Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Petunjuk Teknis Atau Juknis Fiksi SMK Tahun 2021

Petunjuk Teknis Atau Juknis Fiksi SMK Tahun 2021

Petunjuk Teknis Atau Juknis Fiksi SMK Tahun 2021

INFO PENDIDIKAN – Petunjuk Teknis Atau Juknis Fiksi SMK Tahun 2021

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain melalui pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi.

Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu upaya sebagai pengembangan prestasi peserta didik adalah meningkatkan minat entrepreneurship dikalangan peserta didik, Pusat Prestasi Nasional melaksanakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK pada tahun 2021 yang dilaksanakan melalui seleksi secara bertahap. FIKSI jenjang SMK diprogramkan untuk merintis dan memastikan Indonesia di masa depan mampu menjadi tonggak kemandirian ekonomi global. Strategi untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejak dini merupakan salah satu pilihan yang bijak, dimana dapat ditekuni secara sungguh-sungguh sehingga dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Melalui FIKSI, generasi muda Indonesia khususnya siswa SMK dengan kompetensi yang dimiliki diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.

Filosofi FIKSI Jenjang SMK Tahun 2021 menekankan pada kearifan lokal yang diterjemahkan menjadi konsep ide/gagasan utama yang meliputi aspek inovatif, teknologi, dan pemasarannya. Lima bidang yang dilombakan merupakan spektrum dari bidang keahlian SMK, bidang lomba FIKSI jenjang SMK Tahun 2021 tersebut adalah :

  1. Teknologi Rekayasa dan TIK;
  2. Kesehatan dan Pekerjaan Sosial;
  3. Agri Usaha dan Agro Teknologi;
  4. Kemaritiman;
  5. Pariwisata, Industri Seni dan Kreatif.

Seleksi FIKSI jenjang SMK dilaksanakan secara bertahap, terdiri dari seleksi Ringkasan eksekutif (executive summary) , penilaian karya tulis dan wawancara. Sebagai program kelanjutan FIKSI akan dilaksanakan EXPO (Pameran) produk inovasi dari para peserta yang masuk babak final bersamaan dengan seleksi tahap III. Penyelenggaraan EXPO merupakan puncak pembuktian dan selebrasi hasil inovasi dan kreativitas peserta didik yang memiliki nilai jual.

Diharapkan pada EXPO tersebut akan membuka peluang untuk menjalin kerja sama dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKa), Perguruan Tinggi, dan penggiat dunia usaha. Buku Petunjuk Teknis atau Juknis FIKSI SMK Tahun 2021 ini disusun untuk menjelaskan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme pelaksanaan FIKSI jenjang SMK sebagai pedoman bagi penyelenggara FIKSI Jenjang SMK Tahun 2021. Semoga penyelenggaraan FIKSI tahun 2021 dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan peserta didik dikehidupannya kedepan dan lingkungan sekitarnya sebagai penggerak ekonomi yang berdampak pada masyarakat sekitar dan secara luas dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis FIKSI SMK Tahun 2021, Ruang Lingkup bidang lomba FIKSI Tahun 2021 terdiri atas 5 (lima) bidang lomba yang mengacu pada bidang keahlian vokasi. Bidang lomba tersebut:

1. Teknologi Rekayasa dan Teknologi Informasi Komunikasi

Program Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK tahun 2021, bidang teknologi rekayasa dan TIK merupakan kategori lomba yang berfokus pada ide, gagasan, inovasi serta penerapan Teknologi Rekayasa dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan penyelesaian masalah di berbagai bidang sebagai wadah kompetisi untuk menggali potensi produk inovasi karya anak bangsa. Produk Teknologi Rekayasa dan Teknologi Informasi Komunikasi yang dihasilkan dapat berupa produk rekayasa teknologi (teknologi tepat guna) dan atau perangkat keras berbasis TIK dan aplikasi perangkat lunak berbasis mobile, web dan atau PC.

2. Kesehatan dan Pekerjaan Sosial

Program Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK tahun 2021, bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, menitikberatkan pada peningkatan kompetensi siswa dalam mengembangkan inovasi produk (barang dan jasa) yang memiliki nilai jual untuk bidang kesehatan dan pekerjaan sosial, sehingga mendorong pengembangan usaha yang mampu meningkatkan pendapatan dan nilai tambah pada kegiatan usaha siswa SMK. Produk -produk inovasi yang dihasilkan diharapkan dapat menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat dan memiliki dampak terhadap penyelesaian masalah sosial dan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya.

3. Agri Usaha dan Agro Teknologi

Program Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK tahun 2021, bidang lomba Agri Usaha dan Agro Teknologi ditekankan pada terciptanya produk berupa barang ataupun jasa yang unggul dalam bidang pertanian. Peserta didik SMK diharapkan dapat menunjukkan kompetensi, keahlian dan daya cipta yang dimiliki dengan menyalurkan berbagai gagasan/ide dan inovasi di bidang Agribisnis dan Agroteknologi sehingga dapat berkontribusi dalam membangun pertanian Indonesia. FIKSI jenjang SMK bidang Agribisnis dan Agroteknologi diharapkan dapat menjadi stimulan sehingga mampu untuk bersaing secara global dan mampu menciptakan wirausaha -wirausaha muda dari kalangan peserta didik SMK.

4. Kemaritiman

Program Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK tahun 2021, bidang Kemaritiman berfokus untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi wirausaha di Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya maritim. Pengembangan sumber d aya maritim sebagai alternatif luaran inovasi maritim bisa berupa teknologi maritim, produk alat bantu dan perkakas kemaritiman, produk inovasi pengolahan, pemanfaatan hasil maritim, dan inovasi kemaritiman lainnya. Produk Inovasi yang ditunjukkan berupa barang nyata ataupun jasa dalam bidang kemaritiman dan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dapat memiliki nilai jual ke dunia industri.

5. Pariwisata, Industri Seni, dan Industri Kreatif

Program Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK tahun 2021, bidang lomba yang terdiri dari tiga bidang yaitu pariwisata, seni, dan industri kreatif ditekankan pada ide-ide baru dan segar, fleksibel, penuh kreatifitas dan inovasi yang bisa menghasilkan dan memberi manfaat bagi masyarakat luas serta memiliki nilai jual. Pada FIKSI jenjang SMK 2021 bidang ini berupa produk dengan menekankan pada pemanfaatan kearifan lokal bangsa Indonesia dalam bidang usaha Pariwisata, Seni, dan Industri Kreatif terbagi atas beberapa kategori menurut jenis produk atau jasa nya. Pengelompokkan bentuk usaha dapat dikatagorikan akomodasi, transportasi, Kria, kuliner, fotografi, fashion, seni rupa, seni pertunukan, film dan musik, periklanan, desain produk, desain komunikasi visual.

Demikian informasi “Petunjuk Teknis Atau Juknis Fiksi SMK Tahun 2021″

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Selengkapnya silahkan download Petunjuk Teknis atau Juknis FIKSI SMK Tahun 2021, melalui link yang tersedia di bawah ini.

Download File Petunjuk Teknis atau Juknis FIKSI SMK Tahun 2021

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Petunjuk Teknis Atau Juknis Fiksi SMK Tahun 2021” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

6 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *