Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini

INFO PENDIDIKAN – Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini

Pentingnya Bermain

Bermain merupakan kebutuhan bagi setiap anak karena pada dasarnya setiap anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Di mana pun, dalam kondisi apa pun, anak akan berusaha mencari sesuatu untuk dapat dijadikan mainan. Anak-anak selalu bermain dengan riang, melalui bermain anak akan merasa rileks. Tertawa, teriakan, sorakan, ekspresi wajah yang ceria selalu mengiringi suasana anak bermain.

Bermain mampu menyegarkan dan mengembangkan kognitif melalui kreativitas, memecahkan masalah, menguasai konsep-konsep baru. Bermain juga baik untuk membangun kepercayaan diri anak, menumbuhkan kemauan berbagi, dan mengontrol fisik, menguji ketahanan fisik, melatih otot-otot tangan, dan menghasilkan gerakan baru.

Baca Juga :  Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Bermain Bahasa Di Rumah

Bermain dapat melatih konsentrasi, membantu ketekunan, dan belajar mengambil risiko. Bermain juga dapat meningkatkan kemampuan bercerita, menambah kosa kata, dan belajar berkolaborasi secara aktif dengan orang lain.

Kebutuhan akan permainan dan bermain sangatlah mutlak bagi perkembangan anak. Lingkungan dan orang dewasa, dalam hal ini orang tua ataupun pendidik perlu memfasilitasi kebutuhan anak dengan menyediakan berbagai permainan yang dapat mendukung perkembangan anak. Tentu saja permainan dan alat bermainnya tersebut bukanlah suatu yang harus bernilai ekonomi tinggi, tetapi dapat memanfaatkan apa pun yang ada di sekitar anak. Intinya, bermain adalah belajar, dan belajar adalah bermain. Bermain yang menyenangkan dapat merangsang anak untuk melakukan eksplorasi dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitarnya (happy learning). Dengan demikian, anak dapat menemukan pengetahuan dari benda-benda yang dimainkannya sebagai alat mainnya.

Baca Juga :  Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pengasuhan Positif

Apa Itu Alat Main?

Alat main diartikan sebagai segala benda yang berfungsi sebagai alat untuk bermain anak yang aman, tidak beracun, dan tidak membahayakan keselamatan anak serta mudah dijangkau anak sehingga anak dapat melakukannya sendiri. Benda-benda tersebut dapat ditemukan di sekitar rumah yang dapat dilihat langsung, dipegang, dan diraba, digoyang-goyang, digelindingkan, diputar-putar, dibunyikan, dan dibuat berbagai bentuk oleh anak.

Demikian informasi “Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini”

Baca Juga :  Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Bermain Seni Kriya

Sumber : https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini:

Download File Modul PJJ Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

11 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *