Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022

Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022

Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022

INFO PENDIDIKAN – Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022

Sobat Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menetapkan KMA (Keputusan Menteri Agama) Republik Indonesia dengan Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah

Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah merupakan acuan bagi Madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan di madrasah sesuai karakteristik kebutuhan dan pengelolaan pendidikan di Madrasah

Pada Tahun sebelumnya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan beberapa Keputusan Menteri Agama (KMA) diantaranya KMA Nomor 792 Tahun 2018 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal, KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah, dan KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah, memberikan ruang pada madrasah untuk melakukan kreasi dan inovasi dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran.

Baca Juga :  Modul 5 Jawaban Post Test Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sejalan dengan hal tersebut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah meluncurkan Kurikulum Merdeka yang akan diberlakukan mulai tahun pelajaran 2022/2023. Konsep dari kurikulum merdeka antara lain adanya penyederhanaan kurikulum, memberi ruang kreasi dan fleksibilitas satuan pendidikan dalam pengelolaan pembelajaran.

Dengan adanya perubahan paradigma pembelajaran abad-21 serta perkembangan dunia yang sangat dinamis dan tidak menentu, maka diperlukan pola baru dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran pada madrasah.

Madrasah harus senantiasa melakukan perubahan dan perbaikan berkelanjutan, berani melakukan inovasi atau terobosan baru, serta memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal untuk meningkatkan mutu layanan kepada seluruh warga madrasah

Baca Juga :  Modul 1 Jawaban Cerita Reflektif Disiplin Positif

Madrasah harus memiliki otonomi dalam mengelola pendidikan dan kemandirian dalam berkreasi, berinovasi, menciptakan layanan yang humanis, ramah, serta adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh karena itu Kementerian Agama RI senantiasa mendorong dan memberi ruang yang seluas-luasnya kepada madrasah dalam mengembangkan kurikulum operasional pada tingkat satuan pendidikan, sesuai potensi dan kekhasan madrasah.

Ruang lingkup pedoman implementasi kurikulum merdeka pada madrasah meliputi:

  • Standar Kelulusan
  • Standar Isi
  • Struktur Kurikulum
  • Implementasi Kurikulum di Madrasah
  • Pembelajaran dan Asesmen
  • Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Kurikulum Operasional Madrasah
  • Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Madrasah
  • Sosialisasi dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah
  • Capaian Pembelajaran
Baca Juga :  Modul 3 Jawaban Cerita Reflektif Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid

Demikian informasi “Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022″

Baca Juga : Info Karir Guru — DISINI

Selangkapnya, Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022 dapat diunduh di bawah ini :

Download File Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *