Info Pendidikan Terbaru News HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBAGAI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA 2021

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBAGAI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA 2021

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBAGAI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA

InfoASN.id – HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBAGAI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA

Dalam webinar “Kesiapan Pembukaan Sekolah dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Guru” disampaikan bahwa pembelajaran tatap muka harus diikuti dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Ada masa transisi dan masa kebiasaan baru yang harus dilewati oleh guru dan peserta didik dalam memulai kembali pembelajaran tatap muka.

Masa transisi pada dua bulan pertama. Pada posisi sudah ada aktivitas pembelajaran tatap muka. Ada beberap hal yang harus kita pahami, mulai dari kondisi kelas, jadwal pembelajaran dan perilaku wajib.

Pertama kondisi kelas, kursi telah ditata dengan rapi dan lengkap dengan perlengkapan protokol kesehatan. Jaga jarak minimal antara tempat duduk 1,5 meter. Jumlah maksimal peserta didik per ruang kelas, untuk Pendidikan Anak Usia Dini 5 orang dari standar 15 peserta didik, Pendidikan Dasar Dan Menengah 18 peserta didik dari standar 36 orang, dan SLB 5 dari standar 8 orang.

Kedua, terkait Jadwal pembelajaran. Pengaturan jadwal pembelajaran, sistem bergiliran rombongan belajar, disini shift, bisa double shift, bisa saja triple shift, ditentukan masing-masing satuan pendidikan. Jadi Kepala Sekolah dengan tim manajemen sekolah perlu mengkondisikan sekaligus memastikan ada berapa jumlah kelas kita, jumlah peserta didik kita, baru kita melakukan pemetaan.

Ketiga, tentang prilaku wajib, peserta wajib menggunakan masker. Cuci tanganpakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan handsanitizer.

Jadi di kelas atau di luar kelas ada fasilitas air mengalirnya, yang bersih yang bisa digunakan kapanpun juga oleh peserta didik. Menjaga jarak 1,5 meter dan tidak ada kontak fisik. Kemudian menerapkan etika batuk atau bersin dengan tutup mulut, menolehkan kepala ke kanan atau ke kiri yang tidak mengenai kawan sekitar. Ini bagian yang harus diperhatikan.

Dalam webinar “Kesiapan Pembukaan Sekolah dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Guru” juga dibahas langkah-langkah untuk menjadi inspiring teacher. Setidaknya ada tips 6 tips bagaimana menjadi inspiring teacher (guru yang menginspirasi) di masa pandemi covid-19

Pertama guru harus memiliki empati, di masa pandemi Covid-19 saat ini guru harus memperkuat empati. Kedua, adalah guru harus mampu mengembangkan kemampuan verbal (bahasa) yaitu bagaimana mengembangkan komunikasi yang nyaman. Ketiga guru harus mampu membangun prilaku dan mental positif, jadi mental positif bapak ibu harus dibangun, apalagi kepada peserta didik yang selama ini belajar di rumah lalu datang sekolah. Keempat, Harus ada aktivitas psikososial, bagaimana seorang individual disaat bertemu dengan kelompoknya, dengan teman-teman sebayanya, apakah mereka itu langsung melakukan aktivitas pembelajaran? Sebaiknya satu hari dua hari berikan kesempatan untuk mendapatkan informasi-informasi apa yang harus dilakukan. Kelima, guru harus ingat bahwa murid adalah individu maknanya, guru harus memberikan perlakuan yang menyenangkan kepada siswa, membangun suasana agar anak sebagai mood booster kepercayaan diri anak. Jangan ada komunikasi yang membuat anak itu tidak percaya diri. Jangan sampai terjadi gangguan psikososial terhadap anak, anak bisa stres, bisa depresi, anak-anak bisa ketakutan. Jadi menjaga psikososial itu penting untuk anak. Keenam, guru harus respek dan memahami bahwa mengajar adalah profesi yang mulia. Ki Hajar Dewantara mengatakan “jadikanlah sekolah sebagai taman belajar dan aktivitas mengajar adalah aktivitas yang menyenangkan”. Untuk itu, dalam kondisi bagaimanapun juga, tampillah kita sebagai sosok inspiring teacher, inspiring person yang bisa mengisnpirasi, yang bisa membuat anak-anak bangga dengan profesi kita sebagai guru.

Demikian informasi “HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBAGAI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA”

Baca Juga : News Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBAGAI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

2 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *