Info Pendidikan Terbaru PPPK Penundaan Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021: Progres hingga Alasannya

Penundaan Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021: Progres hingga Alasannya

Penundaan Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021: Progres hingga Alasannya

INFO PENDIDIKAN – Penundaan Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021: Progres hingga Alasannya

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan penundaan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Tahap I dalam Seleksi PPPK Guru 2021.

Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 tahap I sebelumnya dilaksanakan pada 13 – 17 September 2021. Ujian dilaksanakan di di 1.134 lokasi yang tersebar di 501 Kabupaten/Kota dari 33 provinsi. Pengumuman hasil seleksi tahap I tersebut semula dijadwalkan Jumat, 24 September 2021.

Progres Finalisasi Hasil Seleksi PPPK Guru 2021 Tahap I

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebelumnya mengumumkan, finalisasi hasil ujian Seleksi PPPK Guru 2021 tahap I masih dalam proses diskusi oleh pihak Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, sekitar 29 persen dari 326.476 formasi yang dilamar peserta tahun ini sudah terisi.

“Berdasarkan seleksi pertama saja ya, sekitar hampir 100 ribu guru honorer dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK,” kata Nadiem dalam Raker Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek RI.

“Jadi saat ini, (sekitar) 100 ribu (peserta) itu mewakili 30 persen dari 326 ribu formasi yang ada pelamarnya. Sayangnya ada formasi sisanya, 179 ribu (formasi) tidak ada pelamarnya. Nah itu yang harus kita usahakan bersama,” imbuhnya.

Menurut Nadiem, Kemendikbudristek mendengarkan aspirasi masyarakat dan sedang memperjuangkan kebijakan afirmasi tambahan untuk daerah-daerah yang kekurangan guru dan peserta di atas 50 tahun.

Ia menambahkan, Kemendikbudristek juga mempertimbangkan masukan dari pakar-pakar pendidikan tentang pentingnya menjaga integritas proses seleksi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa Indonesia.

“Tentunya. Tapi ini bukan keputusan Kemendikbudristek. Masyarakat juga harus mengerti, ini keputusan berbagai macam pihak di dalam panitia seleksi, jadi harus ada konsensus, harus ada kesepakatan,” ujar Nadiem.

Baca Juga :  Informasi Penting Pendaftaran PPPK 2021, Seluruh Guru Honorer Mungkin Bergembira

Nadiem mengatakan, pengumuman hasil Seleksi Kompetensi tahap I PPPK Guru 2021 akan disampaikan beberapa hari ke depan. “Ini hanya rekap awal, pengumuman lengkap hasil ujian seleksi pertama dilakukan beberapa hari kedepan ini,” kata Nadiem.

Komisi X mengusulkan penundaan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi tahap I PPPK Guru 2021 dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dan Mendikburistek Nadiem Makarim.

Ketua Komisi X DPR RI Fraksi PKB Syaiful Huda memaparkan sejumlah alasan usulan penundaan hasil seleksi. Syaiful juga mengklaim bahwa sudah ada kesepakatan.

“Sudah jadi kesepakatan dalam raker dan Kemendikbud sepakat menunda,”

Syaiful mengatakan, alasan usulan penundaan pengumaan tersebut yaitu mengakomodasi protes atau keberatan guru-guru honorer yang menjadi peserta Seleksi PPPK Guru 2021. Ia menambahkan, peserta meminta peninjauan ulang atau penurunan standar passing grade yang dirasa terlalu tinggi.

“Lalu, mereka minta jika passing grade tidak diturunkan, maka ada afirmasi tambahan yang lebih besar,” imbuh Syaiful.

Menurut Syaiful, para guru honorer merasa afirmasi yang sudah ada belum memenuhi keadilan.

“Mereka berharap hasil tes yang terkadang hanya dua-tiga poin ini bisa lulus. Bisa dipahami juga sebenarnya karena tingkat pengabdian mereka dan usia sudah lama,” kata Syaiful.

Menurut Syaiful, penundaan pengumuman Seleksi PPPK Guru Tahap 1 ini tidak berisiko apapun bagi peserta yang sudah lolos passing grade. Ia menjelaskan, penundaan dilakukan dalam rangka evaluasi penambahan afirmasi yang kemarin dirasa kurang. Sebab, rata-rata persentase afirmasi tidak lebih dari 15 persen.

“Nah, teman-teman menganggap afirmasi karena usia (sebesar) 15 persen (ini), terlalu kecil. Karena itu, ini perlu diperbaiki,” kata Syaiful.

Baca Juga :  Alur Seleksi CPNS dan PPPK Non Guru Tahun 2021

“Setelah mendengarkan aspirasi masyarakat dan mempertimbangkan kemungkinan afirmasi tambahan, Kemendikbudristek telah meminta Panselnas untuk menunda pengumuman seleksi guru ASN PPPK agar bersama-sama dapat bisa membahas optimalisasi hasil seleksi dan pertimbangan afirmasi.

“Kemendikbudristek mendengarkan aspirasi masyarakat dan sedang memperjuangkan kebijakan afirmasi tambahan untuk daerah-daerah yang kekurangan guru, peserta di atas 50 tahun, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Nadiem mengatakan akan memperjuangkan kebijakan afirmasi tambahan sebelum pengumuman akhir.

“Kami akan perjuangkan walaupun itu bukan sepenuhnya keputusan Kemendikbudristek (melainkan keputusan Panselnas),” kata Nadiem.

Sebagai informasi, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang terdiri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril selaku Ketua Panitia Seleksi PPPK JF Guru menyampaikan penundaan pengumuman hasil Seleksi PPPK Guru 2021 dalam surat pengumuman di laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id.

“Sehubungan dengan masih berlangsungnya proses pengolahan nilai Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK, bersama ini kami sampaikan bahwa pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK yang semula dijadwalkan tanggal 24 September 2021 ditunda sampai pengumuman lebih lanjut,” kata Iwan.

Jadwal terbaru pengumuman hasil Seleksi PPPK Guru 2021 akan diumumkan di situs https://gurupppk.kemdikbud.go.id, seperti dikutip dari surat pengumuman tersebut.

Alasan Kemendikbudristek Tunda Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek Anang Ristanto mengatakan, penundaan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Tahap 1 merupakan kesepakatan bersama Kemendikbudristek dengan Komisi X DPR RI. Sebelumnya, Kemendikbudristek mengadakan pertemuan dengan Komisi X DPR RI.

Anang mengatakan, alasan penundaan pengumumanhasil Seleksi Kompetensi Tahap 1 dalam Seleksi PPPK Guru 2021yaitu untuk memberi waktu bagi Kemendikbudristek dalam memperjuangkan kemudahan-kemudahan tambahan bagi para peserta seleksi ASN PPPK.

Baca Juga :  DALAM SELEKSI PPPK GURU, JIKA DI SEKOLAH SENDIRI TIDAK ADA FORMASI, HONORER DAPAT MEMILIH SEKOLAH LAIN DALAM INSTANSI YANG SAMA

“Penundaan pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap 1 merupakan kesepakatan bersama dengan Komisi X DPR RI yang bertujuan untuk memberi waktu bagi Kemendikbudristek untuk memperjuangkan kemudahan-kemudahan tambahan bagi para peserta seleksi ASN PPPK. Peserta yang sudah lolos formasi dipastikan untuk tetap dijamin haknya,”

Anang mengatakan, pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Tahap 1 dalam Seleksi PPPK Guru 2021 akan disampaikan setelah koordinasi dengan Panselnas yang pertemuannya dijadwalkan pada awal pekan depan.

Sementara itu, merespons kabar peserta Seleksi PPPK Guru 2021 yang belum lolos nilai ambang batas atau passing grade, Anang mendorong peserta untuk ikut seleksi tahap 2 dan 3.

“Kami mengajak guru honorer yang belum memenuhi passing grade untuk dapat memfokuskan energi serta konsentrasi untuk mengikuti kesempatan kedua dan ketiga,” kata Anang.

Ia menambahkan, peserta Seleksi PPPK Guru 2021 dapat menggunakan modul belajar tes yang disediakan Kemendikbudristek dan sumber lain.

“Tingkatkan kemampuan diri dengan belajar secara lebih intensif menggunakan pembelajaran dari tes pertama dan didukung oleh modul-modul yang juga disediakan oleh Kemendikbudristek maupun modul-modul lainnya. Kepada semua pihak, mari kita bergerak bersama membantu perjuangan para guru honorer mengikuti seleksi ASN PPPK,” imbuhnya.

Demikian informasi “Penundaan Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021: Progres hingga Alasannya”

Sumber : detik.

Baca Juga : Info PPPK — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Penundaan Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2021: Progres hingga Alasannya” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

14 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *