Soal Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa Seri PPSPPI dan Jawabanya

Photo of author

By Putu Atmaka

Soal Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa Seri PPSPPI dan Jawabanya

INFO PENDIDIKAN – Soal Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa Seri PPSPPI dan Jawabanya

Tahapan berikutnya Bapak / Ibu akan diminta menjawab Asesmen Formatif. Kuis ini akan membantu proses belajar Bapak / Ibu untuk semakin memahami Profil Belajar siswa, silakan perhatikan soal dengan baik.

Soal Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa dan Jawabannya

1. Berikut adalah pernyataan yang tepat tentang Identifikasi hambatan belajar peserta didik, yaitu:

A. Melihat hambatan yang dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di kelas atau di lingkungan sekolahnya.

B. Menentukan jenis disabilitas seperti peserta didik yang autis, lamban belajar, dan jenis disabilitas lainnya

Baca Juga :  Soal Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dan Jawabannya

C. Sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif

D. Memudahkan guru dalam melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran di kelasnya.

2. Komponen Profil Belajar Siswa yang menyediakan informasi tentang keterbatasan, kebutuhan, serta dukungan yang diperlukan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah ….

A. Komponen A dan Komponen B

B. Komponen B dan komponen C

C. Komponen C dan Komponen D

D. Komponen A dan Komponen E

3. Ibu Oni guru kelas 3 SD melakukan identifikasi fungsional terhadap peserta didiknya. Ia memperoleh data dan informasi bahwa salah satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih, cemas, dan nampak seperti kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda juga tidak suka bergaul dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung dirinya di kamar, dan mudah tersinggung (marah).

Baca Juga :  Soal dan Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 4 Seri Semangat Guru

Dari data dan informasi tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….

A. perilaku sosial

B. mengendalikan emosi

C. kesulitan belajar

D. lamban belajar

4. Fajri sudah berkelas 4 SD. Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang, terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p, dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.

Berdasarkan data dan imformasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:

A. Diskalkulia

B. Disgrafia

C. Disleksia

D. Disfraksia

5. Perhatikan gejala-fungsional fungsional peserta didik berikut ini!

  • Sering menampilkan perilaku repetitif (berulang-ulang) seperti bergoyang, melambai atau mengepak.
  • Sangat fokus pada hal-hal yang tidak pantas.
  • Terobsesi pada topik pembicaraan tertentu.
  • Tidak dapat memperbaiki pertemanan.
  • Terpaku pada pengalaman sensorik tertentu.
Baca Juga :  Soal dan Jawaban Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas/Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

Apabila anak mengalami gejala seperti di atas, maka patut diduga mengalami hambatan ….

A. interaksi sosial

B. mengendalikan emosi

C. kesulitan belajar

D. lamban belajar

Demikian informasi “Soal Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa Seri PPSPPI dan Jawabanya”

Sumber : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/

Baca Juga : Info Karir Guru — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Soal Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa Seri PPSPPI dan Jawabanya” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Tinggalkan komentar