Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Langkah Pembuatan dan Unggah Karya di Platform Merdeka Mengajar

Langkah Pembuatan dan Unggah Karya di Platform Merdeka Mengajar

Langkah Pembuatan dan Unggah Karya di Platform Merdeka Mengajar

INFO PENDIDIKAN – Langkah Pembuatan dan Unggah Karya di Platform Merdeka Mengajar

Sobat Pendidikan, pembuatan dan unggah karya merupakan sebuah hal yang harus diketahui oleh guru, baik langkah ataupun kriterianya. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa bukti karya adalah fitur dalam platform Merdeka Mengajar yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk para pendidik dan tenaga kependidikan.

Platform ini memungkinkan mereka untuk berbagi pengalaman, praktik baik, dan sumber daya pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Guru perlu memperhatikan beberapa kriteria dalam pembuatan dan unggah karya dalam Platform Merdeka Mengajar. Kriteria tersebut adalah sebagai berikut,

Pertama, jika Anda membuat karya berupa video, pastikan gambar dan suara dalam video dapat terlihat dan terdengar dengan jelas. Jika dalam video menampilkan wajah dan identitas murid, maka harus ada surat persetujuan dari wali murid terkait, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Kedua, isi karya video atau dokumen PDF yang diunggah ke Bukti Karya tidak boleh memuat unsur SARA, pornografi, ujaran kebencian, dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Ketiga, karya juga harus orisinal, bukan hasil plagiasi karya orang lain. Jika dalam video menggunakan musik atau gambar karya pihak lain, harap mencantumkan kredit. Sedangkan pada karya dokumen PDF, cantumkan daftar pustaka sebagai sumber referensi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 4 Pengkayaan Referensi Ide Karya

Selain kriteria diatas, Karya yang dapat dibuat oleh guru memiliki enam kategori, yaitu kepemimpinan sekolah, praktik pembelajaran, praktik baik, RPP/modul ajar, bahan ajar, dan kategori “lainnya” jika topik karya tidak termasuk dalam kategori yang tersedia.

  • Kategori pertama, kepemimpinan sekolah, merupakan karya dalam bentuk video yang menampilkan praktik baik dalam kepemimpinan dan pengembangan sekolah.
  • Kategori kedua, praktik pembelajaran, mencakup rekaman proses pembelajaran guru dengan murid di dalam kelas melalui tatap muka maupun jarak jauh, yang dapat dibuat dalam bentuk video maupun dokumen PDF.
  • Kategori ketiga, praktik baik, berisi praktik baik dalam pembelajaran atau pengembangan diri guru yang dapat menginspirasi guru lain, yang juga dapat dibuat dalam bentuk video maupun dokumen PDF.
  • Kategori keempat, RPP/modul ajar, mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat Pendidik untuk membantu pembelajaran di dalam kelas, yang hanya dapat dibuat dalam bentuk dokumen PDF.
  • Kategori kelima, bahan ajar, berisi topik pembelajaran yang diminati oleh murid dan/atau sulit dipahami oleh murid. Karya ini dapat dibuat dalam bentuk video maupun dokumen PDF.
  • Terakhir, kategori “lainnya” mencakup karya ilmiah, artikel atau buku, yang dapat dibuat dalam bentuk video maupun dokumen PDF.

Dalam hal ini, Bukti Karya memudahkan para pendidik dan tenaga kependidikan untuk berbagi pengalaman dan sumber daya pembelajaran yang bermanfaat.

Karya yang dibuat oleh guru dapat berupa karya video ataupun dokumen. Berikut adalah tahapan pembuatan karya video menggunakan platform Merdeka Mengajar:

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Numerasi dalam Pembelajaran

1. Tentukan kategori karya

Sebelum membuat video, tentukan terlebih dahulu kategori karya yang ingin dibuat. Kategori karya yang tersedia di Merdeka Mengajar antara lain Bahan Ajar, Praktik Pembelajaran, Praktik Baik, Kepemimpinan Sekolah, atau Karya Lainnya. Dengan menentukan kategori karya, Anda dapat memfokuskan ide dan konsep karya Anda.

2. Rekam video pembelajaran

Setelah menentukan kategori karya, mulailah merekam video pembelajaran. Pastikan bahwa video yang direkam sesuai dengan kriteria dan ketentuan Bukti Karya Merdeka Mengajar. Gunakan kamera atau perangkat lain yang dapat merekam video dengan baik dan jelas. Selain itu, pastikan bahwa audio pada video dapat didengar dengan baik dan jelas.

3. Unggah video ke channel YouTube Anda

Setelah merekam video, langkah selanjutnya adalah mengunggah video ke channel YouTube Anda. Pastikan bahwa video yang diunggah memiliki kualitas yang baik dan memenuhi syarat dan ketentuan Bukti Karya Merdeka Mengajar. Dengan mengunggah video ke YouTube, karya Anda akan dapat diakses oleh orang lain di seluruh dunia.

4. Hubungkan akun YouTube Anda ke platform Merdeka Mengajar

Sebelum mengimpor/menyimpan karya video ke Bukti Karya Merdeka Mengajar, pastikan bahwa akun YouTube Anda sudah terhubung dengan platform Merdeka Mengajar. Dengan menghubungkan akun YouTube Anda ke Merdeka Mengajar, proses impor/menyimpan karya video menjadi lebih mudah dan lancar.

5. Simpan video ke Bukti Karya

Setelah akun YouTube terhubung dengan platform Merdeka Mengajar, Anda dapat menyimpan/mengimpor karya video ke Bukti Karya Merdeka Mengajar. Pastikan untuk melengkapi rincian video seperti judul, deskripsi, dan kategori sebelum menyimpan video. Sebagai informasi tambahan, perlu diketahui bahwa Anda tidak dapat mengimpor lebih dari satu video sekaligus.

Baca Juga :  Wajibkah Guru Memiliki Sertifikat Pelatihan Mandiri di PMM

Adapun tahapan pembuatan karya dalam bentuk dokumen (PDF) menggunakan platform Merdeka Mengajar adalah sebagai berikut,

1. Tentukan kategori karya

Pilihan kategori untuk karya dokumen (PDF) yang bisa Anda buat saat ini adalah:

  • Bahan Ajar
  • Praktik Pembelajaran
  • RPP/Modul Ajar
  • Praktik Baik
  • Karya Lainnya

2. Kreasikan karya dalam bentuk dokumen tertulis

Anda dapat menuliskan karya menggunakan aplikasi seperti Google Workspace (Google Docs, Google Slide, dll), aplikasi word-processing (Word, Pages, dll.), atau aplikasi lain di perangkat komputer Anda. Kemudian, pastikan Anda mengubah dokumen tersebut ke dalam format PDF sebelum mengunggahnya ke Bukti Karya. Selain itu, pastikan karya yang Anda buat, termasuk dalam kriteria dan ketentuan Bukti Karya.

3. Unggah karya dokumen (PDF) ke Bukti Karya

Silakan unggah karya dokumen (PDF) Anda ke Bukti Karya yang terdapat dalam platform merdeka mengajar.

Demikian penjelasan mengenai langkah pembuatan dan unggah karya di Platform Merdeka Mengajar.

Demikian informasi “Langkah Pembuatan dan Unggah Karya di Platform Merdeka Mengajar”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Langkah Pembuatan dan Unggah Karya di Platform Merdeka Mengajar” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

https://naikpangkat.com/

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *