Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Soal dan Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 5 Seri Semangat Guru

Soal dan Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 5 Seri Semangat Guru

Soal dan Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 5 Seri Semangat Guru

INFO PENDIDIKAN – Soal dan Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 5 Seri Semangat Guru

Setelah Bapak / Ibu menyelesaikan Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 4, Bapak / Ibu akan masuk ke Pelajaran 5 Asynchronous.

Tahap awal, Bapak / Ibu akan diminta untuk mengerjakan Kuis Pra Asesmen Pelajaran 5 Seri Semangat Guru. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).

Bapak / Ibu tidak perlu khawatir dengan skor yang akan peroleh. Namun demikian, perhatikan baik-baik kata-kata kunci yang muncul dalam pertanyaan-pertanyaannya. Kata-kata kunci ini akan kembali Bapak / Ibu temui di sesi Webinar dan materi bacaan mandiri. Peka dengan kata-kata kunci tersebut sebelum mengikuti Webinar dan materi bacaan mandiri akan menguatkan proses dan hasil belajar Bapak / Ibu.

Kuis Penilaian Awal Lesson 5 terdiri 20 butir pertanyaan dimana setiap pertanyaan akan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci. Bapak / Ibu tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan, sehingga Bapak dan Ibu bisa mengingat kata-kata kuncinya.

Jika Bapak / Ibu sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

Soal & Kunci Penilaian Awal Lesson 5 Seri Semangat Guru

1. Pembelajaran campuran adalah campuran antara…..

  1. Daring dan luring
  2. Tatap muka dan jarak jauh
  3. Ceramah dan tanya jawab
  4. Sinkron dan asinkron

2. Pembelajaran campuran merupakan terobosan pada bidang:

Baca Juga :  Soal Post Test Guru Belajar Seri PPSPPI dan Jawabannya
  1. Teknologi canggih
  2. Teknologi & pedagogi
  3. Pendidikan dasar
  4. Teknologi & informasi

3. Dampak pembelajaran campuran terhadap guru adalah:

  1. Perubahan peran guru
  2. Penghapusan peran guru
  3. Tidak ada dampak apa pun
  4. Guru digantikan teknologi

4. Pembelajaran campuran mempunyai 4 ciri yaitu:

  1. Teknologi, pedagogi, informasi, rekreasi
  2. Pedagogi, teknologi, tatap muka, jarak jauh
  3. Tatap muka, jarak jauh, tata ruang, tata informasi
  4. Sinkron, asinkron, integrasi, merdeka belajar

5. Pembelajaran campuran menjadi solusi pada masa pandemi COVID-19 karena:

  1. Penggunaan teknologi pembelajaran yang canggih
  2. Berpotensi mengoptimalkan proses pembelajaran
  3. Fleksibel menyesuaikan tantangan masa pandemi
  4. Membantu guru menggunakan teknologi

6. Ciri utama dari pembelajaran sinkron adalah:

  1. Kehadiran murid dan guru secara bersamaan
  2. Memastikan guru dan murid hadir tatap muka
  3. Penggunaan teknologi yang minimal mungkin
  4. Penggunaan ruang kelas secara optimal

7. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran sinkron adalah:

  1. Penguasaan Materi
  2. Tugas Kontekstual
  3. Proyek Kolaborasi
  4. Pemberian Umpan Balik

8. Kelebihan pembelajaran sinkron adalah

  1. Fleksibilitas jadwal. Murid bisa mengatur jadwal belajarnya secara mandiri.
  2. Antusiasme belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
  3. Tempo tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
  4. Umpan balik instan. Murid bisa mendapatkan umpan balik secara instan, tidak menunggu respon guru.

9. Kelemahan pembelajaran sinkron adalah

  1. Perasaan terisolasi. Murid berpotensi merasa sendirian dan terasing dari lingkungan sekitar.
  2. Tempo tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
  3. Penurunan antusiasme. Murid mungkin mengalami kehilangan semangat belajar.
  4. Kualitas bahan ajar. Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
Baca Juga :  Soal dan Jawaban Kuis Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

10. Guru Agus ingin memahami kebutuhan belajar murid melalui interaksi dengan para muridnya. Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru Agus?

  1. Sinkron daring
  2. Asinkron daring
  3. Asinkron luring
  4. Sinkron luring

11. Ciri utama pembelajaran asinkron adalah

  1. Memastikan guru dan murid menggunakan teknologi
  2. Penggunaan teknologi secara optimal untuk pembelajaran
  3. Interaksi antara guru dan murid yang manusiawi
  4. Murid belajar mandiri tanpa tergantung kehadiran guru

12. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran asinkron adalah:

  1. Praktik
  2. Diskusi kelompok
  3. Umpan Balik
  4. Tugas Kontekstual

13. Kelebihan pembelajaran asinkron adalah

  1. Aktivitas belajar interaktif. Guru bisa melakukan komunikasi interaktif dengan murid.
  2. Antusiasme belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
  3. Umpan balik sesuai kebutuhan. Guru bisa melakukan personalisasi umpan balik sesuai kompetensi murid.
  4. Tempo tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.

14. Kelemahan pembelajaran asinkron adalah

  1. Kualitas bahan ajar. Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
  2. Jadwal yang kaku. Satu jadwal yang sama untuk semua murid.
  3. Tempo tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
  4. Kehadiran dan kualitas guru. Ketergantungan pada kehadiran dan kualitas guru.
Baca Juga :  Soal dan Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 2 Critical Thinking

15. Guru Dila ingin muridnya belajar mandiri dengan mengenali dan menyelesaikan persoalan di sekitar pasar dekat sekolah mereka. Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru Dila?

  1. Sinkron daring
  2. Asinkron daring
  3. Asinkron luring
  4. Sinkron luring

16. Dalam merancang pembelajaran campuran, berapa komposisi yang tepat antara pembelajaran sinkron dan asinkron?

  1. Lebih efektif pembelajaran sinkron lebih banyak
  2. Lebih efektif pembelajaran sinkron lebih sedikit
  3. Lebih optimal pembelajaran asinkron lebih sedikit
  4. Lebih optimal pembelajaran sinkron lebih banyak

17. Apabila materi pelajaran bisa ditampilkan melalui infografik, podcast atau video, maka pembelajaran yang disarankan adalah:

  1. Sinkron
  2. Asinkron
  3. Campuran
  4. Terpadu

18. Apabila murid tidak bisa hadir pada waktu yang bersamaan maka pembelajaran yang disarankan adalah:

  1. Sinkron
  2. Asinkron
  3. Campuran
  4. Terpadu

19. Apabila guru ingin memberikan umpan balik sesuai kebutuhan dan kompetensi murid, maka pembelajaran yang disarankan adalah:

  1. Sinkron
  2. Asinkron
  3. Campuran
  4. Terpadu

20. Apabila guru ingin membahas konsep yang kompleks maka pembelajaran yang disarankan adalah:

  1. Sinkron
  2. Asinkron
  3. Campuran
  4. Terpadu

Demikian informasi “Soal dan Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 5 Seri Semangat Guru”

Sumber : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id

Baca Juga : Info Karir Guru — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Soal dan Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 5 Seri Semangat Guru” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

16 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *