Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching

Sobat Pendidikan, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Coaching untuk Pemimpin di Satuan Pendidikan Modul 2. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.

I. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Kompetensi Berlatih Hadir Utuh

Selaras dengan paradigma berpikir coaching, terdapat tiga kompetensi utama yang perlu dilatih oleh kepala satuan pendidikan sebagai seorang coach. Kompetensi hadir utuh adalah pondasi awal untuk muncul dan berkembangnya kompetensi coaching yang lain.

1. Kompetensi hadir utuh membantu kita untuk …

A. Lebih hebat

B. Lebih pintar

C. Lebih Sabar

D. Lebih terkenal

Apa rencana Anda untuk melatih kehadiran utuh dalam kehidupan sehari-hari?

Jawab : Dengan cara membiasakan kesadaran dalam kehidupan sehari-hari.

II. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Kompetensi Mendengarkan Aktif

Kompetensi mendengarkan secara aktif memberikan ruang kepada rekan pendidik untuk mengungkapkan apa yang sedang ia rasakan dan pikirkan. Mendengarkan secara aktif memberikan kesempatan kepada kita sebagai coach untuk fokus pada coachee dan menangkap apa yang disampaikan coachee dengan terbuka tanpa penilaian, asumsi, atau asosiasi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Penerapan Numerasi dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Mengapa kemampuan mendengarkan aktif dalam coaching menjadi hal yang penting?

A. Agar masalah yang dimiliki oleh rekan pendidik dapat terselesaikan dengan waktu yang singkat.

B. Saat coach mendengar secara aktif, coachee akan merasa dihargai dan memiliki ruang untuk tumbuh dan mengekspresikan pikiran serta perasaannya.

C. Karena kemampuan mendengarkan aktif merupakan kunci Utama dalam membangun ikatan antar rekan pendidik.

D. Agar coachee dapat menumbuhkan rasa hormat terhadap sosok coach.

Apa rencana Anda untuk melatih kehadiran utuh dalam kehidupan sehari-hari?

Jawab : Melatih kesadaran dalam kegiatan sehari-hari serta observasi lingkungan sekitar.

III. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Kompetensi Mengajukan Pertanyaan Berbobot

Mengajukan pertanyaan berbobot adalah salah satu kompetensi coaching yang harus dikuasai oleh seorang kepala sekolah agar dapat melakukan percakapan coaching bersama guru dengan nyaman dan terbuka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Numerasi dalam Pembelajaran

1. Yang menyebabkan kepala sekolah TIDAK boleh menggunakan kata tanya mengapa dan kenapa dalam percakapan coaching adalah…

A. menyulitkan guru

B. membuat guru merasa bingung

C. membuat guru merasa dihakimi

D. membuat guru enggan menjawab pertanyaan tersebut

Apa rencana Anda untuk melatih kehadiran utuh dalam kehidupan sehari-hari?

Jawab : Mengaplikasikan mendengarkan dan bertanya dengan R-A-S-A.

III. Jawaban Post Test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching!

1. Saat lebih terbuka, kita menjadi tenang dalam menerima pemikiran coachee tanpa…

A. Berasumsi

B. Menanyai

C. Berempati

D. Menyemangati

2. Berikut adalah manfaat yang coach dapatkan saat mendengarkan rekan pendidik lain secara aktif, kecuali…

A. Mendapat informasi mengenai potensi yang rekan pendidik miliki

B. Mengetahui tujuan yang ingin dicapai oleh rekan pendidik

C. Memeroleh asumsi dari pengalaman rekan pendidik yang telah diceritakan

D. Memahami suatu pengalaman atau situasi dari sudut pandang rekan pendidik lain

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

3. Indikator kepala sekolah sudah menggunakan pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching adalah menggunakan pertanyaan ….

A. kenapa dan mengapa

B. tertutup

C. bertumpuk

D. terbuka

4. Berikut ini yang bukan termasuk faktor penghambat seseorang mendengarkan secara aktif adalah…

A. Mengasosiasikan pengalaman yang diceritakan oleh rekan pendidik dengan pengalaman diri kita sendiri

B. Prasangka yang sudah ada sebelum rekan pendidik menceritakan pengalamannya

C. Asumsi tertentu terhadap rekan pendidik yang sedang menceritakan pengalamannya

D. Sikap terbuka dan ingin melihat suatu pengalaman dari sudut pandang yang berbeda

5. Sebutkan kata tanya yang dapat kita gunakan dalam pertanyaan berbobot.

A. Kenapa

B. Apa

C. Mengapa

D. Ya atau tidak

Demikian informasi “Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mari Berlatih Kompetensi Coaching” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *