Info Pendidikan Terbaru News Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 melalui Portal Pendataan Asesmen Nasional

Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 melalui Portal Pendataan Asesmen Nasional

Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 melalui Portal Pendataan Asesmen Nasional

INFO PENDIDIKAN – Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 melalui Portal Pendataan Asesmen Nasional

Sobat Pendidikan, bagaimana cara login pada Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 melalui Portal Pendataan Asesmen Nasional (BIO ANBK 2024). Sebagaimana diketahui ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) merupakan program penilaian yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk mengukur kompetensi dan literasi siswa di berbagai jenjang pendidikan dengan menggunakan perangkat komputer.

Tujuan ANBK adalah untuk mendapatkan data yang akurat mengenai kemampuan siswa dalam aspek-aspek seperti literasi membaca, literasi numerasi, serta karakter siswa. Data ini digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui berbagai kebijakan dan program perbaikan.

Pendataan ANBK akan dimulai secara resmi pada tanggal 1 Juli 2024. Laman Bio ANBK 2024 atau Portal Pendataan Asesmen Nasional ini sampai tanggal 30 Juni bisa dimanfaatkan untuk simulasi aplikasi, pelatihan, atau  sosialisasi. Selanjutnya aplikasi akan direset tanggal 30 Juni pukul 21.00, Aplikasi pendataan akan ditutup sementara.

Siapa yang harus melakukan pendataan ANBK ? Seluruh satuan pendidikan yang melaksanakan Asesmen Nasional termasuk seluruh satuan pendidikan termasuk  Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri yang terdaftar  dalam pangkalan data Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

Peserta ANBK adalah Peserta didik terdaftar dalam Dapodik atau EMIS yang memiliki Nomor Induk Sekolah Nasional  (NISN) valid; Peserta didik masih aktif belajar pada satuan pendidikan; Peserta didik Tunarungu dan Tunadaksa tanpa tambahan hambatan pada satuan pendidikan luar  biasa dan satuan pendidikan yang memiliki siswa inklusi; Peserta didik yang memiliki hambatan bahasa/membaca pada satuan pendidikan umum atau satuan  pendidikan luar biasa tidak mengikuti AN; eserta didik yang berkewarganegaraan Indonesia (WNI) di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN),  Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri didaftarkan  sebagai calon peserta Asesmen Nasional.

Baca Juga :  Cara Login Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Bagaimana mekanise Pendataan ANBK ? Pendataan jenjang SD, Paket A, SMP, Paket B, SMA,, Paket C, SMK, dan SLB melalui DAPODIK PAUD DIKDASMEN. Pendataan jenjang MI, SDTK, Adi WP, MTs, SMPTK, Madyama WP, MA, MAK, SMTK, Utama WP, SMAK dan PKPPS (Ula, Wustha, Ulya) melalui EMIS. Pengelola pendataan-AN tingkat Provinsi dan tingkat Kota/Kabupaten melakukan verifikasi dan pemutakhiran data satuan pendidikan dan NPSN. Data peserta AN yang digunakan dari data peserta didik pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 atau semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 bila terdapat pembaharuan data di semester baru. Data Calon Peserta AN berasal dari data peserta didik Sekolah/Madrasah dan SKB/PKBM/PKPPS sebagaimana tercantum pada laman pd.data.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya Proses impor data peserta program Paket A/Ula, Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya pada PKBM/SKB/PKPPS dapat dilakukan sekali impor data atau perjenjang. Proses impor data peserta didik pada jenjang SDLB, SMPLB, SMLB, dan SLB pada satuan pendidikan khusus (LB) dapat dilakukan sekali impor data atau perjenjang.  Proses impor data peserta pada satuan pendidikan yang memiliki jenis sekolah Terbuka, dilakukan tarik data melalui akun sekolah terbuka tersebut. Jika tidak dapat ditarik, maka dapat dilakukan pengecekan jenis rombel di laman dapodik pada akun sekolah induknya. Perbaikan data peserta didik dilakukan pada saat proses pendaftaran calon peserta AN melalui mekanisme Verval PD untuk nama peserta didik, tempat lahir, tanggal lahir, dan NISN. Pada laman Dapodik/EMIS untuk indentitas lainnya (kurikulum, program studi/kompetensi keahlian/rombel/tingkatan kelas, dan jenis kebutuhan khusus)

Baca Juga :  Meningkatkan Integritas ANBK Tahun 2023 melalui Verifikasi Foto Peserta

Siapa yang akan menjadi sampel peserta ANBK tahun 2024? Peserta didik yang mengikuti Asesmen Nasional adalah peserta didik yang terpilih secara acak (random) di  setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Pusat. Proses sampling dilakukan oleh sistem pada laman pendataan-AN dengan proporsi jumlah  siswa per rombongan belajar.  Jumlah peserta pada jenjang SMP sederajat, SMA sederajat, dan SMK sejumlah 45 peserta  utama dan 5 peserta  cadangan dan untuk jenjang SD sederajat sejumlah 30 peserta  utama dan 5 peserta cadangan. Apbila PD kurang dari atau sama dengan jumlah yang ditentukan (45/30) maka seluruh PD yang didaftarkan akan diikutkan tanpa ada cadangan. Proses sampling peserta utama dan cadangan dilakukan bersamaan secara otomatis dengan  metode yang ditetapkan oleh kemendikbud pada laman pendataan asesmen. Proses sampling dilakukan oleh pengelola data kabupaten/kota atau provinsi sesuai  Kewenangannya

Satuan pendidikan dapat melakukan impor biodata berulang-ulang sebelum disampling oleh kab/kota atau provinsi (setelahnya hanya kab/kota dan provinsi yang bisa). Satuan pendidikan yang menghendaki impor ulang setelah dilakukan sampling+diterbitkan dns (karena ada perbaikan data), impor biodata ulang hanya melalui akun tim pendataan kab. Kota atau provinsi. Sampling maksimal persatuan pendidikan hanya 20 kali (dieksekusi dari akun manapun), impor biodata tidak akan mereset counter samplingnya. apabila lebih dari 20 kali sampling. maka impor serta sampling tidak bisa dilakukan. Setelah digenerate nopes, petugas pendataan satuan Pendidikan dan petugas pendataan kabupaten kota tidak bisa melakukan sampling dan impor biodata. Apabila ada perbaikan data peserta didik, impor dan sampling hanya bisa dari provinsi.

Baca Juga :  Komponen dan Bentuk Soal Instrumen Asesmen Nasional 2021

Apa alamat Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 atau alamat Portal Pendataan Asesmen Nasional? Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 yang dulu dikenal dengan BIO ANBK untuk tahun 2024 terpusat pada satu halaman untuk semua jenjangan.

Laman Pendataan Peserta ANBK SD MI SMP MTS SMA MA SMK Sederjata Tahun 2024 adalah  Portal Pendataan Asesmen Nasional. Laman bisa diakses melalui https://bioportal.kemdikbud.go.id/ atau langsung login melalui laman https://bioportal.kemdikbud.go.id/auth/login

Bahgaimana Cara Login Ke Portal Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 atau Bio ANBK 2024? Cara silahkan akses link di atas kemudian Masukan Nama Pengguna (Username), Masukan Kata Kunci (Password) dan selanjutnya Klik tombol Masuk untuk melanjutkan.

Jika 3 kali tidak berhasil memasukan nama pengguna dan kata kunci, maka harus memasukkan kode keamanan sesuai dengan kode yang tampil di komputer masing-masing.

Demikian informasi “Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 melalui Portal Pendataan Asesmen Nasional”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Laman Pendataan Peserta ANBK SD SMP SMA Tahun 2024 melalui Portal Pendataan Asesmen Nasional” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *