Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis

Photo of author

By Putu Atmaka

Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis

INFO PENDIDIKAN – Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis

Penilaian hasil belajar peserta didik dapat dilakukan oleh pemerintah, satuan pendidikan, dan pendidik. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah biasanya dilakukan dalam bentuk tes terstandar baik dalam penyiapan bahan tes, pelaksanaan tes, maupun analisis dan pemanfaatan hasil tes. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah umumnya mengukur ketercapaian hasil belajar aspek pengetahuan dan menggunakan bentuk soal yang secara teknis mudah untuk dilakukan penskoran misalnya bentuk soal pilihan ganda.

Oleh karena itu, penilaian hasil belajar yang dilakukan pemerintah belum mewakili seluruh aspek yang dimiliki peserta didik yakni aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, penggunaan bentuk soal pilihan ganda belum maksimal menggali kemampuan mendalam dan kemampuan mengungkapkan pengetahuan peserta didik.

Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru – Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis

Mekanisme penilaian hasil belajar oleh pendidik meliputi:

  1. Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus. Dalam hal ini, termasuk penentuan bentuk penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum.
  2. Penyusunan instrumen penilaian mengikuti langkah-langkah pengembangan instrumen yang standar yaitu menentukan tujuan, menyusun kisi-kisi, menyusun soal, analisis kualitatif, uji coba, dan analisis kuantitatif.
  3. Perakitan butir soal yang akan digunakan dalam penilaian sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
  4. Pelaksanaan penilaian oleh pendidik dan hasilnya ditafsirkan sebagai bahan laporan.
  5. Hasil penilaian pencapaian pengetahuan peserta didik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi.

Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru – Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis

Buku ini berisi panduan bagi pendidik dalam melakukan penilaian tertulis sehingga pendidik dapat lebih mudah melaksanakan proses penilaian dan dapat lebih memfokuskan bentuk tes yang lebih otentik dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti bentuk tes uraian.

Isi panduan ini disusun secara praktis dengan mengaitkan teori dan konsep -konsep penilaian tertulis yang diimplementasikan pada konteks kehidupan sehari-hari.

Demikian informasi “Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis”

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Selengkapnya, Unduh Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis di bawah ini :

Download File Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Tinggalkan komentar