Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Manfaat Guru Mengoptimalisasi Penggunaan Platform Merdeka Mengajar

Manfaat Guru Mengoptimalisasi Penggunaan Platform Merdeka Mengajar

Manfaat Guru Mengoptimalisasi Penggunaan Platform Merdeka Mengajar

INFO PENDIDIKAN – Manfaat Guru Mengoptimalisasi Penggunaan Platform Merdeka Mengajar

Sobat Pendidikan, Manfaat Platform Merdeka Mengajar ini hadir guna menjadi panduan bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Platform Merdeka Mengajar merupakan sebuah platform guna menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi dan juga pemahaman mengenai Kurikulum Merdeka.

Berikut ini manfaat yang diperoleh guru saat telah mampu mengoptimalisasikan penggunaan platform merdeka mengajar, yaitu:

1. Meningkatkan Kompetensi

Melalui berbagai fitur Platform Merdeka mengajar yang ada, dapat memudahkan guru- guru dalam meningkatkan kompetensinya.

Salah satunya melalui Pelatihan Mandiri, dalam fitur itu guru- guru bisa memilih kompetensi apa yang ingin mereka tingkatkan.

2. Menambah Inspirasi

Manfaat  platform merdeka mengajar ini yaitu dapat menambah inspirasi. Fitur- fitur di Merdeka Mengajar ini meningkatkan inspirasi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Numerasi dalam Pembelajaran

Yang  tersedia di dalam fitur Temu Karya. Dimana dalam fitur ini dapat dimanfaatkan guru untuk membagikan produk pembelajaran yang digunakan di ruang kelas. Dapat meniru atau memodifikasi karya guru lain di Indonesia yang tersedia di fitur tersebut.

3. Kaya Akan Kegiatan

Dengan mengambil inspirasi dari platform merdeka mengajar tersebut, menjadikan guru- guru dapat mengkreasikan berbagai model atau strategi pembelajaran yang baru.

Sehingga bukan hanya siswa saja, guru juga dapat belajar hal baru yang sebelumnya belum guru coba dalam kegiatannya.

4. Kelas Senang

Manfaat terakhir yang dirasakan guru adalah melihat bahwa siswa di kelasnya merasa  senang dengan pembelajaran yang didapat dari Merdeka Mengajar. Karya-karya yang dihasilkan di kelas bisa menjadi portofolio guru maupun siswa.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat paltfrom merdeka mengajar yang diperoleh guru, berikut ini beberapa fitur yang tersedia dalam Platform Merdeka Mengajar yang perlu guru ketahui.

Belajar Kurikulum Merdeka

Pada bagian Belajar Kurikulum Merdeka, Anda bisa menemukan menu:

Tentang Kurikulum Merdeka, yang berisi informasi pengenalan prinsip dasar dan konsep pembelajaran paradigma baru yang berpusat pada murid, serta informasi penerapan kurikulum dengan mempelajari profil pelajar pancasila dan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, yang ng berisi kumpulan materi tentang Kurikulum Merdeka yang bisa Anda pelajari secara mandiri melalui Pelatihan Mandiri.

Kegiatan Belajar Mengajar 

Pada bagian Kegiatan Belajar Mengajar, Anda bisa menemukan menu:

Asesmen Murid, yang berisi kumpulan paket soal asesmen diagnostik berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu, untuk membantu Anda mendapatkan informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid.

Perangkat Ajar, yang memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar Anda, seperti bahan ajar, modul ajar, modul projek, atau buku teks.

Pengembangan Diri

Pada bagian Pengembangan Diri, Anda bisa menemukan menu:

Pelatihan Mandiri, yang memuat berbagai materi pelatihan yang dibuat singkat, agar Anda bisa melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 1 Mengenal Rapor Pendidikan Pada PMM

Komunitas, yang berisi berbagai macam komunitas belajar di seluruh Indonesia dan dapat digunakan guru untuk berbagi praktik baik dan sarana belajar juga diskusi bersama dengan guru lainnya.

Mencari dan Berbagi Inspirasi 

Pada bagian Mencari dan Berbagi Inspirasi, Anda bisa menemukan menu:

Video Inspirasi, yang berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli, sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai tenaga pendidik.

Bukti Karya, yang berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya Anda untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah.

Kumpulan Konten Unggulan, yang berisi konten-konten yang bisa menginspirasi Anda untuk menunjang profesi sebagai pendidik.

Demikian informasi “Manfaat Guru Mengoptimalisasi Penggunaan Platform Merdeka Mengajar”.

https://naikpangkat.com/

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Manfaat Guru Mengoptimalisasi Penggunaan Platform Merdeka Mengajar” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *