Info Pendidikan Terbaru PPPK Soal dan Jawaban PPPK Mapel IPS SMP-SMA Tahun 2021

Soal dan Jawaban PPPK Mapel IPS SMP-SMA Tahun 2021

Soal dan Jawaban PPPK Mapel IPS SMP-SMA Tahun 2021

InfoASN.id – Soal dan Jawaban PPPK Mapel IPS SMP-SMA Tahun 2021

Sahabat Pendidikan dimanapun berada, menjelang diadakannya perekrutan ASN PPPK maka bagi anda yang ingin ikut dalam pelaksanaan PPPK dari sejak dini sudah harus mempersiapkan diri dengan baik agar ketika akan melakukan seleksi PPPK anda bisa lulus.

Salah satu hal penting yang harus di lakukan dalam mempersiapkan diri menghadapi PPPK ialah dengan berlatih mengerjakan soal-soal latihan PPPK baik soal kompetensi pedagogik maupun soal kompetensi professional. Pada postingan saya sebelumnya saya telah banyak membagikan soal-soal latihan PPPK mulai dari soal pedagogik umum hingga soal PPPK sesuai mata pelajaran untuk jenjang SD, SMP dan SMA/SMK.

Khusus untuk postingan ini saya kembali akan membagikan soal latihan PPPK untuk guru yang mengajar mata pelajaran IPS pada jenjang SMP dan SMA/SMK. Soal latihan yang akan saya berikan disini yaitu soal bentuk pilihan ganda dan di setiap soal yang di sajikan juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Jika anda belajar memahami soal-soal latihan yang di dalamnya telah di berikan kunci jawaban serta pembahasannya maka tentunya akan memudahkan anda dalam mempelajari dan memahaminya. Pembahasan yang di sajikan pada soal yang ada di dalam postingan ini sangat mendetail sehingga sangat membantu anda yang akan belajar memahami soal-soal PPPK IPS tersebut.

Di dalam soal latihan PPPK mata pelajaran IPS yang akan saya bagikan pada postingan ini merupakan soal gabungan dari soal PPPK kompetensi pedagogik dan juga soal kompetensi professional jadi anda cukup mempelajarinya dengan baik sehingga bisa menjadi bekal nantinya ketika anda akan mengikuti seleksi PPPK.

Baiklah bagi anda yang saat ini sedang mencari soal-soal latihan PPPK mapel IPS maka silahkan anda simak dan pelajari soal-soal di bawah ini yang sudah di lengkapi dengan kunci jawabannya :

1. Sesuai dengan Standar Proses Pendidikan dalam Kurikulum 2013, salah satu prinsip pembelajaran yang harus diterapkan guru dalam IPS adalah “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mecari tahu “ Bedasarkan prinsip ini, maka pendekatan pembelajaran yang barus digunakan guru IPS adalah …

A. Deduktif

B. Induktif

C. Reflektif

D. Edukatif

E. Prespektif

Kunci : B

2. Dalam pembelajaran IPS, peserta didik diharapkan dapat membangun sendiri pengetahuannya, mencari makna sendiri, mencari tahu tentang yang dipelajarinya dan menyimpulkan konsep dan ide baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam dirinya.. Sesuai dengan prinsip “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu” teori belajar yang paling sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran IPS adalah ….

A. Behaviorisme

B. Positivisme

C. Konstruktivisme

D. Gestal

E. Stimulus respons

Kunci : C

3. Kebanyakan masalah dan pengalaman (termasuk pengalaman belajar) bersifat interdisipliner, sehingga untuk memahami, mempelajari dan memecahkannya diperlukan multi-skills. Sesuai kurikulum 2013, materi pembelajaran IPS mencakup berbagai konsep secara komprehensip, seyogyanya penyajian diorganisasikan dengan menggunakan prinsip dan pendekatan…..

A. Parsial

B. Disiplin

C. Terpadu

D. Terpisah

E. Komprehensif

Kunci : C

4. Berikut ini merupakan contoh alat/media pembelajaran IPS berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ,kecuali….

A. Video pembelajaran

B. Film documenter

C. Overhead Projector

D. Close Circuit Television

E. Computer Assisted Instruction

Kunci : C

5. Prosedur/langkah awal dalam pengembangan/pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPS adalah…..

A. Merumuskan kompetensi hasil belajar

B. Merumuskan indikator hasil belajar

C. Merumuskan materi pelajaran secara terinci

D. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa

E. Menulis naskah media pembelajaran

Kunci : D

6. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 pada esensinya berisikan tentang….

A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

C. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

D. Standar Proses Pendidikan

E. Standar Penilaian Pendidikan

Kunci : A

7. Berikut ini merupakan kaitan Permendikbud No.20 tahun 2016 dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016

A. Standar Penilaian diperlukan uantuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan

B. Standar Proses diperlukan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan

C. Standar Penilaian diperlukan untuk menilai Standar Proses Pembelajaran

D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dijabarkan dalamStandar Kompetensi Lulusan

E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan jabaran dari Standar Kompetensi Lulusan

Kunci : B

8. Berikut ini merupakan fungsi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam sistem pembelajaran, kecuali….

A. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran

B. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran

C. Pedoman dalam merancang penilaian

D. Pedoman dalam menjabarkan kompetensi dasar

D. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar

Kunci : D

9. Berikut ini merupakan hubungan antara berbagai komponen sistem pembelajaran (kompetensi , materi, proses/kegiatan, media , dan penilaian), kecuali…..

A. Materi pembelajaran dirancang sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran

B. Kegiatan pembelajaran dirancang berdasarkan materi pembelajaran

C. Penilaian disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi

D. Media pembelajaran dirancang berdasarkan materi pembelajaran dan pengalaman belajar peserta didik.

E. Rancangan penilaian disesuaikan dengan materi yang telah dikembangkan

Kunci : E

10. Dalam kurikulu m 2013, proses pembelajaran diharuskan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan ini harus tertulis pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS. Berikut ini merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, kecuali…

A. Mengamati

B. Mengumpulkan informasi

C. Mengasosiasi

D. Mengkomunikasikan

E. Mengevaluasi

Kunci : E

11. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, Berikut ini merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih/menentukan media pembelajaran IPS, kecuali ….

A. Tingkat kesulitan materi pelajaran

B. Sistem penilaian yang digunakan

C. Tingkat usia dan kematangan siswa

D. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai

E. Ketersediaan media dan biaya

Kunci : B

13. Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengen mengintegrasikan materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut. Salah satu upaya untuk menghubungkan materi pembelajaran IPS dengan pengembangan karakter adalah….

A. Gunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan sistuasi

B. Guru harus banyak bercerita terntang materi pembelajaran

C. Cantumkan aspek karakter dalam kompetensi dasar

D. Kembangkan materi pembelajaran dengan memuat aspek nilai

E. Kembangkan sistem penilaian untuk memantau karakter

Kunci: D

14. Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk melaksanakan penilaian autentik yang mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan . Dalam pembelajaran IPS penilaian keterampilan

peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan berikut, kecuali…

A. Simulasi /demonstrasi

B. Presentasi tugas

C. Membuat portofolio tugas

D. Mengerjakan soal di depan kelas

E. Merangkum materi pelajaran

Kunci : E

15. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan merupakan penilaian internal (internal assessment), sedangkan penilaian yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan penilaian eksternal (external assessment). Berikut ini merupakan persyaratan kisi-kisi yang harus dibuat guru, kecuali….

A. Menggunakan format yang ditentukan pihak sekolah

B. Dapat dijadikan pedoman dalam menulis soal

C. Memuat komponen materi dan kemampuan yang akan diukur

D. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya

E. Mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proprsional

Kunci : A

16. Berikut inimerupakan manfaat hasil penilaian formatif dalam pembelajaran IPS, kecuali ….

A. Merancang program remedial

B. Merancang program pengayaan

C. Perbaikan proses pembelajaran

D. Mengisi nilai dalam raport

E. Merancang perbaikan pembelajaran

Kunci : D

17. Berikut ini merupakan peranan Teknologi Informasi dalam pembelajara IPS, , kecuali….

A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran

B. Pendistribusi materi pembelajaran

C. Penilai pembelajaran

D. Media kolaborasi pembelajaran

E. Pelaksana pembelajaran

Kunci : E

18. Dewasa ini pembelajaran dianjurkan menggunakan blanded learning, pembelajaran berbasis internet. Apabila guru IPS menggunakan aplikasi chatting untuk berkomikasi dan berdiskusi dengan para siswa, maka Teknologi Informasi sudah berperan sebagai….

A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran

B. Pendistribusi materi pembelajaran

C. Penilai pembelajaran

D. Media kolaborasi pembelajaran

E. Pelaksana pembelajaran

Kunci : D

19. Memahami bagaimana perbedaan budaya sangat penting, dan mempengaruhi praktik komunikasi, mengidentifikasi kesulitan yang muncul dalam komunikasi antar budaya, Salah satu syarat terjadinya komunikasi yang efektif dengan peserta didiknya., guru harus memiliki “ empati “ terhadap peserta didiknya. Maksud pernyataan ini adalah….

A. Guru harus memiliki sikap saling menghargai dengan peserta didiknya

B. Guru harus memiliki kemampuan untuk menetapkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi peserta didiknya.

C. Guru harus mengenali karakteristik peserta didik, baik secara individual maupun kelompok

D. Guru harus memiliki kemampuan mendengarkan dan memahami perasaan orang lain

E. Guru harus kemampuan bertanya dan mendengarkan keluhan peserta didiknya

Kunci : B

20. Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan menggunakan berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru. Manakah pola interaksi lisan yang efektif untuk dikembangkan seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas ?

A. Interaksi satu arah

B. Interaksi dua arah

C. Interaksi banyak arah

D. Interaksi berpusat pada guru

E. Interaksi sepihak

Kunci : C

21. Letak kepulauan Indonesia berada di jalur pegunungan muda dunia (ring of fire), sehingga membawa pengaruh pada kehidupan sosial-ekonomi ….

A. Kaya flora dan fauna

B. Kaya sumber tambang batu bara

C. Masyarakat memiliki ciri sub sistem

D. Kaya keanekaragaman sumber daya alam

E. Masyarakat cenderung malas tergantung alam

Kunci : D

22. Republik Indonesia terdiri atas 17.508 pulau, mempunyai daratan seluas 1,9 juta km2 dan garis pantai sepanjang 80.791 km, serta cakupan laut seluas 3,1 juta km2 . Di negara ini terdapat pula gunung api yang berjumlah tidak kurang dari 200, berukuran rendah sampai tinggi dan bersalju, sungai-sungai lebar dan panjang, serta danau yang sifatnya bermacam-macam. Letak geologis kepulauan Indonesia berpengaruh terhadap keanekaragaman sumberdaya alam….

A. Keanekaragaman flora dan fauna antarwilayah Indonesia barat, tengah dan timur

B. Flora dan fauna Indonesia timur memiliki kemiripan dengan Australia

C. Flora dan fauna Indonesia barat memiliki kemiripan dengan Asia

D. Keberadaan hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia

E. Kekayaan biodiversity di wilayah kepulauan Indonesia

Kunci : A

23.Interaksi antarwilayah dapat melahirkan gejala kenampakkan dan permasalahan baru, yang dapat mengakibatkan proses pengerakan/dinamikan dalam kehidupan manusia. Proses pergerakan yang terkait dengan kehidupan manusia adalah….

A. Pergerakan manusia, informasi dan materi/benda

B. Pergerakan manusia dan hewan

C. Urbanisasi dan budaya mudik

D. Pergerakan barang dan jasa

E. Pergerakan migrasi sirkuler

Kunci : A

24.Adanya pertumbuhan penduduk yang pesat dan berkurangnya ruang publik, maka mempengaruhi kesimbangan dengan lingkungan sosial budaya . Begitu pentingnya peristiwa tersebut, sehingga membawa pengaruh terhadap….

A. Kegiatan distribusi meningkat

B. Kebijakan khusus oleh pemerintah

C. Upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat

D. Kegiatan distribusi meningkat

E. Upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat

Kunci : B

25. Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etikan dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. Berikut ini pernyataan yang kurang tepat kaitannya interaksi sosial dengan perubahan sosial adalah….

A. Perubahan sosial memengaruhi sistem sosialnya.

B. Nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat merupakan bagian dari perubahan sosial

C. Perubahan sosial dapat disebabkan oleh faktor geografis suatu masyarakat

D. Ruang lingkup perubahan socialmeliputi unsur-unsur kebudayaan, baik material maupun yang immaterial

E. Perubahan-perubahan dan dinamika sosial selalu berhubungan dengan perubahan progresif

Kunci : E

26.Terdapat sekelompok remaja yang sengaja meninggalkan rumah dan rela menjadi anak jalanan. Mereka merasakan kebebasan dan kesetaraan. Salah satu geng punya slogan Equality. Salah satu alasanmereka hidup bersama dalam satu kelompok, merasakan dalam satu keluarga, dan merasa saling memberikan kasih sayang. Kasus ini menunjukkan…

A.Mereka hanya menggunakan sebagian hidupnya untuk menikmati dunia

B.Memberontak sistem politik suatu negara yang dianggap mengekang mereka

C.Remaja geng, sesungguhnya merindukan keluarga yang mampu memberikan afeksi

D.Sesungguhnya geng ini menginginkan kehidupan sama rata dan sama rasa, sehingga terwujud keselarasan

E.Geng tersebut menunjukkan bahwa keluarga mereka rata-rata dari kalangan menengah ke bawah yang tidak punya waktu untuk memberikan kasih sayang

Kunci : C

27. Salah satu dampak negatif migrasi sirkuler terhadap perubahan sosial budaya di masyarakat adalah munculnya paham yang menganggap bahwa hidup ini bertujuan unrtuk mencari kebahagiaan duniawi sebanyak mungkin.Paham ini sering disebut sebagai ….

A. Sekulerisme

B. Konsumerism

C. Hedonisme

D. Kapitalisme

E. Egiosme

Kunci : C

28. Perhatikan kurva di bawah ini !

Manakah pernyataan yang paling tepat untuk menunjukkan hubungan antara penawaran dan harga ?

A. Terdapat hubungan positif antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan

B. Jumlah barang yang ditawarkan tidak sebanding dengan tingkat harga barang

C. Semakin rendah tingkat harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan

D. Semakin naik tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang yang ditawarkan

E. Semakin tinggi harga yang ditawarkan maka semakin berkurang yang membelinya

Kunci : A

29. Manakah diantara pernyataan di bawah ini yang mencerminkan konektivitas antar ruang dalam kehidupan ekonomi ?

A. Penduduk desa melakukan migrasi ke kota dalam rangka mencari pekerjaan

B. Penduduk kota kebanyakan bermata pencaharian di sektor jasa

C. Sebagian besar penduduk desa bermatapencaharian di sektor pertanian

D. Tidak semua daerah di Indonesia menghasilkan bahan bakar minyak

E. Sebagaian besar penduduk yang tinggal di daerah pantai bekerja sebagai nelayan

Kunci : A

30. Berikut ini pernyataan yang menunjukkan karakeristik kehidupan ekonomi masyarakat desa, kecuali …

A. Penduduk desa kebanyakan bekerja di sektor pertanian

B. Terorganisir pada paguyuban petani

C. Standar penghasilan berbeda beda

D. Menghasilkan produk kerajinan

E. Menggunakan standar upah minimum regional

Kunci : E

31. Perubahan kehidupan pada masa neolithikum sering disebut sebagai zaman revolusi kebudayaan manusia masa praaksara, dikarenakan….

A.Dikenalnya peralatan yang semakin halus, menunjukan kemajuan teknologi

B.Masyarakat praaksara mulai mengenal bangunan-bangunan besar seperti punden berundak dan menhir

C.Mulai dikenalnya teknologi pengecoran logam, menunjukkan perubahan kebudayaan dari jaman batu ke jaman logam

D.Bercampurnya kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu yang menghasilkan kebudayaan baru

E.Mulainya kehidupan menetap yang berpengaruh dan dipengaruhi bidang-bidang kehidupan lainnya

Kunci : E

32. Raja Tarumanegara, Purnawarman memerintahkan pembuatan terusan sungai dengan maksud…

A.Memindahkan pusat kekuasaan Kerajaan Tarumanegara ke pesisir selatan Jawa Barat

B. Memperjelas batas dengan kerajaan lain

C. Mendorong aktivitas perekonomian di Kerajaan Tarumanegara

D. Benteng menahan serangan musuh dari arah laut

E.Menunjukkan bahwa kerajaan Tarumanegara merupakan KerajaAn yang kaya

Kunci : C

33. Pernyataan berikut yang bukan produk karya sastra yang berkembang pada masa kerajaan-kerajaan Islam….

A.Hikayat, cerita atau dongeng yang berpangkal dari peristiwa atau tokoh sejarah. Hikayat ditulis dalam bentuk peristiwa atau tokoh sejarah. Contoh hikayat yang terkenal adalah Hikayat Amir Hamzah.

B.Kitab Sutasoma yang merupakan karangan Mpu Prapanca pada zaman Kerajaan Majapahit begitu berarti bagi bangsa Ini, sebab Semboyan Negara Republik Indone-sia Bhinneka Tunggal Ikadiambil dari Kitab ini

C.Babad, kisah pujangga keraton sering dianggap sebagai peristiwa sejarah contohnya Babad Tanah Jawi (Jawa Kuno), Babad Cirebon.

D. Suluk, kitab yang membentang-kan soal-soal tasawuf contohnya Suluk Sukarsa, Suluk Wijil, Suluk Malang Sumirang, dan lainnya.

E.Syair, seperti Syair Abdul Muluk dan Gurindam Dua Belas

Kunci : B

34. 6. Deklarasi Bangkok 8 Agustus 1967 merupakan pijakan tujuan didirikan ASEAN. Berikut ini merupakan kegiatan yang bertentangan dengan Deklarasi Bangkok adalah ….

A.Memperkuar persenjataan negara-negara ASEAN untuk memperkuat pertahanan dan menyerang lawan anggota negara ASEAN

B.Mempercepat kawasan pasar bebas sebagai upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi ASEAN

C.Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

D. Memperluas jaringan pendidikan di negara-negara ASEAN

E.Bekerjasama mengatasi masalah perdagangan manusia dan obat[1]obatan terlarang

Kunci : A

35. Piagam ASEAN 15 Desember 2008, menjadikan ASEAN organisasi kawasan dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal personality. Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat kaitannya dengan Piagam ASEAN 2008, kecuali….

A.Upaya mempercepat pembentukan Komunitas ASEAN guna akselerasi pembangunan masyarakat ASEAN

B.Piagam ASEAN 2008 mempertegas kembali Deklarasi ASEAN Concord II (Bali Concord II)

C.Penyebutan kata We, the Peoples dalam Piagam ASEAN memperlihatkan bahwa pembentukan komunitas ASEAN menjadi keinginan seluruh lapisan anggota masyarakat

D. Komunitas ASEAN akan memperluas kerjasama dalam bidang militer untuk membuat pakta pertahanan ASEAN

E.Komunitas ASEAN didasarkan pada tiga pilar, yaitu kerja sama politik dan keamanan, kerja sama ekonomi, dan kerja sama sosial budaya

Kunci : D

36. Berikut ini pernyataan yang bukan merupakan peran atau keuntungan Indonesia dalam organisasi internasional adalah ….

A.Indonesia adalah salah satu penggagas OKI sehingga turut menentukan berbagai keputusan penting OKI

B.Indonesia adalah salah satu penggagas Konferensi ASIA Afrika (KAA) yang ditunjukan dengan peran Indonesia sebagai tuan rumah KAA tahun 1955

C.Indonesia pernah memperoleh mandat dari OKI tahun 1993 untuk memfasilitasi perundingan damai antara Moro National Liberation Front (MNLF) dengan pemerintah Filipina

D. Indonesia memperoleh bantuan keuangan dari IDB yang dimanfaatkan untuk pembangunan di Indonesia

E.Indonesia bukan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, tetapi Indonesia berperan aktif dalam berbagai program PBB

Kunci : A

37. 9. MEA yang telah berjalan di kawasan Asia Tenggara memiliki dampak negatif dan positif bagi kehidupan sosial budaya masyarakat. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar terkait dengan pengaruh MEA dalam terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat ASEAN, kecuali….

A. Kemudahan keluar masuk barang-barang dari berbagai wilayah menyebabkan perubahan tradisi kegiatan ekonomi masyarakat

B. MEA memudahkan masyarakat mencari pekerjaan yang sesuai karena kebebasan masyarakat untuk mencari pekerjaan di negara ASEAN

C. MEA mendorong sikap toleransi dan keberagaman karena interaksi yang semakin masif antar masyarakat ASEAN

D. MEA berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup masyarakat diakibatkan hubungan yang semakin masif antar masyarakat ASEAN

E. Dengan semakin intensifnya hubungan antar masyarakat, perasaan saling memahami antar budaya dan agama semakin kuat

Kunci : B

38. 10.Berikutini merupakan langkah nyata bangsa Indonesia dalam mewujudkan stabilitas politik Asean, kecuali ….

A.Menjadi mediator dalam konflik Vietnam Utara dan Vietnam Selatan

B.Indonesia menjadi penengah saat terjadi konflik antara Kamboja dan Vietnam tahun 1987

C.Menjadi penengah antara Moro National Front Liberation (MNFL) dengan pemerintah Filipina

D. Berperan aktif dalam Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ)

E.Indonesia mengusulkan pembentukan Komunitas ASEAN “ASEAN Community pada KTT ke-9

Kunci : A

39. Ketergantungan negara Singapura terhadap negara-negara lain di Asia Tenggara ditunjukkan pada pernyataan….

1) Penyediaan air bersih

2) Kebutuhan sumber daya alam

3) Kebutuhan pendidikan

4) Kebutuhan tenaga kerja

5) Sarana transportasi laut

A. 1,2,4

B. 1,2,3

C. 2,3,4

D. 3,4,5

E. 2,4,5

Kunci : A

40. Pada tahun 2017 terjadi demonstrasi kelompok pendukung dan penentang Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama. Untuk menghindari bertemunya kedua kelompok sehingga terjadi bentrokan di lapangan, polisi melakukan ….

A. Segregasi

B. Displasemen

C. Ajudikasi

D. Stalemate

E. Konversi

Kunci : A

Demikianlah beberapa soal-soal latihan PPPK untuk guru IPS jenjang SMP, SMA dan SMK semoga kumpulan soal-soal yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasan diatas bisa membantu para guru untuk belajar mandiri dalam menghadapi seleksi ASN PPPK nantinya dan jadikanlah postingan ini menjadi sebuah referensi pembelajaran anda.

Demikian informasi “Soal dan Jawaban PPPK Mapel IPS SMP-SMA Tahun 2021″

Baca Juga : Info PPPK Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Soal dan Jawaban PPPK Mapel IPS SMP-SMA Tahun 2021” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *