Info Pendidikan Terbaru DIKDIN Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik

Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik

Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik

INFO PENDIDIKAN – Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik

Sobat Pendidikan, sekolah kedinasan merupakan salah satu tempat favorit bagi para lulusan sekolah menengah atas atau yang sederajat untuk melanjutkan studi. Biasanya kampus ini mencari para calon mahasiswa atau taruna dengan kondisi fisik terbaik. Namun, adakah sekolah kedinasan tanpa tes fisik?

Seperti diketahui, sekolah-sekolah kedinasan sangat diincar para calon mahasiswa karena biasanya memberikan fasilitas yang sangat membantu para mahasiswa. Misalnya kampus-kampus yang berada di bawah kementerian atau lembaga pemerintah ini ada yang membebaskan biaya kuliah bagi para mahasiswa atau taruna.

Selain itu alasan lainnya yaitu ada kebijakan ikatan dinas kepada para lulusan, seperti menunjuk alumni sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah menyelesaikan studi.

Baca Juga :  Jangan Lupa Kunci Data, Total Jumlah Pendaftar PKN STAN 2022 Capai 13.339 Orang

Hanya saja untuk masuk sekolah kedinasan tak semudah membalikkan telapak tangan. Selain calon taruna atau mahasiswa harus memiliki otak yang encer sejumlah kampus hanya menerima mahasiswa yang memenuhi syarat-syarat fisik tertentu.

Sebagian besar sekolah kedinasan memang mewajibkan seleksi berupa tes fisik atau tes kesamaptaan. Tes ini berupa tes kemampuan dan kesiapan fisik dalam berkegiatan. Tes kesamaptaan biasanya mencakup tes lari, push up, sit up, pull up dan chinning, shuttle run, renang, dan lain sebagainya.

Kadang ada calon mahasiswa yang merasa kesempatannya tertutup karena terhalang keadaan kondisi atau kemampuan fisik yang tidak memadai untuk bisa lolos tes kesamaptaan.

Nah, jika ditelusuri ternyata ada juga sekolah kedinasan tanpa tes fisik yang berat loh. Karena itu jangan langsung putus asa ya gaes sebelum mencoba terlebih dulu.

Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik atau Kesamaptaan

  • Sekolah Tinggi Statistik (STIS)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) adalah sekolah kedinasan yang tidak memiliki syarat tes fisik. Hanya ada dua syarat penting yang harus dipenuhi saat mendaftar ke STIS, yaitu memiliki kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang baik (layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), serta bebas dari narkoba.

Calon peserta didik kampus yang berada di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) ini juga harus memiliki penglihatan normal (tidak buta warna, baik total atau parsial). Penggunaan kaca mata atau lensa kontak minus (rabun jauh) atau plus (rabun dekat) tidak menjadi halangan, dan akan diterima dengan toleransi.

  • Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG tidak mensyaratkan tes kesamaptaan untuk para calon taruna atau taruni, tapi hanya mengadakan tes kebugaran. Dari pengalaman tahun sebelumnya, tes kebugaran sekolah kedinasan milik BMKG ini dilakukan dengan metode cooper test.

Dikutip dari Buku Pedoman Penerimaan Taruna Baru STMKG 2022, cooper test adalah peserta berjalan atau berlari secepat-cepatnya menempuh jarak 2,4 km dan akan dicatat waktu yang diperlukan.

Baca Juga :  Daftar Prodi Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Mulai STAN sampai IPDN

Demikian informasi “Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

https://www.detik.com/

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *