Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Materi MPLS SMP SMA Tahun Pelajaran 2021/2022

Materi MPLS SMP SMA Tahun Pelajaran 2021/2022

Materi MPLS SMP SMA Tahun Pelajaran 2021/2022

INFO PENDIDIKAN – Materi MPLS SMP SMA Tahun Pelajaran 2021/2022

Tahun Ajaran 2021-2022 akan segera dimulai dengan kondisi yang sangat berberda dari tahun-tahun sebelumnya, jika sebelumnya pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Sekolah (MOS) dapat dilakukan secara tatap muka di tahun pelajaran 2021/2022 ini kegiatan MPLS/MOS akan di selenggarakan secara Daring sesuai dengan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun 2021-2022 yang sudah mimin ulas di postingan sebelumna

Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas bahwa pada tahun ajaran 2021-2022 kegiatan MPLS akan berbeda suasananya dengan kegiatan MPLS di tahun-tahun sebelumnya karena kondisi Negara Indonesia saat ini masih dalam kategori Darurat Covid-19 yang artinya kegiatan MPLS akan di selenggarakan secara daring oleh pihak sekolah

Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2021-2022 harus disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi saat ini, selain itu materi MPLS juga harus bersifat edukatif yang penyampaiannya dikemas dengan semenarik mungkin agar siswa baru tidak merasa bosan dan jenuh saat mengikuti kegiatan MPLS di sekolah

Materi-materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang bersifat edukatif diantaranya adalah sebagai berikut

1. Wawasan Wiyata Mandala

Pada kegiatan MPLS nanti peserta didik akan diberikan pengetahuan tentang arti dan makna dari wawasan wiyata mandala dan juga unsur-unsur yang ada pada wiyata mandala.

Selain itu peserta didik juga akan diberikan cara penanggulangan masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekolah serta menindak lanjuti siswa yang melanggar aturan-aturan yang sudah di tetapkan di sekolah

2. Kepramukaan

Pada kegiatan MPLS peserta didik akan dikenalkan secara luas dan mendalam tentang pentingnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan yang ada di sekolah.

Kegiatan Kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

kegiatan Pramuka akan membentuk peserta didik menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.

3. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Pada kegiatan MPLS nanti peserta didik akan diberi pemahaman akan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara karena akhir-akhir ini pengaruh globalisasi akan menjadikan generasi muda lebih mementingkan diri sendiri dan kelompoknya daripada mementingkan kepentingan bangsa dan negara.

Oleh karena itu kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan sikap kita yang harus sesuai dengan kepribadian bangsa yang selalu dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsanya.

4. Belajar Efektif

Pada tahap ini peserta didik akan diberikan materi tentang bagaimana melakukan belajar yang baik, sehingga dengan adanya pemahaman dan metode ini peserta didik baru akan lebih mudah mencapai tujuan belajar.

Selain itu, peserta didik juga akan mendapatkan metode belajar yang efektif dan menyenangkan agar mereka tidak cepat bosan dalam belajar, untuk mencapai belajar yang efektif tentu saja dalam proses belajarnya harus dilakukan dengan baik dan benar.

5. Pendidikan Karakter

Peserta MPLS akan di berikan wawasan dan materi tentang Pentingnya Pendidikan Karakter, karena dengan Penguatan pendidikan moral dan Pendidikan Karakter di sekolah sangatlah relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas.

Penguatan Pendidikan karakter adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental.

6. Tata Krama Siswa

Selain mendapatkan materi peserta MPLS akan di berikan pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya memiliki tata krama dan sopan santun baik terhadap sesama teman, kerabat, guru bahkan orang tua

Pengenalan tata krama kepada peserta didik baru adalah untuk menegakkan kembali tata krama peserta didik yang sudah mulai memudar dan luntur.

Peserta didik akan dikenalkan jenis-jenis tata krama dan contoh tata krama dalam kehidupan mereka sehari-hari, baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

7. Pengenalan Kurikulum 2013

Dalam kegiatan MPLS yang singkat ini peserta didik akan mendapatkan penjelasan tentang Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum baru yang materinya tidak sama dengan kurikulum sebelumnya, Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah di semua jenjang satuan pendidikan.

Penjelasan mengenai Kurikulum 2013 dipandang perlu disampaikan karena dalam kurikulum 2013 terdapat perubahan mengenai materi pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, ada beberapa materi yang telah dirampingkan dan ada juga yang ditambahkan.

8. Pembinaan Mental

Peserta didik yang mengikuti kegiatan MPLS akan di berikan pengetahuan dan binaan mental agama yang harus di kuasai oleh peserta didik

Pada usia remaja, ditinjau dari aspek ideas and mental growth, kekritisan dalam merangkum pemikiran-pemikiran keagamaan mulai muncul, kekritisan yang dimaksud bisa berupa kejenuhan atau kebosanan dalam mengikuti uraian-uraian yang disampaikan guru Agama di sekolah apalagi jika metodologi pengajaran yang disampaikan cenderung monoton dan berbau indoktrinasi.

Unduh Materi MPLS PTM Terbatas

Untuk mempersiapkan pelaksanaan MPLS tahun ajaran 2021-2022 nanti, silahkan rekan-rekan ruang pendidikan unduh dan pelajari materi-materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tautan berikut :

    • Materi MPLS Wawasan Wiyata Mandala MATERI
    • Materi MPLS Kepramukaan, File
    • Materi MPLS Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, MATERI
    • Materi MPLS Cara Belajar Efektif, MATERI
    • Materi MPLS Pendidikan Karakter, MATERI
    • Materi MPLS Tata Krama, MATERI
    • Materi MPLS Pengenalan Kurikulum, MATERI

Demikian informasi “Materi MPLS SMP SMA Tahun Pelajaran 2021/2022″

Baca Juga : Info PERANGKAT PEMBELAJARAN — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Materi MPLS SMP SMA Tahun Pelajaran 2021/2022” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

4 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *