Pembelajaran IPA di SD

Pembelajaran IPA di SD

InfoASN.id – Pembelajaran IPA di SD

Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan IPA adalah ilmu yang membahas tentang fakta dan gejala alam, selain itu IPA juga berhubungan dengan cara mencari tau tentang alam melalui tahapan yang sistematis. Sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan yang berupa fakta, konsep dan juga prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses ilmiah untuk menemukan (KTSP Standar Isi 2006).

Menurut Permendiknas no 22 tahun 2006, menyatakan bahwa, Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk menpelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetansi agar menjelajahi dan memahami alam secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Ditingkat SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran salingtemas (sains, limgkungan, teknologi, dan masyarakat) yang diharapkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.Ilmu Pengetahuan Alam diperlukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhannya melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasi.

Pembelajaran IPA di SD hendaknya membuka kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu anak didik secara alamiah. Ini akan membantu mereka mengembangkan kemampuan untuk bertanya dan mencari jawaban berdasarkan bukti serta mengembangkan cara berfikir bebas. Fokus program pengajaran IPA di SD hendaknya ditujukan unutk memupuk pengertian, minat dan penghargaan anak didik terhadap dunia dimana mereka hidup (Sumaji, dkk 1998:34). Sehingga dengan adanya pendidikan IPA di SD, peserta didik dapat menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pemberian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung melalui pengembangan dan penggunaan keterampilan proses dan sikap secara ilmiah.

Pembelajaran IPA secara khusus seperti sebagaimana secara umum yang termasuk dalam taksonomi Bloom bahwa: Diharapkan dapat memberikan pengetahuan (kognitif), yang merupakan tujuan utama dalam pembelajaran. Jenis pengetahuan yang dimaksud adalah pengetahuan dasar dari prinsip dan konsep yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Pengetahuan secara garis besar tentang fakta yang ada di alam untuk dapat memahami dan memperdalam lebih lanjut, dan melihat adanya keterangan serta keteraturannya. Disamping hal itu pembelajaran sains diharapkan pula memberikan keterampilan, kemampuan sikap ilmiah, pemahaman, kebiasaan dan apresiasi. Di dalam mencari jawaban dari suatunpermasalahan. Karena ciri-ciri tersebut yang membedakan dengan pembelajaran lainnya ( Trianto, 2014:143).

Dalam Sekolah Dasar, pembelajaran IPA sebagai disiplin ilmu yang penerapannya di masyarakat membuat pelajaran IPA menjadi penting. Dalam pembelajarannya harus mengetahui bagaimanakah cara yangtepat untuk menyampaikan pelajaran IPA. Struktur kognitif anak tidak boleh dibandingkan dengan struktur kognitif para ilmuan, sehingga anak-anak harus diberikan keterampilan-keterampilan proses belajar IPA dengan memperhatikan tahap perkembangan kognitif anak usia Sekolah Dasar.

Demikian informasi “Pembelajaran IPA di SD”

Baca Juga : Perangkat Pembelajaran Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Pembelajaran IPA di SD” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *