Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

INFO PENDIDIKAN – Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang mendukung anak dalam proses belajar. RPP berisi langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh guru agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik.

Rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun harus mengacu kepada karakteristik seperti usia, kemampuan, dan kebutuhan setiap anak. Apabila rencana disesuaikan dengan karakteristik setiap anak, dapat dipastikan proses pembelajaran akan menarik minat anak dan membantu meningkatkan seluruh aspek perkembangannya.

Tentu saja RPP yang disusun guru selama masa pandemi Covid-19 dirancang sangat sederhana berbeda dengan RPP yang dirancang untuk situasi normal ketika anak datang ke Satuan PAUD.

RPP belajar di rumah cukup berisi kegiatan-kegiatan bermain yang memberikan pengalaman belajar bermakna bagi anak tanpa terbebani tuntutan untuk menuntaskan capaian pembelajaran sebagaimana tertuang di dalam kurikulum. Kegiatan bermain yang disusun hendaklah juga bervariasi sesuai dengan minat dan kebutuhan anak masing-masing serta difokuskan pada keterampilan hidup yang membiasakan hidup sehat sehingga terlindungi dari virus.

Baca Juga :  Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini

Perencanaan merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh guru. Dengan demikian, guru yang bertanggung jawab pada setiap rombongan belajar (rombel) atau guru yang ditunjuk menjadi wali kelas pada kelompok usia tertentu. Misalnya, bila guru adalah wali kelas kelompok usia 4 sampai dengan 5 tahun, guru wajib menyusun rencana untuk murid-murid di rombel tersebut.

Bilamana di dalam satu rombel dibimbing oleh 2 (dua) orang guru, yang menjadi guru inti menyusun rencana dibantu oleh guru pendamping. Guru inti dan guru pendamping dapat berkomunikasi melalui media sosial, seperti SMS dan Whatsapp untuk berdiskusi tentang perencanaan. Namun, bilamana tidak ada media sosial, guru inti yang bertanggung jawab menyusun RPP.

Rencana pembelajaran yang disusun guru akan membantu mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Rencana yang disusun oleh guru juga dapat memandu orang tua dalam menyiapkan alat dan bahan main atau media bermain dan mendampingi anaknya selama beraktivitas di rumah. Orang tua tentu saja dapat memberikan saran atau masukan kepada guru tentang kegiatan main atau bahan dan alat main yang diperlukan, mengingat orang tua lebih mengetahui minat dan kemampuan anaknya masing-masing.

Baca Juga :  Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Bermain Bahasa Di Rumah

Berikut manfaat perencanaan yang disusun guru:

  1. Mengembangkan enam aspek perkembangan anak, yakni perkembangan nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni.
  2. Mendukung pencapaian kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kompetensi inti adalah gambaran capaian standar tingkat pencapaian perkembangan anak pada akhir layanan PAUD, yaitu usia 6 tahun, sedangkan kompetensi dasar adalah gambaran tingkat kemampuan anak dalam konteks tema, muatan pembelajaran, dan pengalaman sehari-hari, yang berdasarkan pada kompetensi inti.
  3. Mendukung pencapaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang perlu dimiliki anak.
  4. Mendukung pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan sehingga mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.
  5. Mengarahkan orang tua dalam menyiapkan alat dan bahan main yang diperlukan sesuai dengan kondisi pada setiap orang tua di rumah.
Baca Juga :  Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Bermain Seni Kriya

Demikian informasi “Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran”

Sumber : https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran:

Download File Modul PJJ Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

9 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *