Kunci Jawaban Modul 1 Pengaruh Komunitas Praktisi pada Kompetensi Guru dan Pembelajaran di Kelas

Photo of author

By Putu Atmaka

Kunci Jawaban Modul 1 Pengaruh Komunitas Praktisi pada Kompetensi Guru dan Pembelajaran di Kelas

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Modul 1 Pengaruh Komunitas Praktisi pada Kompetensi Guru dan Pembelajaran di Kelas

Sobat Pendidikan, Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Komunitas Praktisi Modul 1. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.

I. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

A. Materi Guru Tidak Sendiri, Bersama Komunitas Semakin Berdampak untuk Kelas

1. Miskonsepsi terkait peran komunitas praktisi yang ditunjukkan guru dalam video sebelum bergabung di komunitas adalah…

A. Guru perlu lebih sabar saat menemui tantangan pembelajaran

B. Guru hanya bisa mengembangkan kompetensinya sendirian

C. Guru perlu waktu lebih banyak untuk menyiapkan kelasnya

D. Guru hanya perlu menerapkan pembelajaran menyenangkan

Menurut Ibu/Bapak, mengapa guru perlu berkomunitas?

Jawab :

Komunitas belajar bisa memfasilitasi proses refleksi dan perencanaan perbaikan serta rencana belajar lanjutan bagi anggotanya. Proses refleksi bersama akan memperkaya pengalaman belajar anggota komunitas

B. Materi Berbagi Praktik Baik, Inspirasi Pembelajaran Kelas

1. Yang bukan miskonsepsi guru tentang berbagi praktik baik adalah…

A. Berbagi praktik baik itu bisa dilakukan lewat ngobrol di komunitas

B. Berbagi praktik baik harus selalu dirancang dengan format yang ketat

C. Berbagi praktik baik harus selalu menggunakan bahasa formal dan teknis

Baca Juga :  Manfaat Sertifikat Pelatihan Mandiri di PMM

D. Berbagi praktik baik harus selalu berbasis alat TIK terkini

Ceritakan satu buah praktik guru lain yang pernah menginspirasi kegiatan belajar Ibu/Bapak.

Jawab :

Ada salah satu guru yang sangat rajin meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti berbagai pelatihan / webinar daring maupun luring. Beliau sering mengajak saya untuk mengikutinya, karena menurut beliau, itu sangat berpengaruh terhadap pendekatan persuasif terhadap anak saat pembelajaran.

C. Materi Refleksi Pengaruh Pergerakan Komunitas Praktisi terhadap Rapor Pendidikan

1. Tema atau fokus utama kegiatan komunitas adalah…

A. Peningkatan kualitas pembelajaran di kelas

B. Pendampingan pemenuhan hak-hak guru

C. Peningkatan dukungan materi dan anggaran sekolah

D. Peningkatan jumlah program pengembangan kompetensi guru

Apa kebijakan sekolah yang menurut Ibu/Bapak dapat dikembangkan lebih baik dalam jangka waktu pendek?

Jawab :

Membiasakan 3S yaitu Senyum, Sapa, Salam dalam lingkungan sekolah, hal ini akan meningkatkan karakter siswa kepada orang lain terutama kepada yang lebih tua.

II. Jawaban Post Test Modul 1 Pembelajaran Aktif dan Efektif Memanfaatkan TIK

1. Kompetensi yang hanya bisa dipelajari guru melalui kegiatan berbagi praktik baik bersama komunitas adalah…

A. Pedagogik terkait pendekatan pembelajaran murid

B. Menyelesaikan administrasi pembelajaran

C. Reflektif terhadap potensi diri dengan menyimak praktik baik teman belajar

D. Mampu berkomunikasi efektif di segala waktu kepada setiap warga sekolah

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

2. Setelah mengikuti temu pendidik, Ibu Nusan memodifikasi kegiatan belajarnya sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran dan selesai tepat waktu. Pengembangan kompetensi apa yang diperoleh Ibu Nusan dari sesi belajar temu pendidik bersama komunitas?

A. Perancangan dan pembelajaran efektif

B. Praktik komunikasi interpersonal

C. Refleksi kompetensi dan karakter diri

D. Penguasaan ragam aplikasi TIK Abad ke-21

3. Komunitas praktisi mengembangkan kompetensi guru dengan cara…

A. Meminta anggotanya lebih adaptif terhadap lingkungan sosial

B. Mengawasi anggotanya agar lebih reflektif

C. Menjadi ruang berbagi praktik baik pembelajaran antar teman belajar

D. Menjadi ruang diskusi kinerja murid

4. Percakapan komunitas praktisi yang berdampak bagi pembelajaran adalah ketika membahas…

A. Sumber penghasilan sampingan guru

B. Isu-isu kebijakan sekolah

C. Tantangan, inspirasi, solusi praktik pembelajaran

D. Usaha-usaha pengembangan komunitas

5. Modifikasi perlu dilakukan setelah meniru praktik baik untuk…

A. Menyesuaikan kebutuhan belajar murid dan guru

B. Memupuk kebiasaan baik berinovasi dan bukan menyontek

C. Menghormati sumber dan konteks asli praktik baik

D. Semua jawaban benar

6. Komunitas belajar mengembangkan kompetensi guru dengan cara…

A. Meminta anggotanya lebih adaptif terhadap lingkungan sosial

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Layanan Responsif

B. Mengawasi anggotanya agar lebih reflektif

C. Menjadi ruang berbagi pratik baik pembelajaran antar teman belajar

D. Menjadi ruang diskusi kinerja murid

7. Komunitas mendukung pengembangan kompetensi pembelajaran para guru dengan menjadi…

A. Ruang berbagi praktik baik dan pembelajaran berdampak

B. Ruang belajar bersama bagi guru agar berkepribadian reflektif

C. Ruang belajar bersama bagi guru dalam menghargai kebhinekaan dan ksetaraan

D. Semua jawaban benar

8. Manfaat komunitas belajar adalah…

A. Kualitas pembelajaran di kelas menjadi jauh lebih baik

B. Jam mengajar menurun

C. Komunitas memberikan murid inspirasi inovasi pembelajaran

D. Banyak mengenal aplikasi pembelajaran

9. Kompetensi yang hanya bisa dipelajari guru melalui kegiatan berbagi praktik baik bersama komunitas adalah…

A. Pedagogik terkait pendekatan pembelajaran murid

B. Menyelesaikan administrasi pembelajaran

C. Reflektif terhadap potensi diri dengan menyimak praktik baik teman belajar

D. Mampu berkomunikasi efektif di segala waktu kepada setiap warga sekolah

Demikian informasi “Kunci Jawaban Modul 1 Pengaruh Komunitas Praktisi pada Kompetensi Guru dan Pembelajaran di Kelas”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Modul 1 Pengaruh Komunitas Praktisi pada Kompetensi Guru dan Pembelajaran di Kelas” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Tinggalkan komentar