Info Pendidikan Terbaru News Pemerintah Tetapkan Batas Usia Pensiun PNS dan PPPK

Pemerintah Tetapkan Batas Usia Pensiun PNS dan PPPK

Pemerintah Tetapkan Batas Usia Pensiun PNS dan PPPK

INFO PENDIDIKAN – Pemerintah Tetapkan Batas Usia Pensiun PNS dan PPPK

Sobat Pendidikan, Awalnya pemerintah telah menetapkan batas usia pensiun PNS yaitu pada usia 60 tahun dan saat ini di tahun 2023 aturan tersebut mengalami perubahan, setelah Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan keputusan terbaru.

Berkaitan dengan hal tersebut, batasan dari usia pensiun para PNS tergantung pada masing-masing jabatan yang sedang didudukinya.

PNS sendiri merupakan Pwgawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah secara tetap diangkat oleh pejabata Pembina Kepegawaian untuk menduduki jabatan yang ada di pemerintahan. Sedangkan itu, PPPK sendiri merupakan warga negara Indonesia yang diangkat oleh pemerintah berdasarkan perjanjian kerja dalam kurun waktu tertentu.

Adanya perbedaan antara PPPK dan PNS maka hal tersebut membuat usia pensiun kedua golongan ini juga mengalami perbedaan.

Ketentuan peraturan batas usia pensiun PNS telah tertuang di dalam Surat Kepala BKN No: K.26-30/V.119-2/99 tentang batas usia untuk PNS yang memegang Jabatan Fungsional yang telah diterbitkan pada tanggal 3 Oktober tahun 2017 lalu.

Di dalam surat tersebut BKN menyampaikan bahwa Pegawai Negeri Sipil yang telah memasuki masa usia pensiun PNS akan diberhentikan dengan secara hormat sebagai seorang PNS dengan batas usia pensiun minimal 58 tahun dan maksimal 65 tahun.

Berikut ini merupakan batas usia pensiun PNS secara lengkap yang telah ditetapkan oleh BKN yaitu sebagai berikut:

  1. Batas usia pensiun 58 tahun untuk PNS pejabat fungsional, pejabat administrasi, ahli pertama, pejabat fungsional ahli muda, dan pejabata fungsional keterampilan
  2. Batas usia pensiun 60 tahun untuk PNS pejabat fungsional madya dan pejabata pimpinan tinggi
  3. Batas usia pensiun 60 tahun untuk PNS yang memangku atau menduduki pejabat fungsional ahli utama

Selain itu, untuk masa usia pensiun PNS yang sedang menduduki Jabatan Fungsional yang telah ditentukan di dalam Undang-Undang, maka berlaku ketentuan sesuai dengan masa usia pensiun yang telah ditetapkan di dalam Undang-Undang yang bersangkutan.

Selanjutnya untuk PNS ynag telah memasuki usia atau berusia di atas 60 tahun dan tengah menduduki Jabatan Fungsional ahli madya, untuk batasan usia pensiun dari tetap 65 tahun.

Sementara itu untuk PNS yang telah memasuki usia di atas 58 tahun dan sedang menduduki jabatan fungsional ahli muda, penyelia dan ahli pertama sebelum PP tersebut mulai diberlakukan, maka untuk batasan usia pensiun dari PNS ditetapkan yaitu 60 tahun, dan batasan usia pensiunnya tetap 60 tahun.

Di dalam UU No 5 tahun 2014 menyebutkan bahwa PNS dilakukan pengangkatan sebagai pegawai ASN secara tetap oleh Pembina kepegawaian. Sedangkan untuk PPPK dilakukan pengangkatan sesuai dengan perjanjian kerja untuk kurun waktu tertentu.

Secara singkatnya PNS ini merupakan pegawai tetap sedangkan PPPK itu merupakan pegawai kontrak. Dengan begitu, masa kerja dari PPPK berdasarkan peerjanjian yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan minimal masa kerja satu tahun dan bisa dilakukan perpanjangan.

Sehingga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mempunyai jangka waktu tertentu di dalam melaksanakan pengabdiannya di instansi pemerintah.

Untuk batasan usia pensiun dari PPPK juga telah ditentukan berdasarkan dari perjanjian kerja yang telah ditetapkan oleh instansi tempatnya bekerja. Maka dari itu PPPK ini tidak mempunyai batasan usia pensiun karena masa kerjanya ditetapkan berdasarkan perjanjian kerja.

Jika telah berakhir perjanjian kerjanya, maka PPPK tidak bisa lagi bekerja di instansi pemerintah sampai terdapat perpanjangan kontrak dari pejabat pembina kepegawaian.

Demikian informasi “Pemerintah Tetapkan Batas Usia Pensiun PNS dan PPPK”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Pemerintah Tetapkan Batas Usia Pensiun PNS dan PPPK” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

https://naikpangkat.com/

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *