususng teknologi pembaca teks yang canggih yang bisa bekerja secara real time dimana kita bisa mendapatkan jawabannya secara instan saat memindai soal dengan kamera. Sebelumnya, PhotoMath yang versi lama memiliki kekurangan yakni tidak mampu mengenali soal-soal yang ditulis dengan menggunakan tangan dan tidak ada kalkulatornya. Namun, kekurangan tersebut telah ‘ditambal’ oleh aplikasi PhotoMath yang versi terbaru.

  • Aplikasi AutoMath Photo Calculator

Selanjutnya adalah AutoMath Photo Calculator. Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi pintar kamera Matematika yang memiliki kelebihan berupa adanya rumus yang bisa membantu para penggunanya menyelesaikan soal Matematika. Rumus yang dimiliki oleh aplikasi ini berjumlah lebih dari 250 rumus, dan jelas ini bisa menjadi jawaban bila nantinya kita bertemu dengan soal-soal Matematika yang cukup sulit dan tidak terbaca oleh kamera. Cara menggunakan aplikasi AutoMath Photo Calculator ini juga sama mudahnya seperti aplikasi yang pertama, dimana kita hanya perlu mengarahkan kamera saja pada soal yang dimaksud kemudian gunakan untuk memotretnya. Nantinya, aplikasi ini akan memberikan jawabannya untuk kita. Tetapi, meskipun aplikasi ini sudah dibekali oleh berbagai rumus, AutoMath Photo Calculator masih memiliki kelemahan, yakni belum bisa membaca soal-soal yang ditulis dengan tangan, tidak seperti aplikasi yang pertama, yakni PhotoMath.

  • Math Tricks Aplikasi Kumpulan Trik Matematika

Aplikasi Math Tricks juga turut melengkapi daftar contoh aplikasi penjawab Matematika dalam tulisan kali ini. Sesuai dengan namanya, aplikasi Mat Tricks ini secara khusus akan mengajak kita belajar aneka trik yang unik untuk menyelesaikan soal-soal Matematika. Ada banyak trik operasi yang bisa kita temukan dalam aplikasi ini, dimulai dari perkalian serta pembagian, akar kuadrat sampai dengan operasi yang melibatkan angka-angka tertentu. Apakah aplikasi Math Tricks ini memiliki kelemahan? Jawabannya adalah tentu saja iya, mengingat aplikasi Math Tricks itu sendiri sifatnya hanya trik sehingga ada kemungkinan tidak bisa kita gunakan saat kita menghadapi soal Matematika beneran. Selain itu juga, terdapat banyak iklan di dalam aplikasi pintar yang satu ini, sehingga aplikasi ini kurang begitu nyaman digunaan saat data sedang aktif. Namun, kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi pintar Math Tricks ini adalah bisa kita gunakan untuk beradu game Matematika dengan teman secara multiplayer. Keren kan?

  • Aplikasi Penjawab Matematika Mathway

Kita beralih ke contoh aplikasi penjawab soal Matematika yang selanjutnya, yakni Mathway. Mathway adalah aplikasi pintar matematika yang bisa kita katakan cukup lengkap, dimana aplikasi ini mampu memecahkan berbagai soal Matematika, mulai dari yang dasar, algoritma, kalkulus hingga kimia. Nah, jika Kita mengunduh kemudian menginstall aplikasi ini di smartphone Kita, begitu Kita membukanya, Kita akan dihadapkan pada keyboard virtual yang bisa Kita gunakan untuk memasukkan soal Matematika yang Kita inginkan di bagian sisi bawah layarnya beserta jenis soal Matematika dan juga rumus di sisi atasnya. Tampilan aplikasi ini begitu sederhana dan cara menggunakannya juga sangat mudah sehingga begitu Kita memasukkan soal berdasarkan jenisnya, rumus-rumus lain yang tidak ada kaitannya dengan soal tersebut tidak akan muncul pada layar. Pun demikian, aplikasi pintar ini masih memiliki kekurangan, yakni Kita harus mendaftar bila Kita ingin melihat cara pemecahan soal, kemudian dari sisi fitur kamera kalkulatornya juga lebih sulit untuk digunakan. Tapi tetep gak ada salahnya lho buat dicoba.

  • Aplikasi Rumus Matematika Math Experts

Nah, kalau contoh aplikasi pintar rumus Matematika yang terakhir dalam review kali ini adalah Math Experts. Aplikasi ini menyediakan berbagai rumus mulai dari Matematika, Kimia, Elektro dan juga fisika. Semua rumus-rumus tersebut telah diatur dengan berdasarkan pada kategorinya, seperti rumus massa pada kategori pelajaran Fisika atau rumus Trigonometri pada kategori pelajaran Matematika. Pembagian kategori ini jelas akan memudahkan kita untuk menyelesaikan aneka soal dengan mudah. Cara menggunakannya, Kita hanya harus menentukan kategori soal yang hendak dipecahkan lalu masukkan angkanya ke dalam kolom yang telah disediakan, kemudian tap tombol Calculate-nya dan jawaban akan langsung ditampilkan. Yang menjadi kelebihan dari aplikasi ini adalah tersedianya fitur grafik untuk soal tertentu. Hanya saja yang menjadi kekurangan aplikasi ini adalah tidak adanya penjabaran langkah penyelesaian soal, sehingga kita menjadi tidak tahu dari mana jawaban tersebut didapatkan. Jadi, kita hanya bisa mengetahui jawaban akhirnya saja.

That’s All about Aplikasi Pintar Matematika !

Baiklah sahabat pendidikan, Itu dia contoh aplikasi rumus Matematika yang bisa Kita coba saat ada masalah ketika hendak memecahkan soal Matematika. Dengan begini, anggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang memusingkan menjadi tidak berlaku lagi. Kita bisa langsung menggunakan salah satu aplikasi tersebut setelah mengunduhnya di Play Store. Contoh-contoh aplikasi di atas memang kami berikan agar Kita semakin mudah dalam belajar memahami serta menemukan jawaban soal Matematika. Tetapi, sangat diharapkan juga agar Kita menggunakan informasi ini secara bijaksana ya, jangan gunakan aplikasi yang dimaksud saat sedang ujian. Sebaliknya, gunakanlah aplikasi ini untuk menunjang kegiatan belajar Matematika Kita di rumah. Oke, cukup sekian saja informasi yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Kita ya sobat…..

Demikian informasi “Contoh Aplikasi Rumus Pintar Penjawab Soal Matematika berbasis Kamera”

Baca Juga : Tips Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Contoh Aplikasi Rumus Pintar Penjawab Soal Matematika berbasis Kamera” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

1 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *