Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN DOWNLOAD JUKNIS KOPSI SMP MTS TAHUN 2021

DOWNLOAD JUKNIS KOPSI SMP MTS TAHUN 2021

DOWNLOAD JUKNIS KOPSI SMP MTS TAHUN 2021

InfoASN.id – DOWNLOAD JUKNIS KOPSI SMP MTS TAHUN 2021

Petunjuk – Panduan Teknis atau Juknis Pelaksanaan KOPSI SMP (Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia Sekolah Menengah Pertama) Tahun 2021, Dalam rangka mewujudkan amanat Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kementerian, Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi harus terus berupaya membina dan mengembangkan minat, bakat dan prestasi peserta didik SMP/MTs/sederajat melalui berbagai kegiatan pengembangan pretasi peserta didik.

Pusat Prestasi Nasional akan melaksanakan Lomba, Festival, dan Kompetisi antar peserta didik se – Indonesia, di antaranya adalah Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) untuk jenjang SMP/MTs/sederajat. Untuk itu perlu dilakukan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

KOPSI diselenggarakan dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. KOPSI berfokus pada penumbuhan karakter ilmiah melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk belajar meneliti. Ide- ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar peserta didik .

Melalui kegiatan ini, kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan. Dengan demikian, KOPSI menjadi wadah bagi para siswa SMP/MTs/sederajat untuk mengaktuali sasikan minat, bakat, kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan peserta didik. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian nasional dan internas ional.

Buku petunjuk teknis atau Juknis Pelaksanaan KOPSI SMP MTs Tahun 2021 ini akan menjelaskan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan KOPSI sebagai pedoman bagi penyelenggaraan KOPSI SMP tahun 2021. Petunjuk Pelaksanaan KOPSI SMP tahun 2021 ini tidak hanya berisi petunjuk teknis pelaksanaan lomba KOPSI, tapi juga memberikan perspektif pentingnya KOPSI SMP tahun 2021 untuk diikuti oleh para peserta didik dalam pengembangan dunia penelitian di Indonesia.

Adapun Sasaran KOPSI SMP tahun 2021 adalah peserta didik SMP/MTs/sederajat di seluruh wilayah Indonesia, dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Sedangakan Ruang lingkup KOPSI SMP tahun 2021 mencakup 3 (tiga) kategori bidang ilmu, yaitu :

1. Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni. Bidang ini berkaitan dengan studi tentang masyarakat, yaitu cara orang berperilaku dan mempengaruhi dunia di sekitar, tentang kebajikan dan cinta kasih manusia terhadap sesama, serta tentang kegiatan atau produk manusia yang melibatkan imajinasi kreatif dalam mengungkapkan keindahan dan emosi.

2. IImu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Bidang ini berkaitan dengan pemahaman manusia secara sistematis terhadap gejala alam dalam bentuk konsep, prinsip, dan hukum yang teruji kebenarannya melalui suatu metode ilmiah. Termasuk dalam gejala alam adalah lingkungan, yaitu segala sesuatu berupa proses atau peristiwa di sekitar yang bersifat biotik maupun abiotik.

3. IImu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa. Bidang ini adalah tentang rancangan, yaitu pemikiran dan upaya membuat sesuatu untuk kepentingan manusia. Perwujudannya berupa produk teknologi.

Pada Juknis KOPSI SMP MTs Tahun 2021, disampaikan bahwa Strategi Pelaksanaan KOPSI SMP Tahun 2021 adalah sebagai berikut: 1) dilaksanakan dengan sistem daring/ online karena kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM. 2) Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat. 3) Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Selanjutnya dalam Buku petunjuk teknis atau Juknis Pelaksanaan KOPSI SMP MTs Tahun 2021, juga diuraikan bahwa Persyaratan peserta dan pendamping KOPSI SMP MTs Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

1. Persyaratan Peserta

a. Warga Negara Indonesia.

b. Siswa SMP/MTs/sederajat, kelas VII atau VIII pada tahun ajaran 2020/2021 .

c. Peserta dapat perseorangan atau berkelompok (maksimum tiga orang) yang terdiri atas satu orang ketua dan sisanya anggota .

d. Peserta berk elompok harus dari sekolah yang sama.

e. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah penelitian terbaiknya .

f. Setiap peserta harus mempunyai guru pembimbing.

g. Naskah penelitian belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain tingkat Nasional/ International.

h. Peserta ditetapkan sekolah dengan bukti surat keterangan kepala sekolah .

2. Persyaratan Guru Pembimbing

a. Guru pembimbing berperan memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa dalam penelitian, namun ide/gagasan dan isi naskah hasil penelitian tetap merupakan tanggung jawab peneliti.

b. Guru pembimbing mengajar di sekolah yang sama dengan peserta yang dibimbingnya.

c. Bidang kompetensi guru pembimbing sesuai dengan bidang penelitian siswa.

Kriteria Materi

Materi yang diajukan harus berupa ide/gagasan faktual dan kreatif. Faktual adalah objek yang diteliti harus berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran, dan kreatif artinya memiliki daya cipta baru atau memodifikasi gagasan yang sudah ada.

Hasil penelitian harus bersifat objektif dan kritis. Objektif artinya hasil penelitian yang disampa ikan sesuai dengan fakta. Kritis artinya kesimpulan penelitian merupakan hasil dari pemikiran dan analisis yang mendalam. Bidang yang dikompetisikan meliputi :

1. Ilmu pengetahuan sosial, kemanusi aan dan seni.

2. Ilmu pengetahuan alam dan lingkungan.

3. Ilmu pengetahuan teknik dan rekayasa.

Registrasi/Pendaftaran Peserta

1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman: smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta KOPSI SMP secara akurat dan benar. Sekolah mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa dan surat keterangan sekolah pada laman pendaftaran.

3. Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update.

4. Format pakta integritas/surat pernyataan siswa dan surat keterangan sekolah dapat diunduh pada pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Ketentuan dan Mekanisme Seleksi

Seleksi diselenggarakan dengan 2 (dua ) tahap yaitu seleksi tahap penyisihan dan pelaksanaan tingkat nasional .

1. Seleksi Tahap Penyisihan

Seleksi tahap penyisihan merupakan memilih 40 (empat puluh) naskah laporan penelitian terbaik untuk setiap bidang ilmu. Proses seleksi tahap penyisihan berlangsung bulan September.

a. Pengiriman Naskah Laporan Penelitian

1) Semua naskah laporan penelitian atau karya ilmiah sudah diterima oleh panitia paling lambat 31 Agustus 2021.

2) Peserta mengirimkan naskah laporan penelitian (file PDF) secara daring/online ke laman smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

3) Peserta hanya boleh mengi kuti satu bidang ilmu dan hanya 1 (satu) judul naskah laporan penelitian yang dapat diajukan.

4) Setiap sekolah dapat mengirimkan 1 (judul) naskah masing-masing bidang ilmu.

5) Peserta memberikan pernyataan bahwa penelitian yang dilakukan orisinal/bukan plagiasi dan belum pernah dilombakan di tingkat Nasional atau Internasional. Panitia berhak untuk mendiskualifikasi laporan penelitian apabila ditemukan unsur plagiasi dalam karyanya.

6) Naskah laporan penelitian yang dikirimkan wajib mengikuti sistematika laporan penelitian sebagai berikut:

a) Halaman Judul

b) Lembar pernyataan orisinalitas/bukan plagiasi dan belum pernah dilombakan .

c) Abstrak

d) Bab 1 Pendahuluan

e) Bab 2 Kajian Pustaka

f) Bab 3 Metode Penelitian

g) Bab 4 Hasil dan Pembahasan

h) Bab 5 Kesimpulan dan Saran

i) Daftar Pustaka

7) Nama urutan pertama dalam kelompok adalah sebagai ketua kelompok sekaligus penulis utama.

8) Naskah penelitian lengkap yang dilombakan menjadi hak milik panitia dan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penulis naskah.

Pelaksanaan Tingkat Nasional

Pelaksanaan tingkat nasional menentukan juara tingkat Nasional untuk setiap bidang ilmu. Pelaksanaan tingkat nasional dilaksanakan pada bulan November 2021. Peneliti yang terpilih sebagai peserta tingkat nasional akan diundang untuk mengikuti pelaksanaan tingkat nasional secara daring /online.

a. Ketentuan dan Prosedur Pelaksanaan Tingkat Nasional

Peserta tingkat nasional wajib mengikuti prosedur pelaksanaan presentasi daring /online sebagai berikut:

1) Ketua kelompok bertugas mempresentasikan hasil penelitiannya dan dapat dibantu anggotanya .

2) Bila ada prototipe /alat peraga hasil ciptaan, maka pada saat presentasi dan saat pameran alat tersebut harus dapat dioperasikan sesuai dengan fungsinya.

3) Peserta tingkat nasional yang tidak hadir dalam presentasi secara daring pada waktu yang telah ditentukan dinyatakan gugur sebagai peserta tingkat nasional .

4) Para peserta tingkat nasional wajib mengenakan pakaian seragam sekolah pada saat presentasi.

5) Dokumen yang harus dikirimkan bagi peserta tingkat nasional, mencakup:

a) mengirimkan file naskah laporan penelitian dalam format PDF yang sudah disempurnakan;

b) mengirimkan file slide presentasi dalam format file p owerpoint (.ppt/ .pptx);

c) mengirimkan link file video presentasi dalam format MP4 dengan durasi 10 menit. Berisi penjelasan mengenai latar belakang, tujuan, metode, alat dan bahan, hasil dan diskusi, dan kesimpulan;

d) mengirimkan file poster yang memuat ilustrasi hasil penelitian (pdf) ;

e) mengirimkan file video penjelasan pameran dalam format MP4.

6) Semua dokumen harus dikirimkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

7) Pelaksanaan penjurian daring /online dilakukan dengan media dengan menggunakan aplikasi webinar.

8) Apabila tidak ada kendala jaringan dari para peserta tingkat nasional, pelaksanaan presentasi, tanya jawab dan presentasi pameran karya dilakukan secara daring /online. Namun apabila terdapat kendala jaringan, juri akan menayangkan video presentasi dan video penjelasan pameran karya yang telah dikirimkan dan dilanjutkan sesi tanya jawab dengan juri kurang lebih 7 (tujuh) menit memakai media teleconference atau media komunikasi lainnya.

Link download Buku Juknis Pelaksanaan KOPSI SMP MTs Tahun 2021 (disini)

Link download Contoh Surat Keterangan Sekolah KOPSI SMP MTs 2021 (disini)

Link download Contoh Surat Pernyataan Peserta KOPSI SMP MTs 2021 (disini)

Demikian informasi “DOWNLOAD JUKNIS KOPSI SMP MTS TAHUN 2021″

Baca Juga : Perangkat Pembelajaran Lainnya — DISINI

Selengakapnya silahkan download Buku petunjuk teknis atau Juknis Pelaksanaan KOPSI SMP MTs Tahun 2021 melalui link yang tersedia di bawah ini

JUKNIS KOPSI SMP MTS TAHUN 2021.pdf

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “DOWNLOAD JUKNIS KOPSI SMP MTS TAHUN 2021” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

5 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Comment

  1. *Mohon penjelasan ulang cara mendaftar di daftar operator kami terhalang peringatan , bahwa nik pembimbing dan npsn sekolah sudah diambil, maksud sudah diambil apa ya…terimakasih..