InfoASN.id – Soal dan Pembahasan PPPK untuk Guru Ekonomi Tahun 2021
Sahabat Pendidikan, dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ajang penerimaan ASN PPPK maka sebagai seorang guru yang akan mendaftar nantinya harus banyak belajar dalam mengerjakan soal-soal PPPK sesuai jurusan yang akan dipilihnya.
Sebenarnya ada begitu banyak soal latihan PPPK yang telah di bagikan melalui blog Pendidikan ini, bahkan soal yang di sajikan pun telah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Hal itu tentunya akan sangat membantu para guru yang akan belajar dan ingin mengasah otak dalam persiapan menghadapi seleksi PPPK nantinya.
Pada kesempatan ini saya akan kembali membagikan soal PPPK untuk guru ekonomi pada jenjang SMA/SMK yang mana soal yang akan saya berikan ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya sehingga akan mudah untuk di pelajari serta bisa menjadi bahan referensi dalam menghadapi seleksi PPPK nantinya.
Bagi bapak dan ibu guru yang saat ini mengajar mata pelajaran ekonomi pada jenjang SMA dan SMK serta akan mendaftar PPPK di tahun ini maka silahkan anda pelajari contoh soal PPPK ekonomi yang akan saya bagikan ini yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Adapun soal PPPK ekonomi ini terdiri dari soal kompetensi pedagogik dan juga soal kompetensi professional.
Baiklah untuk anda yang ingin belajar seputar soal-soal PPPK mapel ekonomi maka silahkan anda pelajari selengkapnya di bawah ini :
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK
1. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran Ekonomi Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, TI dak keTI nggalan jaman dan
memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria …
A. Shahih
B. Signifi cance
C. Kebermanfaatan
D. Layak dipelajari
E. Menarik minat
Pembahasan
Jawaban: A
Shahih (valid) arTI nya Materi yang akan dituangkan dalam pembelajaran benar-benar telah teruji
kebenaran dan kesahihannya. PengerTI an ini juga berkaitan dengan keaktualan materi sehingga
materi yang diberikan dalam pembelajaran TI dak keTI nggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk
pemahaman ke depan.
2. Pola pengembangan materi pembelajaran mata pelajaran Ekonomi SMA dengan susunan materi
mulai dari yang sederhana menuju pada yang kompleks merupakan pola pengembangan …
A. Kronologis
B. Kausal
C. Logis
D. Psikologis
E. Spiral
Pembahasan
Jawaban: C
Pola logis adalah pola pengembangan materi pembelajaran dimana susunan materi dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu, baru kemudian beranjak pada bagian yang kompleks, sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut.
3. Segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantu menyampaikan materi mata
pelajaran Ekonomi SMA kelas XII KD. 3.2 Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi. dalam
proses pembelajaran, sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah
dirumuskan adalah pengerTI an dari …
A. Sumber belajar
B. Media pembelajaran
C. Rujukan pembelajaran
D. Fasilitas belajar
E. Dukungan pembelajaran
Pembahasan
Jawaban: B
Segala sesuatu yang digunakan untuk membantu dalam menyampaikan materi atau informasi dalam
proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah proses penyampaian informasi agar efekTI f
dan efi sien disebut dengan media pembelajaran
4. Media pembelajaran memiliki karakterisTI k antara lain sebagai berikut
a) FiksaTI f
b) ManipulaTI ve
c) DistribuTI ve
d) Canggih
e) Dapat menyampaikan semua materi pelajaran
Seorang guru ekonomi SMA dalam memilih media harus memperhaTI kan karakterisTI k yang ….
A. 1,2,3
B. 2,3,4
C. 3,4,5
D. 1,3,5
E. 2,3,5
Pembahasan
Jawaban: A
Hal mendasar yang harus diperhaTI kan guru dalam pemilihan media adalah karakterisTI k media yang
fi ksaTI f, manipulaTI ve dan distribuTI ve.
Pemilihan media pembelajaran TI dak harus canggih apalagi media yang dapat menyampaikan semua
materi pelajaran, akan tetapi media yang sesuai dengan materi pelajaran dan mempermudah dalam
pencapaian tujuan pembelajaran.
Ciri-ciri Media Pembelajaran
Ciri media pembelajaran Gerlach & Ely (1971) mengemukakan TI ga ciri-ciri media yang merupakan alasan mengapa media digunakan.
Yaitu :
Ciri fiksaTIf (fi xaTI ve property). Ciri fi ksaTI f yaitu menggambarkan kemampuan merekam, menyimpulkan, melestarikan, dan mengkonstruksi suatu perisTI wa atau objek. Cara ini amat penTI ng bagi guru karena kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan seTI ap saat. Media yang dikembangkan seperTI photography, video tape, audio tape, disket komputer, dan fi lm. Misalnya seperTI perisTI wa-perisTI wa bersejarah yang terjadi di suatu negara. Siswa dapat mepelajari bagaimana perisTI wa atau kejadian-kejadian itu melalui rekaman video dokumentasi, dan foto-foto. Objek-objek bioTI k ataupun abioTI k yang unik dan harus dipelajari oleh siswa dapat dihadirkan dengan gampang diruang kelas dengan rekaman video atau foto. Maka media ini memungkinkan suatu rekaman kejadian yang terjadi pada satu waktu tertentu dapat ditransportasikan tanpa mengenal waktu. Teknologi telah menjadikan media pembelajaran mempunyai peranan yang amat penTI ng untuk memberikan pemahaman akan suatu perisTI wa atau objek bagi siswa.
Ciri manipulaTI f (manipulaTI f property). Ciri manipulaTI f yaitu Transpormasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulaTI f. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu 2 (dua) menit sampai 15 (lima belas) menit dengan teknik pengambilan gambar atau TI me – lapse recording. Misalnya seperTI , siswa dapat mempelajari bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan embrio di dalam kandungan ibu hanya dalam waktu 10 sampai 15 menit. Proses ini aslinya berlangsung selama 9 bulan di dalam tubuh ibu. Dengan bantuan teknologi khusus dan proses perekaman yang kemudian dilakukan manipulasi, waktu dapat dipersingkat dengan mempercepat dengan hanya menampilkan kejadian-kejadian penTI ng saja. Selain itu, bahkan proses dapat diputar balik dan diulang-ulang. Kejadian yang berlangsung cepat juga dapat diperlambat. Contoh lain seperTI proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografer di samping itu juga dapat diperlambat menayangkan kembali hasil rekaman video. Kemampuan media dari ciri manipulaTI f memerlukan perhaTI an sungguh-sungguh karena apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan kembali urutan kejadian atau potongan bagian-bagian yang salah, maka akan terjadi pula kesalahan penafsiran yang tentu saja akan membingungkan dan bahkan menyesatkan sehingga dapat mengubah sikap mereka kearah yang TI dak diinginkan.
Ciri distribuTI f (distribuTI ve property). Ciri distribuTI f yaitu dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditranspormasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada peserta didik dengan sTI mulas pengalaman yang relaTI f sama mengenai kejadian ini. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat. Misalnya seperTI Kejadian di daerah-daerah yang sulit atau bahkan TI dak mungkin dikunjungi oleh siswa dapat dihadirkan di ruang kelas mereka tanpa memerlukan banyak usaha keras. Penggunaan internet atau perangkat penyimpan data seperTI fl ashdisk, CD, dan sebagainya memudahkan bahan-bahan pembelajaran tersebut didistribusikan. Konsistensi informasi yang terdapat didalamnya akan selalu terjaga sebagaimana aslinya. (Sumber: http://wayantarne.blogspot.com/2014/11/ciri-ciri-media-pembelajaran.html)
5. Seorang guru ekonomi harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar
untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media
pembelajaran adalah …
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tujuan pembelajaran
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. Memilih media TI dak perlu banyak perTI mbangan agar TI dak merepotkan
E. Media dapat dibuat dengan mudah dan biaya murah
Pembahasan
Jawaban: C
Tujuan utama dari media pembelajaran adalah mempermudah dalam proses penyampaian informasi
(materi pelajaran) sehingga materi pelajaran mudah dipahami oleh siswa
6. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Ekonomi SMA adalah KD. 3.6 Mendeskripsikan
bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia, untuk
mencapai KD. Tersebut diperlukan sumber belajar yang baik. Sumber belajar yang baik adalah
sumber belajar yang selalu mengikuTI perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu sumber belajar
yang paling tepat untuk mengikuTI perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat adalah …
A. Buku teks
B. Buku grand theory
C. Jurnal ilmiah/arTI kel ilmiah
D. Ensiklopedia
E. Surat kabar
Pembahasan
Jawaban: C
Jurnal/arTI kel ilmiah merupakan salah satu rujukan yang tepat dalam mengikuTI perkembangan ilmu
pengetahuan terkini, karena memuat hasil peneliTI an atau temuan baru dalam dunia akademik (ilmu
pengetahuan)
7. Beberapa hal yang ada dalam seTI ap proses pembelajaran dan harus bisa diterima oleh guru adalah …
a) KarakterisTI k materi pelajaran yang berbeda-beda
b) Sarana belajar yang ada
c) Gaya belajar siswa
d) Target dari pimpinan (kepala sekolah)
e) Tuntutan dari orang tua siswa
yang menjadi perTI mbangan dalam pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah ….
A. 1,2,3
B. 1,2,4
C. 1,2,5
D. 2,3,4
E. 2,3,5
Pembahasan
Jawaban: A
Hal pokok yang mendasari pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah kesesuaian metode yang
dipilih dengan tujuan pembelajaran, karakter dari materi, sarana belajar, dan juga gaya belajar siswa.
8. Proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau
saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan
diantara mereka merupakan metode …
A. Ceramah
B. Diskusi
C. Demonstrasi
D. Resitasi
E. Tanya Jawab
Pembahasan
Jawaban: B
Metode diskusi adalah akTI vitas dari sekelompok siswa, berbicara saling bertukar informasi maupun
pendapat tentang sebuah topik atau masalah, dimana seTI ap anak ingin mencari jawaban/penyelesaian
problem dari segala segi dan kemungkinan yang ada.
Metode ini melaTI h siswa untuk berani mengungkapkan pendapat dan berargumentasi untuk
mempertahankan pendapatnya
9. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian
dapat berupa hasil belajar peserta didik yang TI dak dipengaruhi oleh kepenTI ngan penilai, perbedaan
latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara
penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian …
A. ObjekTI vitas
B. Ransparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
E. Adil
Pembahasan
Jawaban: A
Penilaian yang bersifat objekTI f adalah penilaian yang TI dak memandang dan membeda-bedakan latar
belakang peserta didik, namun melihat kompetensi yang dihasilkan oleh peserta didik tersebut, bukan
atas dasar siapa dirinya
10. Teknik penilaian hasil belajar yang menuntut peserta didik mendemontrasikan kemahirannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja adalah teknik penilaian … A. Tes lisan B. Tes prakTIkC. Penugasan
D. Portofolio
E. Magang
Pembahasan
Jawaban: B
Tes prakTI k merupakan teknik penilaian untuk melihat secara langsung kemahiran/kemampuan siswa
dalam mendemonstrasikan kemahirannya atau hasil belajarnya.
Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensi
11. Saat ini berkembang bentuk intrumen penilaian dengan meminta siswa untuk mengumpulkan
dokumen-dokumen yang menjadi bukTI bahwa siswa tersebut telah melakukan sesuatu yang
disyaratkan oleh guru. Kumpulan hasil kerja ini untuk menunjukkan bukTI tentang kompetensi,
pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini sering disebut dengan
penilaian …
A. Penugasan
B. Pengamatan
C. Portofolio
D. PrakTI k
E. Produk
Pembahasan
Jawaban: C
Teknik penilaian dengan bentuk portofolio merupakan bentuk penilaian yang mensyaratkan siswa
memiliki dan mengumpulkan bukTI /bukTI dokumen yang akan menunjukkan bahwa dia telah memiliki
kompetensi, pemahaman dan capaian dari sebuah pembelajaran. Melalui kumpulan dari dokumendokumen tersebut nanTI nya siswa akan dinilai apakah telah memenuhi syarat atau mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.
12. Ibu CanTI k seorang guru ekonomi SMA ABC kelas XI, setelah melakukan penilaian pada KD. 3.4
Menganalisis indeks harga dan infl asi, selanjutnya menganalisis hasil penilaian, ternyata terdapat
beberapa peserta didik yang belum mencapai TI ngkat ketuntasan pada KD tersebut, Peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan mengalami kesulitan yang berbeda-beda, maka startegi pelaksanaan
pembelajaran remedial adalah …
A. Pemberian bimbingan secara kelompok
B. Pemberian bimbingan secara individu
C. Pemberian pembelajaran ulang
D. Pemberian tugas-tugas laTI han secara khusus
E. Pemanfaatan tutor sebaya
Pembahasan
Jawaban: B
Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan TI ngkat kesulitan.
1. Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan apabila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan TI ngkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih alternaTI f TI ndak lanjut berupa pemberian bimbingan se cara individual/perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan
2. Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada be berapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama.
3. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dapat disampaikan dengan variasi cara penyajian dan penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan bilamana sebagian besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar atau mengalami kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali dengan menggunakan metode dan/atau media yang lebih tepat.
4. Pemberian tugas-tugas laTI han secara khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial, tugas-tugas la TI han perlu diperbanyak agar peserta didik TI dak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes ulang. Peserta didik perlu diberi pelaTI han intensif untuk membantu menguasai kompetensi yang di tetapkan.
5. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman sekelas atau kakak kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih. Mereka perlu dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan le bih mudah memahami materi atau kompetensi yang harus dicapai.
13. Ibu Anggun seorang guru Ekonomi SMA ABC kelas XII, setelah melakukan penilaian pada KD. 3.6
Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang, Analisis hasil penilaian,
ternyata sebagian besar peserta didik yang belum mencapai TI ngkat ketuntasan, maka startegi
pelaksanaan pembelajaran remedial yang sesuai adalah …
A. Pemberian bimbingan secara kelompok
B. Pemberian bimbingan secara individu
C. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda
D. Pemberian tugas-tugas laTI han secara khusus
E. Pemanfaatan tutor sebaya
Pembahasan
Jawaban: C
Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan
TI ngkat kesulitan.
Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan apabila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan TI ngkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih alternaTI f TI ndak lanjut berupa pemberian bimbingan secara individual/ perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dapat disampaikan dengan variasi cara penyajian dan penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan bilamana sebagian besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar atau mengalami kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali dengan menggunakan metode dan/atau media yang lebih tepat. Pemberian tugas-tugas laTI han secara khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial, tugas-tugas laTI han perlu diperbanyak agar peserta didik TI dak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes ulang. Peserta didik perlu diberi pelaTI han intensif untuk membantu menguasai kompetensi yang ditetapkan. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman sekelas atau kakak kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih. Mereka perlu dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan lebih mudah memahami materi atau kompetensi yang harus dicapai.
14. Berdasarkan hasil analisis penilaian untuk KD. menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi.
Beberapa peserta didik telah melampaui KKM. Pak Bagas guru Ekonomi kelas X SMA BCD memberikan
pengayaan untuk peserta didik yang melampaui KKM. Pengayaan dapat dilakukan melalui …
A. Belajar kelompok KD yang sama
B. Belajar mandiri KD selanjutnya
C. Belajar kelompok KD selanjutya
D. Belajar mandiri KD sebelumnya
E. Belajar kelompok KD sebelumnya
Pembahasan
Jawaban: A
Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui:
Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberi tugas untuk
memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan KD yang dipelajari pada jam
pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta
didik berupa pemecahan masalah nyata. Selain itu, secara kelompok peserta didik dapat diminta untuk
menyelesaikan sebuah proyek atau peneliTI an ilmiah.
Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminaTI , menjadi
tutor bagi teman yang membutuhkan. Kegiatan pemecahan masalah nyata, tugas proyek, ataupun
peneliTI an ilmiah juga dapat dilakukan oleh peserta didik secara mandiri jika kegiatan tersebut diminaTI
secara individu.
Pembelajaran berbasis tema, yaitu pembelajatan terpadu yang memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu. Melalui pembelajaran temaTI k dapat mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan penga laman bermakna bagi peserta didik. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran temaTI k, peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya.
15. Perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar
(KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran merupakan pengerTI an dari …
A. Kompetensi InTI (KI)
B. Standar kompetensi lulusan (SKL)
C. Indikator
D. Standar Isi
E. Standar proses
Pembahasan
Jawaban: C
Indikator merupakan penanda tercapainya kompetensi dasar dari sebuah mata pelajaran. Indicator harus dapat diukur dan diobservasi sehingga guru dapat menyimpulkan apakah KD telah tercapai atau belum.
16. Berikut ini merupakan ketentuan dalam merumuskan indicator
a) Indikator dirumuskan/diturunkan dari KD
b) Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang terukur
c) Dirumuskan dalam kalimat yang sederhana, jelas dan mudah dipahami serta TI dak bermakna
ganda
d) Minimal harus berada pada level C4
e) Tiap indikator harus mengandung TI ga ranah sekaligus (kogniTI f, afekTI f & psikomotor)
Yang bukan ketentuan dalam perumusan indikator adalah …
A. 1,2
B. 2,3
C. 3,4
D. 4,5
E. 1,5
Pembahasan
Jawaban: D
Ketentuan umum dalam perumusan indicator sebuah KD adalah seperTI nomor 1,2, dan 3, sedangkan 4
& 5 TI dak, karena dalam indicator TI dak harus selalu berada pada level C4, karena boleh ada pada level
C1-C3.
Selain itu TI ap indikator juga TI dak harus memuat 3 ranah sekaligus
20. Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran TI dak lagi dilakukan secara tatap muka
didalam kelas, akan tetapi dapat dilakukan secara virtual atau jarak jauh (distance learning). System
ini menggabungkan proses pembelajaran jarak jauh dengan prinsip-prinsip dalam pembelajarn
dengan teknologi. Pembelajaran ini biasanya berbasis web yang bias diakses menggunakan jaringan
internet dimanapun tempat pebelajar berada. Hal ini sering disebut dengan …
A. E-Learning
B. Blended learning
C. Learning by doing
D. Self-learning
E. Effi cient learning
Pembahasan
Jawaban: A
E-learning adalah system pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar
mengajar dan digabungkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (non face-to-face learning) yang bisa
diakses dengan menggunakan jaringan internet dimana saja berada.
21. Salah satu pendekatan pembelajaran Ekonomi di SMA/MA di kurikulum 2013 revisi adalah
pendekatan sainTI fi k langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan sainTI fi k yang benar adalah
sebagai berikut …
A. MengamaTI , mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, menanya dan mengkomunikasikan
B. MengamaTI , menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
C. Menanya, mengamaTI , mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
D. MengamaTI , mengumpulkan informasi, menanya, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
E. MengamaTI , menanya, mengasosiasikan, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan
Pembahasan
Jawaban: B
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun
2013 lampiran IV, proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
• MengamaTI ;
• Menanya;
• Mengumpulkan informasi/eksperimen;
• Mengasosiasikan/mengolah informasi; dan
• Mengkomunikasikan
22. Kegiatan memproses informasi yang sudah dikumpulkan baik dari eksperimen maupun hasil dari
kegiatan mengamaTI yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menemukan keterkaitan satu
informasi dengan informasi lainnya dan menyimpulkan pola dari keterkaitan informasi tersebut
merupakan salah satu bagian dari langkah pembelajaran sainTI fi k, yaitu …
A. MengamaTI
B. Menanya
C. Mengumpulkan informasi
D. Mengasosiasikan
E. Mengkomunikasikan
Pembahasan
Jawaban: D
Mengasosiasikan dalam langkah pembelajaran sainTI fi k merupakan kegiatan mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dan kemudian menemukan kaitan antar informasi tersebut serta membuat kesimpulan dari informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya
23. Seorang guru Ekonomi kelas XI SMA, sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan
perangkat pembelajaran. Pada KD. menganalisis APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi,
setelah menyusun indikator pembelajaran untuk KD tersebut, salah satu tujuan pembelajaran
yang disusun adalah mengidenTI fi kasi manfaat pendapatan nasional dengan jujur dan percaya diri.
Termuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus
D. SKL
E. Kurikulum
Pembahasan
Jawaban: B
Tujuan pembelajaran dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Juga memuat
gambaran proses dan hasil belajar yang akan dilakukan didalam pembelajaran.
Sesuai dengan Lampiran peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang
standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk
satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran
peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). SeTI ap pendidik pada satuan pendidikan
berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistemaTI s agar pembelajaran berlangsung secara
interakTI f, inspiraTI f, menyenangkan, menantang, efi sien, memoTI vasi peserta didik untuk berparTI sipasi
akTI f, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreaTI vitas, dan kemandirian sesuai dengan
bakat, minat, dan perkembangan fi sik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atauubtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Komponen RPP terdiri atas
a. IdenTI tas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
b. IdenTI tas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. Kelas/semester;
d. Materi pokok;
e. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan
memperTI mbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional
yang dapat diamaTI dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam
bentuk buTI r-buTI r sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakterisTI k peserta didik
dan KD yang akan dicapai;
j. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar
lain yang relevan;
l. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inTI , dan penutup; dan
m. Penilaian hasil pembelajaran.
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai
berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar
kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh seTI ap guru, sedangkan silabus dibuat oleh TI m guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh seTI ap satuan pendidikan.
E. Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran sedangkan RPP berisi pendekatan penilaian hasil
belajar yang akan diguanakan.
Pembahasan
Jawaban: A
Silabus penjabaran lebih lanjut dari kompetensi inTI dan kompetensi dasar yang ingin dicapai dan pokokpokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai kompetensi inTI dan kompetensi
dasar.
Sedangkan RPP yang menggambarkan prosedur dan managemen Pembelajaran (rencana kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dikelas) untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam isi silabus.
SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL
1. Suatu daerah yang baru terkena musibah banjir, mengalami kelangkaan air bersih sehingga banyak yang terjangkit penyakit kulit (gatal-gatal). Berdasarkan informasi tersebut yang menyebabkan air bersih langka adalah …
A. Harga air bersih cenderung naik
B. Kebutuhan air bersih tak terbatas
C. SeTI ap orang memaksimumkan kepuasannya
D. Persediaan TI dak sesuai dengan rencana
E. Sumber air bersih tercemar kotoran
Pembahasan
Jawaban; E
Masalah kelangkaan kebutuhan erat kaitannya dengan barang. Apabila barang illith adalah barang dapat
menjadi langka karena kekurangan atau kelebihan, seperTI digambarkan oleh kelangkaan air karena
banjir dapat menjadi langka karena sumber air bersih tercemar kotoran.
Kelangkaan (scarcity) adalah kondisi dimana kita TI dak cukup mempunyai sumber daya untuk kebutuhan
kita. Kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.
Kelangkaan bukan berarTI segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diarTI kan alat
yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya TI dak seimbang dengan kebutuhan yang harus
dipenuhi.
Faktor penyebab kelangkaan antara lain :
1. Keterbatasan sumber daya
2. Perbedaan letak geografi s
3. Pertambahan jumlah penduduk
4. Keterbatasan kemampuan produksi
5. Bencana alam
2. Tn. Bagus seorang karyawan perusahaan swasta di kota “X” memperoleh gaji Rp 3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki usaha sendiri dia berhenTI dari perusahaan tempat bekerja dan mendirikan industri Batako 1 bulan Rp 5.000.000,00, beli bahan Rp 1.500.000,00, upah karyawan Rp 2.000.000,00 dan biaya lain-lain Rp 750.000,00. Biaya peluang yang dikorbankan Tn. Bagus adalah …
A. Rp 4.250.000,00
B. Rp 3.000.000,00
C. Rp 2.000.000,00
D. Rp 1.500.000,00
E. Rp 750.000,00
Pembahasan
Jawaban: B
Nilai yang dikorbankan oleh Tn. Bagus sebagai akibat dari keputusan Tn. Bagus mendirikan insdustri Batako adalah menjadi karyawan perusahaan swasta sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan. Biaya peluang (opportunity cost) adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil se buah alternaTI f pilihan keputusan. Biaya peluang muncul dari kegiatan alternaTI f yang TI dak bisa kita lakukan. Perhitungan biaya peluang TI dak selalu berhubungan dengan uang, bisa berupa waktu, kesempatan, dan keuantungan di masa depan. Sebagai contoh, misalkan seseorang memiliki uang Rp 10.000.000. Dengan jumlah uang sebesar itu, ia memiliki kesempatan untuk bertamasya ke Bali atau membeli
sebuah TV. Jika ia memilih untuk membeli TV, ia akan kehilangan kesempatan untuk menikmaTI keindahan Bali; begitu pula sebaliknya, apabila ia memilih untuk bertamasya ke Bali, ia akan kehilangan kesempatan untuk menonton TV. “Kesempatan yang hilang” itulah yang disebut sebagai biaya peluang.
3. Berikut ini beberapa macam kebutuhan:
(a) Ibu pergi ke pasar membeli bahan kebutuhan pokok
(b) Ayah membelikan adik baju seragam sekolah
(c) Kak Rudi membeli handpohne yang memiliki kamera
(d) Budi rajin berolah raga seTI ap minggu sekali
(e) Pak Ahmad membeli rumah dekat dengan tempat kerjanya
Berdasarkan urutan TI ngkat intensitasnya yang termasuk kebutuhan primer adalah …
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2) dan (5)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (4) dan (5)
E. (3), (4) dan (5)
Pembahasan
Jawaban: B
Kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi lebih dahulu. Kebutuhan yang
menempaTI urutan pertama adalah (1), (2) dan (5).
Kebutuhan menurut intensitasnya atau TI ngkat kepenTI ngannya, jenis kebutuhan dibedakan menjadi 3 :
1. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan
lainnya. Contoh : makan, minum, rumah, pakaian, kesehatan, dan pendidikan.
2. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang bersifat pelengkap arTI nya dipenuhi setelah
kebutuhan primer terpenuhi. Contoh : meja, kursi, lemari, perlengkapan dan peralatan rumah
lainnya.
3. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan akan barang mewah yang dipenuhi setelah memenuhi
primer dan sekunder. Contoh : mobil mewah, perhiasan intan, kapal persiar
4. Adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan yang TIdak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan
yang terbatas, merupakan …
A. Masalah ekonomi
B. Masalah ekonomi
C. Kejadian ekonomi
D. InTI masalah ekonomi
E. Kelangkaan
Pembahasan
Jawaban: D
InTI masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan
alat atau benda pemuas kebutuhan yang terbatas.
InTI masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan
alat atau benda pemuas yang terbatas. InTI masalah ekonomi dalam dijabarkan kedalam TI ga masalah
yaitu :
1. What (barang dan jasa apa saja yang akan diproduksi, serta berapa jumlahnya)
2. How (bagaimana cara memproduksi, juga menyangkut efi siensi produk)
3. For whom (untuk siapa/akan digunakan oleh siapa barang dan jasa tersebut. Juga menyangkut distribusi
5. “Kebijakan pemerintah menetapkan harga tanpa memperhaTI kan aspirasi masyarakat”.
Pernyataan tersebut adalah pelaksanaan system ekonomi …
A. Pasar
B. Absolut
C. Liberal
D. Komando
E. Tradisional
Pembahasan
Jawaban: D
Pembahasan; Bila dalam kapitalisme “insTI tusi” paling penTI ng adalah pasar, dalam sosialisme insTI tusi
paling penTI ng adalah negara. Negara menguasai sepenuhnya sumber daya dan memecahkan masalah
apa, bagaimana, dan untuk siapa melalui perencanaan yang terpusat.
Secara umum sistem ekonomi, terbagi menjadi empat :
1. Sistem ekonomi tradisional
Adalah sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun menurut,
mengandalkan alam dan tenaga kerja.
Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional :
a. Teknik produksi bersifat tradisional
b. Sedikit modal
c. Pertukaran dengan sistem barter
d. Tidak ada pembagian kerja
e. Berdasarkan tradisi
2. Sistem ekonomi komando/terpusat/Sosialis
Adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam
mengendalikan perekonomian.
Ciri-ciri :
a. Semua alat dan sumber produksi dikuasai negara
b. Hak milik perorangan TI dak diakui
c. Tidak bebas memilih pekerjaan
d. Kebijakan ekonomi diatur oleh pemerintah
3. Sistem ekonomi pasar/liberalis/kapitalis
Adalah sistem ekonomi dimana kegiatan ekonomi produksi, distribusi, dan konsumsi dilakukan oleh
pihak swasta.
Ciri-ciri :
a. Semua sumber produksi milik masyarakat
b. Pemerintah TI dak ikut campur tangan langsung
c. Timbul persaingan dalam masyarakat
d. Selalu berorientasi mencari keuntungan
4. Sistem ekonomi campuran
Adalah sistem ekonomi dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan
masalah.
Dalam sistem ekonomi campuran, kegiatan ekonomi masyarakat diserahkan kepada kekuatan pasar,
namun pada batas tertentu pemerintah tetap melalukan kendali campur tangan.
6. Masalah mendasar dalam ilmu ekonomi adalah ……
A. Mengurangi masalah kemiskinan dan menciptakan distribusi pendapatan yang adil dan merata
B. Menentukan harga yang tepat atas barang/jasa sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan
untuk memproduksi barang/jasa tersebut
C. Mengurangi ekternalitas negaTI ve yang diTI mbulkan dari seTI ap kegiatan ekonomi
D. MengopTI malkan penggunaan sumberdaya yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat
E. Memacu pertumbuhan ekonomi sebuah negara dengan harapan kemakmuran akan tercipta
Pembahasan
Jawaban: D
Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana masyarakat menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan komoditas yang bermanfaat dan menyalurkannya di antara anggota masyarakat tersebut. (Paul A. Samuelson and William D Nordhaus (2001).
Masalah dasar ekonomi adalah kelangkaan (scarcity) yang terjadi karena keinginan manusia yang TI dak
terbatas dalam dunia yang memiliki sumber daya yang terbatas. Akibatnya muncul TI ga pertanyaan
dalam organisasi ekonomi, yaitu: (1) Apa (what) yang sebaiknya diproduksi dan seberapa banyak? (2)
Bagaimana (how) sumber daya digunakan dalam memproduksi barang tersebut? (3) Untuk siapa (for
whom) Untuk siapa barang diproduksi? Siapa yang dapat menikmaTI hasil kegiatan ekonomi? Bagaimana
penghasilan dan kekayaan didistribusikan? Pertanyaan ini terkait dengan pendistribusian barang yang
telah dihasilkan
7. Pasar barang memiliki karakterisTI k sebagai berikut
a. Produsen berTI ndak sebagai price seƩ er
b. Kurva permintaan yang dihadapi bersifat elasTI s sempurna
c. Hambatan untuk masuk/keluar pasar TI dak ada
d. Tidak seTI ap produsen dapat memasuki pasar
e. Iklan berperan penTI ng untuk meningkatkan penjualan
Dari lima daSar di atas, yang merupakan karakterisTI k pasar persaingan TI dak sempurna adalah …
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 3, 4 dan 5
D. 4, 5 dan 1
E. 5, 1 dan 2
Pembahasan
Jawaban: D
KarakterisTI k pasar persaingan TI dak sempurna tampak pada daS ar nomor 4, 5 dan 1Ekonomi 19
Pasar persaingan TI dak sempurna adalah kondisi pasar dimana harga pasar bisa dipengaruhi oleh
produsen atau konsumen. KarakterisTI k utama yang membuat harga pasar bisa dipengaruhi yaitu jumlah
penjual dan pembeli dalam pasar sedikit, serta hasilnproduksi suatu perusahaan bisa dibuat berbeda
(diferensiasi) dengan hasil produksi perusahaan lain. Beberapa struktur pasar ini yaitu pasar monopoli,
pasar oligopoly, dan pasar persaingan monopolisTI s.
Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensial
Profesional a. Menguasai teori dan aplikasi materi pelajaran yang
diampu secara mendalam pada bidang ekonomi.
8. Diketahui fungsi permintaan Qd= – 5P+ 1.700, fungsi ini mengandung arTI :
a. Pada saat harga naik 2 rupiah maka permintaan akan turun
b. Pada saat harga naik 4 rupiah maka permintaan akan bertambah
c. Jumlah yang diminta 5 unit maka harga yang diminta akan bertambah
d. Pada saat jumlah yang diminta 5 unit maka harga menjadi 339
Berdasarkan pernyataan yang benar adalah …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
Pembahasan
Jawaban: C
Dalam fungsi permintaan hubungan antara harga (P0 dan jumlah yang diminta (Qd) adalah negaTI ve/
berlawanan arah; saat Qd=5, P= 339
Bentuk umum fungsi permintaan : Qd = a- bP
Fungsi permintaan dapat dicari dengan rumus : = P – P2
P2 – P1
Q – Q1
Q2 – Q1 =
Keterangan :
P1 = harga mula-mula
P2 = harga setelah perubahan
Q1 = jumlah permintaan mula-mula
Q2 = jumlah barang setelah perubahan
9. Jika koefisien elastisitas barang X dan Y adalah negatif, maka kenaikan harga barang X akan berdampak negatif pada …
A. Kenaikan permintaan barang X
B. Kenaikan permintaan barang Y
C. Penurunan permintaan barang Y
D. Tidak mempengaruhi permintaan barang Y
E. Penurunan harga barang Y
Pembahasan
Jawaban: C
Koefi sien elasTI sitas silang yang negaTI ve menunjukkan bahwa hubungan antara X dan Y bersifat
komplementer, sebagai contoh hubungan antara gula (X) dan teung terigu (Y), pada kedua barang yang
bersifat komplementer, maka keanikan harga barang X (gua akan menyebabkan penurunan permintaan
terhadap barang Y (tepung terigu).
Koefi sien elasTI s adalah angka yang menunjukkan sebarapa besar kepekaan perubahan barang akibat adanya
perubahan harga. Koefi sien elasTI s baik permintaan maupun penawaran dapat dicari dengan rumus :
E = ΔQ
ΔP x
P1
Q1
E = koefi sien elasTI s
ΔQ = perubahanͭselisih jumlah barang
ΔP = perubahanͭselisih harga barang
Q1 = jumlah harga mula-mula
P1 = harga barang mula-mula.
10. Jika pemerintah memberi subsidi pupuk kepada petani, maka TI ngkat keseimbangan harga dan
kuanTI tas pupuk yang baru adalah
A. Meningkat – meningkat
B. Meningkat – menurun
C. Menurun – menurun
D. Menurun – meningkat
E. Tetap – menurun
Pembahasan
Jawaban: D
Subsidi akan menggeser kurva penawaran ke kanan. Pada posisi yang baru, kurva penawaran memotong
kurva permintaan pada harga lebih rendah, dan kuanTI tas lebih banyak.
Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada saat permintaan sama dengan penawaran.
Terbentuknya harga dan kuanTI tas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli
(konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuanTI tas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.
Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya TI TI k keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi
patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
11. Beberapa pernyataan berikut merupakan pernyataan berhubungan dengan pendapatan nasional:
a. Membantu dan membuat rencana serta melaksanakan pembangunan secara bertahap
b. Mengkaji factor-faktor yang mempengaruhi TI ngkat kemajuan perekonomian
c. Membandingkan perekonomian antar negara
d. Membantu merumuskan kebijakan pemerintah
e. Mengetahui dan menelaah struktur perekonomian
Manakah yang merupakan manfaat mempelajari pendapatan nasional …
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
Pembahasan
Jawaban: C
Manfaat mempelajari pendapatan nasionnal diantaranya:
1. Mengetahui struktur perekonomian
2. Merumuskan suatu kebijakan
3. Membandingkan perekonimian dari waktu ke waktu antar daerah dan negara.
Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun.
12. Persamaan PN=C+I+G+(X-M) adalah metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan …
A. Produksi
B. Pendapatan
C. Pengeluaran
D. Penerimaan
E. Konsumsi
Pembahasan
Jawaban: C
Pendekatan pengeluaran, yaitu pendapatan nasional dihitung dengan menjumlahkan seluruh pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi negara dalam satu tahun.
Metode perhitungan pendekatan pengeluaran dibagi menjadi 3 :
1. Metode pendekatan produksi. Dengan pendekatan ini, pendapatan nasional dihitung dengan cara
menjumlahkan nilai tambah (value added) dari seluruh sektor produksi selama satu periode tertentu
(biasanya dalam satu tahun).
Rumus Pendekatan Produksi adalah sebagai berikut: Y=(P1X Q1)+(P2X Q2)+….(Pn
X Qn)
Keterangan :
Y= Pendapatan nasional
P1= harga barang ke-1
Pn= harga barang ke-n
Q1= jenis barang ke-1
Qn= jenis barang ke-n
2. Metode pendekatan pendapatan merupakan pendapatan nasional hasil dari penjumlahan seluruh
penerimaan yang diterima oleh pemilik faktor produksi dalam suatu negara selama satu periode
atau satu tahun.
Rumus pendekatan pendapatan adalah sebagai berikut: Y = r + w + i + p
Keterangan :
Y = Pendapatan Nasional
r = Pendapatan dari upah, gaji, dan lainnya
w = Pendapatan bersih dari sewa
i = Pendapatan dari bunga
p = Pendapatan dari keuntungan perusahaan dan usaha perorangan
3. Metode pendekatan pengeluaran. Dilakukan dengan cara menjumlahkan seluruh pengeluaran berbagai sektor ekonomi, yaitu rumah tangga, pemerintah, perusahaan, dan masyarakat luar negeri
sua tu negara pada periode tertentu.
Rumus pendekatan pengeluaran sebagai berikut: Y = C + I + G + ( X – M )
Keterangan :
Y = Pendapatan nasional
C = consumpTI on ( konsumsi rumah tangga )
I = investment ( investasi )
G = government expenditure ( pengeluaran pemerintah )
X = ekspor
M = impor
13. Diketahui data sebagai berikut:
GNP Rp 1.000.000,00
Penyusutan Rp 50.000,00
Laba TI dak dibagi Rp 100.000,00
Pajak TI dak langsung Rp 75.000,00
Iuran jaminan sosial Rp 25.000,00
Pajak langsung Rp 300.000,00
Dari data tersebut besarnya Net NaTIonal Income (NNI) …
A. Rp 950.000,00
B. Rp 875.000,00
C. Rp 775.000,00
D. Rp 750.000,00
E. Rp 450.000,00
Pembahasan
Jawaban: B
NNP = GNP – Penuyusutan
Rp 1.000.000,00 – Rp 50.000,00
Rp 950.000,00
NNI = NNP – Pajak TI dak langsung
Rp 950.000,00 – Rp 75.000,00
Rp 875.000,00
14. Selain dari pajak, sumber penerimaan negara dapat berasal dari, kecuali …
A. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)
B. Pinjaman
C. Denda-denda
D. Pendapatan perseorangan
E. Hibah
Pembahasan
Jawaban : D
Sumber penerimaan negara diluar pajak adalah:
1. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)
2. Sumbangan masyarakat
3. Pinjaman luar negeri
4. Hibah
5. Denda-denda
6. Undian
Sumber-sumber penerimaan negara :
1. Pajak merupakan pungutan yang dilakukan oleh pemerintah (pusat/daerah) terhadap wajib pajak
tertentu berdasarkan undang-undang (pemungutannya dapat dipaksakan) tanpa ada imbalan
langsung bagi pembayarnya. Jenis pajak di Indonesia: pajak pusat dan pajak daerah.
NNI (NeƩ o NaTI onal Income/pendapatan nasional bersih) adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima masyarakat dalam satu tahun setelah dikurangi pajak TI dak langsung (direct taxt)
NNI = NNP – Pajak TI dak langsung
15. Selain dari pajak, sumber penerimaan negara dapat berasal dari, kecuali …
A. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)
B. Pinjaman
C. Denda-denda
D. Pendapatan perseorangan
E. Hibah
Pembahasan
Jawaban : D
Sumber penerimaan negara diluar pajak adalah:
1. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)
2. Sumbangan masyarakat
3. Pinjaman luar negeri
4. Hibah
5. Denda-denda
6. Undian
Sumber-sumber penerimaan negara :
1. Pajak merupakan pungutan yang dilakukan oleh pemerintah (pusat/daerah) terhadap wajib pajak
tertentu berdasarkan undang-undang (pemungutannya dapat dipaksakan) tanpa ada imbalan
langsung bagi pembayarnya. Jenis pajak di Indonesia: pajak pusat dan pajak daerah.
2. Restribusi adalah suatu pembayaran dari rakyat kepada pemerintah dimana kita dapat melihat
adanya hubungan antara balas jasa yang langsung diterima dengan adanya pembayaran retribusi
tersebut.
3. Keuntungan BUMN/BUMD. Sebagai pemilik BUMN, pemerintah pusat berhak memperoleh bagian
laba yang diperoleh BUMN. Demikian pula dengan BUMD, pemerintah daerah sebagai pemilik BUMD
berhak memperoleh bagian laba BUMD.
4. Denda dan sita diperoleh pemerintah dari memungut denda atau menyita aset milik masyarakat,
apabila masyarakat (individu, kelompok atau organisasi) diketahui telah melanggar peraturan pemerintah.
5. Pinjaman merupakan sumber penerimaan negara yang dilakukan apabila terjadi defi sit anggaran.
6. Sumbangan, hadiah, dan hibah juga termasuk sebagai salah satu sumber penerimaan negara. yang
dapat diperoleh pemerintah dari individu, insTI tusi, atau pemerintah, serta juga bisa didapat dari
dalam maupun luar negeri.
7. Undian. Penyelenggaraan undian berhadiah yang dilakukan pemerintah dengan menunjuk suatu
insTI tusi tertentu sebagai penyelenggara. Jumlah yang diterima pemerintah adalah selisih dari
penerimaan uang undian dikurangi dengan biaya operasi dan besarnya hadiah yang dibagikan.
16. Jumlah angkatan kerja yang besar TI dak dibarengi dengan kualitas SDM yang memadai. Hal tersebut
ditandai bahwa sebagian besar dari pengangguran adalah lulusan SMK yang belum siap memasuki
dunia kerja. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut perlu dilakukan usaha meningkatkan kualitas
SDM dengan cara …
A. Meningkatkan fasilitas teknologi yang lebih modern
B. Memperbanyak proyek padat karya dan padat modal
C. Mengirim karyawan dan manajer bekerja di luar negeri
D. Meningkatkan upah/gaji
E. Penyelenggaraan berbagai laTI han kerja dan serTI fi kasi profesi
Pembahasan
Jawaban: E
Yang dibutuhkan oleh lulusan SMK adalah kompetensi yang sesuai dengan dunia kerja. Oleh karena itu,
pelaTI han dan uji serTI fi kasi profesi dapat memenuhi kebutuhan para lulusan SMK.
17. Saudara Herman memiliki tanah 200 m² dengan harga Rp 500.000.000,00 karena kebutuhan mobil
tanah tersebut ditukarkan dengan mobil yang diperkirakan harganya Rp 500.000.000,00, dalam hal
ini uang berfungsi sebagai alat …
A. Pembayaran
B. Satuan hitung
C. Penyimpan kekayaan
D. Penunda pembayaran
E. Pembentuk kekayaan
Pembahasan
Jawaban: B
Soal tersebut ingin menunjukkan bahwa dua barang yang secara fi sik sangat berbeda, bisa menjadi
seragam apabila nilai masing-masing dinyatakan dalam satuan uang, maka fungsi uang dalam soal
tersebut adalah sebagai alat satuan hitung.
Uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar,
dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan berTIndak sebagai alat penimbun kekayaan. Fungsi uang dibedakan menjadi dua yaitu fungsi asli dan
fungsi turunan.
1. Fungsi asli uang ada TI ga, yaitu sebagai alat tukar, sebagai satuan hitung, dan sebagai penyimpan
nilai.
a. Uang berfungsi sebagai alat tukar atau medium of exchange yang dapat mempermudah per tukaran
b. Uang juga berfungsi sebagai satuan hitung (unit of account) karena uang dapat digunakan untuk
menunjukan nilai berbagai macam barang/jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besarnya
kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman
c. Uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valuta) karena dapat digunakan untuk mengalihkan
daya beli dari masa sekang ke masa mendatang.
2. Fungsi turunan uang
a. Uang sebagai alat pembayaran yang sah. Kebutuhan manusia akan barang dan jasa yang semakin
bertambah dan beragam TI dak dapat dipenuhi melalui cara tukar-menukar atau barter.
b. Uang sebagai alat pembayaran utang. Uang dapat digunakan untuk mengukur pembayaran pada
masa yang akan datang.
c. Uang sebagai alat penimbun kekayaan. Sebagian orang biasanya TI dak menghabiskan semua uang
yang dimilikinya untuk keperluan konsumsi. Ada sebagian uang yang disisihkan dan ditabung
untuk keperluan pada masa datang.
d. Uang sebagai alat pemindah kekayaan. Seseorang yang hendak pindah dari suatu tempat ke
tempat lain dapat memindahkan kekayaannya yang berupa tanah dan bangunan rumah ke
dalam bentuk uang dengan cara menjualnya. Di tempat yang baru dia dapat membeli rumah
yang baru dengan menggunakan uang hasil penjualan rumah yang lama.
e. Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi. Apabila nilai uang stabil orang lebih bergairah
dalam melakukan investasi. Dengan adanya kegiatan investasi, kegiatan ekonomi akan semakin
meningkat
18. Bila seseorang menarik kembali depositonya dari suatu bank umum, maka TIndakan ini akan …
A. Menambah jumlah uang yang beredar
B. Mengurangi jumlah uang yang beredar
C. Tidak mempengaruhi jumlah uang yang beredar
D. Tidak mengurangi besarnya cadangan yang dimiliki bank
E. Tidak mengurangi dana bank yang dapat dipinjamkan
Pembahasan
Jawaban : C
Deposito merupakan simpanan yang dapat diambil pada waktu tertentu, bisa 3 bulan, 6 bulan dan 12
bulan, sehingga bagi bank simpanan deposito dapat dipinjamkan pada debitur secara keseluruhan. Dengan dipinjamkannya kembali simpanan deposito ke debitur maka, uang kembali beredar ke
masyarakat, sehingga jika seseorang menarik kembali depositonya TI dak mempengaruhi jumlah uang yang beredar.
Deposito atau yang sering juga disebut sebagai deposito berjangka, merupakan produk bank sejenis
jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. Deposito merupakan produk penyimpanan
uang di bank dengan sistem penyetoran yang penarikannya hanya bisa dilakukan setelah melewaTI waktu tertentu. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya TI dak boleh di tarik nasabah. Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalTI sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Deposito juga dapat diperpanjang secara otomaTI s menggunakan sistem ARO (AutomaTI c Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomaTI s setelah jatuh tempo, sampai pemiliknya mencairkan depositonya.
19. Berikut adalah kegiatan lembaga keuangan bank dan bukan bank.
a. Melakukan kegiatan sewa guna
b. Mempertanggungjawabkan risiko yang terjadi pada nasabah
c. Menyelenggarakan pasar atau bursa komoditas
d. Melakukan kredit reimburse (leƩ er of credit)
e. Menyediakan layanan rekening koran
Kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan bukan bank ditunjukkan nomor…
A. 1, 3, dan 5
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 3
D. 2, 4, dan 5
E. 2, 3, dan 4
Pembahasan
Jawaban: C
Dewasa ini banyak penjual barang yang menggunakan cara sewa guna (leasing) agar menarik minat
pembeli. Sewa guna merupakan pembelian secara angsuran, namun sebelum angsurannya selesai
(lunas), hak barang yang diperjualbelikan masih dimiliki oleh penjual. Namun demikian, begitu kontrak
leasing ditandatangani, segala fasilitas dan kegunaan barang tersebut boleh digunakan oleh pembeli.
Salah satu lembaga keuangan bukan bank adalah asuransi dimana kegiatan usahanya adalah memberikan
pertanggungan atas risiko yang terjadi pada nasabah.
Bursa efek atau bursa saham (Stock Exchange) adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian
dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaS ar di bursa tersebut.
Kegiatan usaha yang dilakukan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yakni sebagai berikut:
6. Menghimpun dana dari masyarakat dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga.
1. Menyediakan fasilitas kredit baik jangka panjang, maupun jangka menengah untuk perusahaan milik
pemerintah maupun milik swasta
2. Sebagai perantara bagi perusahaan perusahaan yang ada di indonesia serta sebagai badan hukum
pemerintah untuk mendapatkan kredit untuk mendapatkan kredit baik didalam negeri maupun
diluar negeri.
3. Melakukan penyertaan modal pada perusahaan-perusahaan serta penjualan saham pada pasar
modal
4. Melakukan kegiatan usaha lain dibidang keuangan setelah mendapat persetujuan dari menteri
keaungan.
5. Sebagai perantara bagi perusahaan untuk mendapatkan tenaga ahli khususnya dibidang keuangan
20. Pasar modal memberikan manfaat sebagai berikut:
a. Jumlah dana yang dapat dihimpun besar
b. Tidak ada beban fi nansial yangtetap
c. Memeproleh dividen atau bunga tetap seTI ap tahun
d. Mudah mengganTI instrumen investasi, sehingga dapat mengurangi risiko dann meningkatkan
keuntungan
e. Sebagai sumber pembiayaan BUMN sehingga TI dak lagi tergantung pada subsidi dari pemerintah
f. Meningkatkan pendapatan dari sector pajak
Dari beberapa manfaat di atas, manfaat yang diperoleh investor adalah:
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6
Pembahasan
Jawaban: C
Pembahasan: manfaat yang diperoleh investor adalah 3 dan 4
Manfaat/keuntungan Pasar Modal yang diterima investor adalah :
1. Memperoleh deviden dari pemegang saham atau bunga bagi pemegang obligasi
2. Mudah mengganTI instrumen investasi, sehingga dapat megurang resiko dalam meningkatkan keuntungan
3. Dapat brinvestasi dibeberapa perusahaan secara sekaligus
4. Memiliki hak suara RUPS.
21. PerhaTI kan pernyataan tentang pembangunan ekonomi:
a) Distribusi pendapatan nasional masih TI mpang
b) Pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan
c) Penyerapan tenaga kerja masih rendah
d) Perekonomian TI dak mengalami banyak guncangan
e) Terbuka kesempatan kerja yang luas bagi angkatan kerja.
Yang merupakan keberhasilan pembangunan ekonomi adalah …
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Pembahasan
Jawaban: D
Pembahasan: Pembagunan ekonomi (development) menunjukkan pada pertumbuhan ekonomi yang
disertai dengan perubahan structural. Hal ini akan membuat taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.
Keberhasilan dari perkembangan ekonomi yaitu
1. Pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan produki barang dan jasa dalam peningkatan GDP
2. Perekonomian TI dak mengalami banyak guncangan
3. Terbuka kesempatan kerja yang luas bagi angkatan kerja
4. Terjadinya pengendalian dari pertumbuhan jumlah penduduk sebuah Negara
22. Harga barang kebutuhan pokok di pasar pada umumnya mengalami kenaikan rata-rata di atas 7%.
Hal yang sangat berdampak bagi masyarakat adalah …
A. Meningkatkan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa
B. Menurunkan daya beli masyarakat terutama berpenghasilan tetap
C. Meningkatkan pendapatan riil masyarakat
D. Meningatkan daya saing akibat TI ngginya harga
E. Menurunkan TI ngkat kreaTI fi tas masyarakat
Pembahasan
Jawaban: B</strong
Demikian informasi “Soal dan Pembahasan PPPK untuk Guru Ekonomi Tahun 2021″
Baca Juga : Info PPPK Lainnya — DISINI
Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Soal dan Pembahasan PPPK untuk Guru Ekonomi Tahun 2021” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.