Info Pendidikan Terbaru TIPS Sikap dan Sifat-sifat Yang Harus Dimiliki Guru

Sikap dan Sifat-sifat Yang Harus Dimiliki Guru

Sikap dan Sifat-sifat Yang Harus Dimiliki Guru

INFO PENDIDIKAN – Sikap dan Sifat-sifat Yang Harus Dimiliki Guru

Sobat Pendidikan, seorang guru harus memiliki sifat dan kepribadian yang positif, karena dalam pelaksanaan pendidikan, sikap ataupun sifat guru menjadi patokan penilaian seseorang terhadap kepribadian guru dalam mendidik.

Bila seorang guru melakukan suatu sikap/sifat dan perbuatan yang baik maka dapat dikatakan bahwa guru tersebut memiliki kepribadian yang baik. Sebaliknya bila guru tersebut melakukan suatu sikap dan perbuatan yang tidak baik maka dapat dikatakan bahwa guru tersebut tidak memiliki kepribadian yang baik. Dengan kata lain, baik tidaknya citra seorang guru ditentukan oleh kepribadiannya agar menjadi guru yang profesional.

Guru memiliki tugas untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan memperbaiki masyarakat. Gurulah yang telah menanamkan pada anak didiknya akhlak yang baik dalam pembelajaran dan diterapkan anak didik dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu guru memiliki kesempatan untuk memperbaiki keburukan yang ada pada anak didik agar anak didiknya berada di jalan yang benar.

Menurut Fauza Masyhudi Sifat-sifat yang harus dimiliki seorang guru, sehingga guru tersebut berhasil dalam tugasnya sebagai tenaga pengajar dan juga sebagai seorang figur yang akan selalu diingat dan dicontoh oleh anak didiknya.

Adapun sifat-sifat yang harus dimiliki seorang guru adalah sebagai berikut:

  1. Guru haruslah mengasihi murid-muridnya seperti ia mengasihi anak-anaknya sendiri.Sudah menjadi suatu tugas bagi guru untuk mengasihi dan menyayangi anak didiknya seperti ia mengasihi dan menyayangi anak-anaknya sendiri dan memikirkan keadaan mereka seperti memikirkan keadaan anak-anaknya sendiri.
  2. Guru juga harus memiliki hubungan yang erat dan baik terhadap anak didiknya.
  3. Guru juga harus mempunyai sifat rasa kesadaran akan kewajibannya terhadap masyarakat. Dan seorang gurupun harus tahu bahwa tiap-tiap pelajaran yang diajarkannya adalah untuk dan demi kepentingan masyarakat. Guru juga harus berusaha menanamkan akhlaq dan cinta tanah air dalam jiwa murid-muridnya.
  4. Guru haruslah menjadi contoh bagi keadilan, kesucian, dan kesempurnaan. Guru juga harus memperlakukan sama antara murid yang satu dengan murid yang lain, ia harus mengasihi semua muridnya dengan tidak membedakan antara satu dengan yang lainnya.
  5. Seorang guru harus berlaku jujur dan juga ikhlas dalam pekerjaannya.
  6. Seorang guru juga harus berhubungan dengan kehidupan masyarakat.
  7. Guru harus berhubungan terus dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
  8. Guru juga harus selalu belajar terus menerus, karena pada hakekatnya ilmu pengetahuan tidak ada kesudahannya dan tidak ada akhirnya.
  9. Guru juga harus mempunyai cita-cita yang tetap. Guru haruslah memiliki cita-cita yang kuat serta tetap pendiriannya.
  10. Seorang guru juga harus berbadan sehat, telinganya harus nyaring, matanya harus tajam, suaranya sederhana (jangan terlalu lunak dan juga jangan terlalu keras),terhindar dari penyakit terutama penyakit yang menular.
  11. Guru juga harus membiasakan murid-muridnya untuk percaya pada diri sendiri dan bebas berfikir.
  12. Seorang guru hendaknya berbicara kepada anak didiknya dengan bahasa yang difahami dan dimengerti oleh anak didik tersebut.
  13. Seorang guru haruslah memikirkan pendidikan akhlak. Guru harus ingat bahwa tujuan yang utama dalam pendidikan ialah pendidikan akhlaq, baik perangai, keras kemauan, mengerjakan kebaikan dan menjauhi kejahatan.
  14. Guru juga harus memiliki kepribadian yang kuat.
  15. Guru haruslah memiliki badan yang tegap, panca indra yang sehat, perkataannya fasih, akhlaqnya baik, pandai menghargai dirinya, jujur dalam pekerjaan, suka menjaga disiplin, pandai bergaul, ahli dalam mata pelajarannya

Selanjutnya menurut M. Ngalim Purwanto terdapat 10 sikap dan sifat-sifat guru yang baik, yaitu:

  1. Adil.
  2. Percaya suka kepada muridnya.
  3. Sabar dan rela berkorban.
  4. Memiliki kewibawaan terhadap anak-anak.
  5. Penggembira.
  6. Bersikap baik terhadap guru-guru lainnya.
  7. Bersikap baik terhadap masyarakat.
  8. Menguasai mata pelajaran.
  9. Suka kepada mata pelajaran yang diberikannya.
  10. Berpengatahuan luas

Demikian informasi “Sikap dan Sifat-sifat Yang Harus Dimiliki Guru”

Baca Juga : Info Tips — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Sikap dan Sifat-sifat Yang Harus Dimiliki Guru” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

5 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.