Info Pendidikan Terbaru CPNS Lowongan CPNS 2023 Cuma Dibuka untuk Pemerintah Pusat

Lowongan CPNS 2023 Cuma Dibuka untuk Pemerintah Pusat

Lowongan CPNS 2023 Cuma Dibuka untuk Pemerintah Pusat

INFO PENDIDIKAN – Lowongan CPNS 2023 Cuma Dibuka untuk Pemerintah Pusat

Sobat Pendidikan, Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka tahun ini. Seleksi CPNS 2023 hanya dibuka untuk instansi pusat.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja. Aba mengatakan, formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dibuka tahun ini adalah CPNS dan Calon PPPK

“Tapi kalau untuk PNS itu hanya untuk instansi pusat PNS. Tapi untuk daerah itu masih PPPK, belum PNS,” kata Aba di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat

Aba menjelaskan, seleksi CPNS 2023 tidak dibuka untuk pemerintah daerah karena masih bisa diisi dengan formasi PPPK. Sedangkan, di instansi pusat ada sejumlah posisi yang harus diisi PNS.

“Kalau di pusat itu kenapa ada PNS? Karena ada beberapa jabatan yang basisinya harus PNS, kayak jaksa, intelijen, itu pun dilakukan secara terbatas karena sekarang fleksibilitas di dalam birokrasi kita itu tugas-tugasnya lebih fleksibel,” terangnya.

Baca Juga :  Surat Edaran MENPAN Pendataan Tenaga Honorer di Lingkungan Instansi Pemerintah

Sementara untuk PPPK, Aba mengatakan, lebih merujuk kepada para tenaga ahli. Adapun para PPPK ini tidak perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu karena telah memiliki keahlian di bidang masing-masing.

Sementara untuk seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) secara keseluruhan, saat ini prosesnya masih dalam tahap mengumpulkan formasi dari kementerian dan lembaga (K/L) dan pemerintah daerah hingga batas waktu 30 April 2023.

Baca Juga :  PERMENPAN RB NOMOR 27 TAHUN 2021 TENTANG PENGADAAN PNS PEGAWAI NEGERI SIPIL

“Nah nanti kita akan lihat kalau instrumennya sudah lengkap. Validitas datanya sudah bagus, baru kita umumkan (seleksi CASN),” kata Aba.

“Jadi kalau ada instansi yang setelah 30 April dia tidak input ke e-formasi kita, maka dianggap dia tidak akan melaksanakan proses pengadaan 2023,” tambahnya.

Demikian informasi “Lowongan CPNS 2023 Cuma Dibuka untuk Pemerintah Pusat”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Lowongan CPNS 2023 Cuma Dibuka untuk Pemerintah Pusat” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

https://www.detik.com/

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *