Info Pendidikan Terbaru TIPS Google Slides Sebagai Media Pembelajaran Menarik

Google Slides Sebagai Media Pembelajaran Menarik

Google Slides Sebagai Media Pembelajaran Menarik

INFO PENDIDIKAN – Google Slides Sebagai Media Pembelajaran Menarik

Sobat Pendidikan, perkembangan dan kemajuan zaman yang semakin terikat dengan teknologi, menuntut kita sebagai manusia modern untuk mempu menyeimbangkan perkembangan tersebut dengan pemanfaatan yang baik pula. Banyak bidang yang sudah bisa terjamah oleh kemajuan teknologi, seperti bidang kesehatan dengan peralatan medisnya, bidang informasi dan komunikasi dengan munculnya internet, dan dalam bidang pendidikan dengan munculnya berbagai inovasi media pembelajaran.

Ada banyak jenis software dan aplikasi pembuat media pembelajaran presentasi, seperti Microsoft office power point, Keynote dan lain-lain. Banyak pula aplikasi pembuat presentasi yang bisa diakses secara online. Tetapi kebanyakan harus membayar terlebih dahulu atau tidak gratis untuk membuka semua tools dalah aplikasi. Salah satu media pembuat presentasi yang gratis serta mudah diakses adalah Google Slides.

Google Slides adalah bagian dari Google Docs yang termasuk dalam Google Drive. Dalam Google Docs terdapat banyak features, yaitu gmail, calender, google+, google doc, google sheet, google form, Google drive. Jika menggunakan Google slides, secara otomatis akan terhubung dengan semua perangkat milik Google. Google Slides memungkinkan pengguna untuk membuat, edit, berkolaborasi & melakukan presentasi dimana saja, Penggunaan Google slides dapat diakses dengan alamat https://www.google.com/slides.

  1. Membuat dan Mengedit Presentasi. Ini adalah fitur standar yang pasti dimiliki aplikasi pembuat presentasi tapi kelebihan lain di dalam Google Slide tersedia berbagai tema presentasi, ribuan font, video sematan, animasi, dan banyak lagi. Jadi bisa dibilang fitur yang lengkap untuk menciptakan presentasi yang memukau.
  2. Mengerjakan Presentasi dari Tangan. Tidak harus selalu menggunakan laptop/PC ada bisa membuat, edit & membuka file presentasi langsung dari tangan, karena Google Slide juga bisa di download untuk Android, iPhone & iPad. Sangat bermanfaat bagi yang memiliki kesibukan yang tinggi.
  3. Kolaborasi dengan Teman. Hal unik yang menjadi kelebihan Google Slide adalah kemampuan bisa membuat slide presentasi secara bersama-sama dengan teman dalam 1 waktu dalam 1 file tanpa harus bertemu atau berada dalam tempat yang sama. Tidak hanya berdua, tetapi bisa digunakan untuk berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Ketika ada teman yang melakukan editing file, kita bisa melihat aktifitas tersebut jadi sangat realtime, bahkan kita bisa melakukan chat pada saat mengedit slide sehingga mempermudah didalam berkoordinasi.
  4. Otomatis Tersimpan. Kebayangkan kalau tiba-tiba PC/laptop kita mati dan file belum tersimpan, tapi kejadian itu tidak akan terjadi jika kita menggunakan Google Slide karena file akan otomatis disimpan saat mengetik, selain itu kitajuga bisa menggunakan kembali tema yang telah kita buat karena sudah tersimpan otomatis
  5. Cocok dengan Powerpoint. Google slides mempunyai fitur import file Pptx dan mengkonversikannya ke presentasi Google Slide sehigga sangat memudahkan. Tidak hanya impor tapi kita juga bisa mengambil presentasi sebagai PDF, PPT, atau file txt.
  6. Bisa Offline. Terkadang koneksi internet lemot, kalau harus online terus ini bisa jadi masalah. Tapi tenang, kita cukup aktifkan pengendali offline dan Anda siap menggunakan Google Slide dimanapun & kapanpun tanpa koneksi internet

Dengan hanya mempunyai akun google, kita dapat langsung mengakses google slides dimanapun dan kapanpun. Dari sisi ke praktisan, tentu saja google slides leboh praktis disbanding software atau aplikasi presentasi yang lainnya. Berikut adalah ulasan dari penulis mengenai kelebihan dan kekurangan dari google slides.

Kelebihan Google slides

Dengan hanya mempunyai akun google, kita dapat langsung mengakses google slides dimanapun dan kapanpun. Dari sisi ke praktisan, tentu saja google slides leboh praktis disbanding software atau aplikasi presentasi yang lainnya. Berikut adalah ulasan dari penulis mengenai kelebihan dan kekurangan dari google slides :

  1. Kemudahan penggunaan. Google Slides tidak sulit untuk dipelajari. File bantuan ada, meskipun kelihatannya tidak sebanyak yang ada di paket-paket lainnya. Ada beberapa sumber daya pihak ketiga yang bisa membantu Anda mempelajari Google Slides.
  2. Berbasis web. File-file online selalu dalam kondisi terkini dan terbarui. Anda juga bisa dengan mudah menautkan atau menanamkan dokumen Anda di halaman web.
  3. Kolaborasi. Mudah saja bagi para rekan kerja dan anggota tim untuk memgakses dan mengedit dokumen melalui web apapun perangkat yang digunakannya. Perubahan bisa dilakukan secara serentak di bagian-bagian presentasi yang berbeda.
  4. Inovatif. Google Slides memiliki sejumlah fitur inovatif. Misalnya, fitur baru Q & A (tanya jawab) yang memungkinkan audiens berinteraksi dengan pembicara melalui tautan terlihat sebagai fitur yang menjanjikan untuk membuat audiens terlibat dengan mereka yang melakukan presentasi umum.

Kekurangan-Kekurangan Google Slides meliputi:

  1. Lebih Sedikit Pilihan. Google Slides memiliki lebih sedikit pilihan efek. Pilihan temanya juga lebih sedikit, meskipun Envato Market memiliki sejumlah pilihan yang bagus. Sejumlah pengguna mendapati fitur-fitur programnya terlalu dasar.
  2. Dibutuhkan Akun Gmail. Jika Anda tidak punya akun Google, Anda membutuhkannya untuk menggunakan paket ini. Meskipun demikian, Anda bisa mendaftar akunnya secara gratis.

Dalam dunia pendidikan, google slides dapat dimanfaatkan sebagai media pembuat presentasi oleh guru bahkan siswa. Bagi guru, penggunaannya akan lebih praktis, karena guru mampu membuatnya dimana saja selama mempunyai koneksi internet. Guru juga bisa berinteraksi atau bekerja sama dengan guru lainnya dalam menyusun materi presentasi walaupun ditempat yang berbeda. Penyimpanan yang praktis dari google slides juga memungkinkan guru lebih mudah berbagi dengan siswa. Guru dapat mengunggah materinya ke google drive, kemudian siswa akan dengan mudah mengunduhnya. Guru juga memungkinkan untuk menyisipkan video dari youtube jika diperlukan. Hal tersebut tentu saja akan mempermudah proses pembelajaran. Dari sisi siswa, siswa dapat dengan mudah mengerjakan tugas presentasi yamg diberikan gurunya, karena google slides juga bisa digunakan lewat smartphone.

Demikian informasi “Google Slides Sebagai Media Pembelajaran Menarik”

Baca Juga : Info Tips — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Google Slides Sebagai Media Pembelajaran Menarik” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

11 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *