Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Hal Yang Dipersiapkan Dalam Daftar Bukti Fisik Akreditasi Sekolah/Madrasah

Hal Yang Dipersiapkan Dalam Daftar Bukti Fisik Akreditasi Sekolah/Madrasah

Hal Yang Dipersiapkan Dalam Daftar Bukti Fisik Akreditasi Sekolah/Madrasah

INFO PENDIDIKAN – Hal Yang Dipersiapkan Dalam Daftar Bukti Fisik Akreditasi Sekolah/Madrasah

Sobat Pendidikan, akreditasi suatu proses yang berkesinambungan dari evaluasi diri, refleksi, dan perbaikan (“Accreditation is a continuous process of self-evaluation, reflection, and improvement). Akreditasi dapat juga diartikan sebagai proses evaluasi dan penilaian mutu institusi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi yang bersangkutan; hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk beroperasai dan menyelenggarakan program-programnya.

Proses Akreditasi Sekolah menyediakan sekolah dengan kerangka kerja yang komprehensif untuk terus meningkatkan prestasi siswa dan efektivitas sekolah (The School Accreditation Process provides schools with a comprehensive framework for continually improving student achievement and school effectiveness).

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Akreditasi dapat dipandang sebagai instrumen regulasi diri (self-regulation), dengan maksud agar suatu agar Sekolah/Madrasah dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri; dan berdasarkan atas pemahaman kekuatan dan kelemahan diri tersebut, Sekolah/Madrasah dapat melakukan perbaikan mutu secara berkelanjutan (quality continues improvement).

Akreditasi juga dapat dipandang sebagai hasil penilaian dalam bentuk sertifikasi formal terhadap kondisi suatu Sekolah/Madrasah yang telah memenuhi standar layanan tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam sudut pandang ini, ada sekolah/madrasah yang terakreditasi dan tidak, dengan peringkat A, B, C dan seterusnya.

Berikut ini poin-poin yang akan dinilai dalam akreditasi oleh tim penilai. Butir-butir bukti fisik yang perlu dilengkapi ini sebagai bahan persiapan untuk sekolah dalam melakukan reakreditasi sekolah, baik untuk sekolah yang akan melakukan perubahan nilai akreditasi maupun pengajuan kembali akreditas sekolahnya yang sudah berakhir.

NO.DOKUMENPENANGGUNGJAWAB
1Tata tertib dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin)BUKTI1
2Jadwal kegiatan keagamaanBUKTI2
3Bukti dan/atau laporan kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk: foto/video kegiatan, undangan kegiatan, sertifikat keikutsertaanBUKTI3
4Bukti dan/atau laporan kegiatan OSIS dalam bentuk: foto/video kegiatan, undangan kegiatan, sertifikat keikutsertaanBUKTI4
5Bukti dan/atau laporan kegiatan dengan pihak luar dalam bentuk: foto/video kegiatan, undangan kegiatan, sertifikat keikutsertaanBUKTI5
6Laporan prestasi siswaBUKTI6
7Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan bakatBUKTI7
8Data nilai ujian sekolah/madrasah dalam 3 (tiga) tahun terakhirBUKTI8
9Laporan tracer study tentang kepuasan pemangku kepentinganBUKTI9
10Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):

– Jenjang SD: tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6)

– Jenjang SMK dan SMA: tahun berjalan mapel Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS (diwakili oleh 3 tingkat)

BUKTI10
11Kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (formatif dan sumatif) (SD: 4, 5, dan 6. SMP & SMA mapel sama dengan RPP)BUKTI11
12Analisis Pencapaian Kompetensi (tahun berjalan, sampel dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn) (sampel SD kelas 1, 4, 6. SMP dan SMA semua tingkat)BUKTI12
13Jadwal remidial dan pengayaanBUKTI13
14Dokumen Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) (1 tahun)BUKTI14
15Dokumen Rencana Kerja Sekolah (RKS) 4 tahunBUKTI15
16Daftar penggunaan prasana dan prasana sebagai media dan sumber belajarBUKTI16
17Laporan evaluasi dan refleksi diri (sampel laporan evaluasi diri dari 3 orang guru dengan mapel berbeda)BUKTI17
18Laporan umpan balik dari siswa (3 orang guru dengan mapel berbeda)BUKTI18
19Laporan umpan balik dari teman sejawat (3 orang guru dengan mapel berbeda)BUKTI19
20Bukti daftar hadir/foto/bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksiBUKTI20
21Laporan kegiatan pengembangan profesi guru; undangan, surat tugas, daftar hadir, materi paparan, foto kegiatan, laporan kegiatanBUKTI21
22Dokumen kegiatan diseminasi hasil pengembangan profesi guru: makalah, video, buku, karya ilmiah, jurnal, paparan (PPT), artikel, panduanBUKTI22
23Daftar hadir rapat pengembangan visi misiBUKTI23
24Foto, leaflet, pamflet, brosur, video kegiatan sosialisasi visi misi (daftar hadir, jika ada)BUKTI24
252 laporan kegiatan yang merupakan implementasi visi misiBUKTI25
26Dokumen hasil evaluasi tahunan pencapaian visi, misi, tujuan, dan rencana sekolahBUKTI26
27Dokumen rekomendasi dari hasil evaluasi (notulen rapat)BUKTI27
28Dokumen visi misi versi sebelumnya dan versi setelah perbaikan berdasarkan rekomendasiBUKTI28
29Jadwal supervisi kepala sekolah/wakil kepala sekolah (3 tahun terakhir)BUKTI29
30Dokumen hasil observasi kepala sekolah terhadap guru di kelas 3 (tiga) tahun terakhir: lembar observasi atau catatan lain (kualitatif) (diwakili guru kelas 2, 3, dan 5 SD) (SMP dan SMA mapel IPA [salah satu], IPS [salah satu], Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PPKn)BUKTI30
31Daftar hadir rapat RKS/RKAS dan notulenBUKTI31
32Laporan kegiatan pelaksanaan program yang melibatkan warga sekolah dan pemangku kepentingan, bisa berupa: video dan/atau fotoBUKTI32
33Laporan kegiatan pelaksanaan program kreatif dan inovatif berupa: video dan/atau foto hasil karya guru/siswa, karya ilmiahBUKTI33
34Dokumen kerja sama sekolah/madrasah dengan orang tua siswa dengan masyarakat sekitar (notulen rapat, daftar hadir rapat, foto, atau video)BUKTI34
35Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan sekolah/madrasah, misalnya dokumen pembagian tugas di bidang kebersihan, jadwal kebersihan, dan dokumentasi kegiatan.BUKTI35
36Notulen raker/pertemuan penyusunan kurikulum sekolah/madrasah, daftar hadirBUKTI36
37Dokumen raker/rapat evaluasi kurikulum yang berisi rekomendasi perbaikan hasil evaluasiBUKTI37
38Rekap nilai tahun kedua untuk SMP dan SMA, tahun kelima untuk SD (diwakili oleh mapel yang mengalami peningkatan, 4 tahun terakhir)BUKTI38
39Panduan atau SOP pelaksanaan tugas guru/tenaga kependidikanBUKTI39
40Jadwal mengajar guru, penugasan lain yang dibebankan kepada guru dan pembagian tugas tenaga kependidikanBUKTI40
41Dokumen penilaian kinerja guru berupa format penilaian kinerjaBUKTI41
42Hasil penilaian kinerja guruBUKTI42
43Dokumen penilaian kinerja tenaga kependidikan berupa format penilaian kinerjaBUKTI43
44Hasil penilaian kinerja tenaga kependidikanBUKTI44
45Bukti penghargaan/sanksi, seperti: piagam, sertifikat, foto, video, surat peringatan, SK, surat teguran, buku/catatan pelanggaran, dsbBUKTI45
46Panduan/SOP pengelolaan sarana dan prasarana (data inventaris sarana dan prasarana, mulai dari perencanaan sampai penghapusan)BUKTI46
47Dokumen rapat penyusunan RAPBS, berupa: daftar hadir, notulen rapatBUKTI47
48RAPBSBUKTI48
49Laporan keuangan 1 tahun terakhirBUKTI49
50Hasil catatan audit internal atau eksternal 3 tahun terakhirBUKTI50
51Dokumen program/kegiatan ekstrakurikuler, berupa: foto dan/atau video, laporan kegiatan, jadwal kegiatanBUKTI51
52Surat tugas pembina dan tim lomba/kompetisi siswa, undangan keikutsertaan, foto, sertifikat keikutsertaanBUKTI52
53Sertifikat prestasi, foto piagam/piala/medaliBUKTI53
54Dokumen program layanan BK dalam bidang: pengembangan pribadi, sosial, akademik, dan pendidikan lanjut/karirBUKTI54
55Dokumen laporan layanan BK bidang: pengembangan pribadi, sosial, akademik, dan pendidikan lanjut/karirBUKTI55
56Dokumen RKA-S/M tahun sebelumnyaBUKTI56
57Dokumen evaluasi diri sekolah/madrasah tahun sebelumnyaBUKTI57
58Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara lisan maupun tertulis dalam bentuk: video/medsos siswaBUKTI58

Demikian informasi “Hal Yang Dipersiapkan Dalam Daftar Bukti Fisik Akreditasi Sekolah/Madrasah”

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Hal Yang Dipersiapkan Dalam Daftar Bukti Fisik Akreditasi Sekolah/Madrasah” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Comment

  1. mohon agar dokumen akreditasi yang tersebut di atas, dapat diunduh setiap satuan pendidikan agar dapat disiapkan sebelum ada kegiatan akreditasi oleh tim penilai.