Info Pendidikan Terbaru News Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

INFO PENDIDIKAN – Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Sahabat Pendidikan Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Asesmen Nasional juga merupakan merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.

Baca Juga :  Cara Mengecek Status Sudah atau Belum Mengisi Kuesioner Survei Lingkungan Belajar Untuk Guru

Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca serta literasi matematika (numerasi). Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat. Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret hasil belajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Baca Juga :  Contoh Daftar Hadir Peserta, Proktor, Teknisi, dan Pengawas ANBK Tahun 2021

Demikian informasi “Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)”

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/

Baca Juga : Info News — DISINI

Paparan Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dari Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Sebagai Berikut:

Download File Paparan Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Tanya Jawab Seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Baca Juga :  5 Jenis Soal Asesmen kompetensi Minimum (AKM) Tahun 2021
19 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *