Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban UKPPPG 2024 Topik 1 Modul 1

Kunci Jawaban UKPPPG 2024 Topik 1 Modul 1

Kunci Jawaban UKPPPG 2024 Topik 1 Modul 1

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban UKPPPG 2024 Topik 1 Modul 1

Sobat Pendidikan, bagi teman-teman yang memerlukan referensi soal UKPPG Terbaru, kali ini admin akan membagikannya yang sudah lengkap dengan penjelasan pada setiap soal. Semoga soal ini dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Soal UKPPG Terbaru Tahun 2024 Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasan

1. Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali…

a. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.

b. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.

c. Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik.

d. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.

e. Memastikan peserta didik mencapai kompetensi pembelajaran.

Penjelasan : Karena dalam kegiatan pembelajaran guru tidak hanya harus memastikan ketercapaian CP, tetapi juga memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.

2. Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan merujuk pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, “memahami” merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena. Terkait hal tersebut, pernyataan yang benar dalam kurikulum Merdeka adalah….

a. Hirarki pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan dari CP.

b. Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik.

c. Memberi kebebasan kepada guru mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai.

Baca Juga :  Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Program PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022

d. Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang komplek tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah.

e. Menganggap bahwa “memahami” dapat dicapai tanpa melibatkan proses dan pengalaman belajar yang mendalam serta tanpa memberikan kesempatan untuk menjelaskan, menginterpretasi, dan mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif.

Penjelasan : Karena dalam Kurikulum Merdeka, pemahaman memang benar dimaknai sebagai sebuah proses berpikir yang kompleks dimana peserta didik ditekankan pada pembelajaran yang lebih dalam dan bermakna, didorong untuk berpikir kritis dan analitis, berfokus pada pengembangan kompetensi yang mencangkup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap hingga peserta didik yang didorong untuk memahami materi dalam konteks dunia nyata (kontekstual).

3. “Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran?”. Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap….

a. Perencanaan strategi pembelajaran

b. Merumuskan tujuan pembelajaran

c. Merancang asesmen

d. Perencanaan kegiatan pembelajaran

e. Perencanaan model pembelajaran

Alasannya : Merumuskan tujuan pembelajaran melibatkan penentuan hasil belajar yang diharapkan dari siswa setelah selesai mengikuti suatu pengajaran atau pelajaran. Pada tahap ini, guru harus jelas tentang apa yang siswa harus lakukan, ketahui, dan pahami pada akhir pengajaran, sehingga tujuan tersebut dapat dijadikan panduan dalam menyusun strategi, kegiatan, asesmen, dan model pembelajaran yang sesuai.

4. “Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mendapat-tujuan pembelajaran?” Merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap….

a. Merencanakan model pembelajaran

b. Merumuskan tujuan pembelajaran

c. Merancang asesmen

d. Merancang kegiatan pembelajaran

e. Merencanakan strategi pembelajaran

Alasan : Rancangan kegiatan pembelajaran adalah tahap di mana guru mengembangkan aktivitas dan metode pengajaran yang akan digunakan di kelas. Pada tahap ini, penting untuk mempertimbangkan keragaman peserta didik dalam hal gaya belajar, kebutuhan khusus, kemampuan, minat, dan latar belakang budaya.

5. Fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah….

a. Merancang asesmen, merancang kegiatan, dan merumuskan tujuan pembelajaran

b. Merancang asesmen, merumuskan tujuan, dan merancang kegiatan pembelajaran

c. Merancang kegiatan, merumuskan tujuan, dan merancang asesmen pembelajaran

d. Merumuskan tujuan, merancang kegiatan, dan asesmen pembelajaran

e. Merumuskan tujuan, merancang asesmen, dan kegiatan pembelajaran

Alasannya : Karena, dalam merancang perencanaan pembelajaran sesuai dengan prinsip UbD fase yang harus dilakukan yaitu merumuskan tujuan, merancang asesmen dan kegiatan pembelajaran.

6. “Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?” Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap….

a. Merencanakan model pembelajaran

b. Merumuskan tujuan pembelajaran

c. Merancang asesmen

d. Merancang kegiatan pembelajaran

e. Merencanakan pendekatan pembelajaran

Alasannya: Ketika guru ingin mengetahui apakah pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan, mereka harus merancang asesmen yang tepat. Tahap ini melibatkan penentuan metode dan alat asesmen yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan perlajaran.

7. Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah…

a. Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan.

b. Hasil asesmen awal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindaklanjut perbaikan berupa intervensi yang tepat.

c. Hasil asesmen awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi, kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

d. Asesmen awal dapat diterapkan untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik yang beragam.

e. Hasil asesmen awal digunakan untuk memetakan minat, kemampuan dan kesiapan belajar peserta didik

Alasannya: Asesmen awal biasanya tidak dimaksudkan untuk mengukur capaian hasil belajar yang sudah tercapai, melainkan untuk mengetahui kondisi awal peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memahami tingkat kompetensi, kekuatan, kelemahan, dan kebutuhan belajar peserta didik sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kondisi peserta didik yang beragam.

8. Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah….

a. Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksi proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik

b. KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran (TP)

c. KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik.

d. KKTP dapat disusun melalui dekripsi kriteria dan interval nilai

e. Semua benar

Alasannya: Karena memang benar hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik, KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran (TP), KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik hingga KKTP dapat disusun melalui dekripsi kriteria dan interval nilai.

Baca Juga :  Cek Akun Simpatika Guru Madrasah, Pendaftaran PPG Kemenag Tahun 2022 Dibuka

9. Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali….

a. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal.

b. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan.

c. Sepanjang proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik.

d. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.

e. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen, karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik.

Alasannya : Pernyataan poin B mengimplikasikan bahwa asesmen sumatif bisa dilakukan “jika diperlukan,” yang seharusnya selalu menjadi bagian dari proses pembelajaran terstruktur untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan telah tercapai.

10. Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali….

a. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP.

b. Merumuskan TP dengan cara menganalisis ‘kompetensi’ dan ‘lingkup materi’ pada CP.

c. Merumuskan TP secara lintas elemen.

d. Merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik

e. Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik

Alasannya: Guru dapat memilih beberapa alternatif teknik seperti merumuskan tujuan pembelajaran langsung berdasarkan CP hingga berdasarkan intuisi pribadi tanpa memperimbangkan kebutuhan peserta didik. Hal ini dikarenakan tujuan pembelajaran umumnya disusun berdasarkan standar kurikulum yang berlaku dan fokus pada kompetensi atau keterampilan yang ingin dicapai oleh peserta didik.

Demikian informasi “Kunci Jawaban UKPPPG 2024 Topik 1 Modul 1”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban UKPPPG 2024 Topik 1 Modul 1” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *