Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Pembuatan Aksi Nyata untuk Bukti Karya dalam Platform Merdeka Mengajar

Pembuatan Aksi Nyata untuk Bukti Karya dalam Platform Merdeka Mengajar

Pembuatan Aksi Nyata untuk Bukti Karya dalam Platform Merdeka Mengajar

INFO PENDIDIKAN – Pembuatan Aksi Nyata untuk Bukti Karya dalam Platform Merdeka Mengajar

Sobat Pendidikan, Aksi Nyata untuk Bukti Karya sangat penting dalam Pelatihan Mandiri karena dapat mengukur sejauh mana Anda telah memahami topik dan seberapa jauh Anda dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata. Aksi Nyata juga dapat membantu guru untuk lebih memahami kekuatan dan kelemahan dalam kemampuan Anda dalam menerapkan konsep-konsep baru.

Merdeka Mengajar adalah platform yang didedikasikan untuk membantu guru di Indonesia untuk memperbaiki kualitas pendidikan di negara ini. Di Merdeka Mengajar, para guru dapat mempublikasikan karya-karya mereka dan berbagi pengalaman dengan rekan-rekan mereka di seluruh Indonesia. Selain itu, platform ini juga memberikan banyak kesempatan untuk guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dan mengembangkan diri dalam bidang pendidikan.

Aksi Nyata ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru sebagai implementasi dari materi yang telah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh guru untuk membuat Aksi Nyata untuk bukti karya dalam platform Merdeka Mengajar:

1. Selesaikan modul dan post tes topik pelatihan mandiri terlebih dahulu.

Modul dan post tes yang disediakan dalam Pelatihan Mandiri harus diselesaikan terlebih dahulu agar guru memahami materi dengan baik. Setelah itu, guru dapat memilih salah satu topik Aksi Nyata yang telah disiapkan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 3 Praktik Coaching

2. Pilih salah satu Aksi Nyata yang telah disiapkan untuk menentukan kegiatan yang ingin dilakukan.

Dalam platform Merdeka Mengajar, terdapat beberapa topik Aksi Nyata yang disiapkan untuk guru. Guru dapat memilih salah satu topik yang sesuai dengan bidang dan minat mereka. Setelah memilih topik yang diinginkan, guru dapat menentukan kegiatan yang ingin dilakukan.

3. Praktikan Aksi Nyata yang dipilih sesuai dengan ketentuan.

Guru harus mempraktikkan Aksi Nyata sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam panduan. Hal ini bertujuan agar kegiatan yang dilakukan dapat dijadikan sebagai bukti karya yang valid.

4. Tuangkan aktivitas Aksi Nyata yang anda lakukan ke dokumen tertulis dalam format PDF (maksimal 10 MB).

Setelah selesai melakukan kegiatan Aksi Nyata, guru harus menuliskan aktivitas yang dilakukan ke dalam dokumen tertulis dalam format PDF. Dokumen ini akan menjadi bukti karya yang akan diunggah ke platform Merdeka Mengajar.

5. Unggah lembar Aksi Nyata ke platform Merdeka Mengajar sebagai bukti telah menyelesaikan Aksi Nyata.

Langkah terakhir adalah mengunggah dokumen Aksi Nyata untuk bukti karya ke platform Merdeka Mengajar sebagai bukti telah menyelesaikan Aksi Nyata. Dokumen yang diunggah akan diverifikasi oleh tim platform Merdeka Mengajar sebelum guru dapat mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 1 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu hasil validasi dari tim platform Merdeka Mengajar. Jika Aksi Nyata Anda dinyatakan lulus validasi, Anda akan mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri dengan nilai sekitar 30 JP. Sertifikat ini dapat diunduh langsung dari halaman Pelatihan Mandiri di platform Merdeka Mengajar.

Namun, jika Aksi Nyata Anda tidak lulus validasi, jangan khawatir karena Anda dapat merevisi Aksi Nyata Anda dan mengunggah kembali untuk divalidasi. Pastikan Anda melakukan revisi dengan benar dan memperbaiki kesalahan yang telah ditemukan sebelumnya.

Berikut adalah tips agar lulus validasi Aksi Nyata:

  1. Perhatikan panduan dan ketentuan yang tertera pada tiap topik Aksi Nyata yang Anda pilih. Pastikan bahwa aktivitas yang Anda lakukan sesuai dengan topik yang dipilih dan tidak melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan.
  2. Lakukan Aksi Nyata secara mandiri dan bukan hasil plagiasi atau kemiripan dari Aksi Nyata milik rekan guru lain. Jika terdapat kerja sama dengan rekan sejawat, jangan lupa untuk mencantumkan apa yang telah Anda lakukan dan refleksi pembelajaran secara personal.
  3. Sertakan dokumentasi yang memadai dalam dokumen Aksi Nyata. Dokumentasi dapat berupa gambar, video, atau catatan tertulis yang mencerminkan kegiatan Aksi Nyata yang dilakukan.
  4. Refleksikan pembelajaran pribadi dari Aksi Nyata yang dilakukan secara jujur dan mendalam. Pada bagian refleksi, sebaiknya cantumkan bagaimana Aksi Nyata tersebut mempengaruhi Anda sebagai pendidik dan bagaimana pengalaman tersebut dapat diterapkan pada masa depan.
  5. Menerima umpan balik dari objek Aksi Nyata yang dilakukan, seperti siswa atau kolega, dan mencantumkannya dalam dokumen Aksi Nyata. Umpan balik ini dapat menunjukkan keberhasilan Aksi Nyata atau memberikan masukan untuk perbaikan di masa depan.
Baca Juga :  Contoh Laporan Tugas Tambahan Sebagai Penelaah Modul Ajar Untuk Bukti Dukung Perencanaan Pengelolaan Kinerja di PMM

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Aksi Nyata yang dilakukan dapat lulus validasi dan memberikan manfaat yang positif bagi perkembangan dunia pendidikan.

Melalui Aksi Nyata, guru dapat mengimplementasikan teori yang telah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri. Hal ini akan membantu guru dalam meningkatkan kompetensinya dan memberikan dampak positif pada pembelajaran di kelas.

Oleh karena itu, sebaiknya guru mengikuti setiap langkah dengan teliti agar dapat menyelesaikan Aksi Nyata dengan baik dan mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri yang valid.

Demikian informasi “Pembuatan Aksi Nyata untuk Bukti Karya dalam Platform Merdeka Mengajar”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Pembuatan Aksi Nyata untuk Bukti Karya dalam Platform Merdeka Mengajar” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

https://naikpangkat.com/

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *