Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Pengantar dan Kuis Profil Belajar Siswa Beserta Jawabannya

Pengantar dan Kuis Profil Belajar Siswa Beserta Jawabannya

Pengantar dan Kuis Profil Belajar Siswa Beserta Jawabannya

INFO PENDIDIKAN – Pengantar dan Kuis Profil Belajar Siswa Beserta Jawabannya

Setelah Bapak / Ibu menyelesaikan Asesmen Formatif Desain Universal Untuk Pembelajaran, tahap berikutnya Bapak / Ibu akan mulai mempelajari Pengantar Profil Belajar Siswa.

Sebelum mengikuti aktivitas-aktivitas pada sesi ini, silakan mempelajari tujuan belajar, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi agar Anda fokus pada tujuan sesi ini dan berkomitmen menjalankan setiap aktivitas nanti.

A. Tujuan

Setelah mempelajari modul Sesi 2 ini, Anda diharapkan dapat mengidentifikasi ragam disabilitas peserta didik yang diduga memiliki hambatan belajar dengan baik dan mampu menyusun Profil Belajar Siswa (PBS) bagi peserta didik penyandang disabilitas di kelas/di sekolah masing-masing dengan baik.

B. Kompetensi Dasar

Memiliki pengetahuan dan pemahaman cara mengidentifikasi keberagaman peserta didik, terampil menyusun PBS bagi peserta didik yang diduga memiliki hambatan belajar.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

  • Memahami keberagaman peserta didik yang diduga memiliki hambatan belajar.
  • Memiliki pemahaman cara mengidentifikasi keberagaman peserta didik yang diduga memiliki hambatan belajar.
  • Terampil menyusun dan mengisi instrumen PBS.
  • Terampil menganalisis hasil PBS.
Baca Juga :  Soal Tugas Aktivitas 3 dan Refleksi Perencanaan Pembelajaran Beserta Jawabannya

Soal dan Jawaban Pengantar Profil Belajar Siswa

1. Apa yang Anda pahami mengenai disabilitas dan kebutuhan belajarnya?

Jawab : Disabilitas adalah seseorang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif.

Kebutuhan belajar dapat di identifikasi dengan cara mengamati aktifitas serta partisipasi Peserta Didik, dengan cara itu Guru akan mengetahui kebutuhan belajar yang kehendakinya.

2. Apa yang Anda ketahui tentang identifikasi kesulitan fungsional dan apa yang harus diperhatikan saat mengidentifikasi peserta didik di kelas?

Jawab : Identifikasi kesulitan fungsional adalah cara mengidentifikasi jenis kebutuhan khusus pada Peserta Didik, dimana paling banyak Peserta Didik mengalami kesulitan fungsional intelektual.

Baca Juga :  Soal dan Jawaban Asesmen Pasca Panduan Pembelajaran Untuk Guru

Penyandang kesulitan fungsional masih dinilai sebagai masalah sosial yang kebijakan pemenuhan haknya baru bersifat jaminan sosial, rehabilitasi sosial, bantuan sosial, dan peningkatan kesejahteraan sosial. Penyandang kesulitan fungsional seharusnya mendapatkan kesempatan yang sama dalam upaya mengembangkan dirinya melalui kemandirian sebagai manusia yang bermartabat.

3. Apakah Anda memiliki PBS di kelas atau sekolah?

Jawab : Di sekolah kami tidak memiliki PBS untuk Peserta Didik penyandang disabilitas.

Catatan : Jawaban diatas disesuaikan dengan kondisi Satuan Pendidikan masing-masing dan berdasarkan pemikiran individu guru.

Kuis Aktivitas 1 – Profil Belajar Siswa

1. Disabilitas fungsional adalah suatu hal yang menghambat atau mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas karena kondisi tertentu.

A. Benar

B. Salah

2. Beberapa contoh disabilitas fungsional adalah anak tidak dapat membaca ukuran tulisan “awas” atau sulit membaca tulisan di papan tulis, atau sulit berjalan dan menaiki tangga, atau sulit mengikuti aturan, atau sulit berteman.

Baca Juga :  Soal Asesmen Formatif – Desain Universal untuk Pembelajaran dan Jawabannya

A. Benar

B. Salah

3. Kesulitan menggunakan tangan dan jari, seperti mengambil benda kecil,menekan tombol dan membuka tutup botol merupakan disabilitas fungsional motorik halus.

A. Benar

B. Salah

4. Kesulitan membaca termasuk kesadaran fonemik, mengeja, menulis, dan mengucapkan kata-kata merupakan beberapa ciri dari disgrafia.

A. Benar

B. Salah

5. Kesulitan fungsi pikir secara umum termasuk aspek akademik seperti mengenali, mengingat, mengetahui, memahami, dan melakukan berbagai instruksi merupakan beberapa ciri disabilitas fungsional intelektual/berpikir.

A. Benar

B. Salah

Demikian informasi “Pengantar dan Kuis Profil Belajar Siswa Beserta Jawabannya”

Sumber : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/

Baca Juga : Info Karir Guru — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Pengantar dan Kuis Profil Belajar Siswa Beserta Jawabannya” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

11 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *