Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Soal Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dan Jawabannya

Soal Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dan Jawabannya

Soal Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dan Jawabannya

INFO PENDIDIKAN – Soal Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dan Jawabannya

Materi ini berisi tentang strategi pelaksanaan pembelajaran dan implementasi rancangan pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan dengan berbagi pengalaman, membaca materi dan melakukan simulasi pembelajaran yang di dokumentasikan dalam bentuk video.

Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) idealnya selalu didasarkan pada hasil identifikasi dan asesmen sebelumnya. Hasil identifikasi yang berbeda dari satu peserta didik dengan peserta didik lainnya, menjadikan adanya kebutuhan yang berbeda sesuai dengan hambatan yang mereka miliki. Itulah esensi dari keberagaman peserta didik. Hal itulah yang menjadikan stimulus positif bagi guru untuk membuat beragam strategi pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didiknya yang keberagaman.

Strategi pelaksanaan pembelajaran yang akomodatif bagi keberagaman peserta didik, adalah implementasi pembelajaran yang didasarkan pada profil belajar siswa (PBS) dan dari RPP akomodatif yang yang telah Anda buat dengan menggunakan kerangka desain universal untuk pembelajaran atau Universal Design for Learning (UDL) yang telah dipelajari pada sesi-sesi sebelumnya. Strategi yang Anda gunakan ditujukan untuk mencapai tujuan belajar dan kebutuhan belajar PDBK dengan tetap memfasilitasi tercapainya tujuan belajar dan kebutuhan belajar peserta didik reguler pada umumnya.

Baca Juga :  Soal dan Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 3 Creativity

Bapak / Ibu dipersilakan untuk mengikuti alur pembelajaran yang telah ditetapkan dengan melakukan berbagai aktivitas yang ditentukan. Kegiatan selanjutnya Bapak / Ibu diminta untuk Berbagi Pengalaman terkait dengan strategi pelaksanaan pembelajaran bagi PDBK termasuk di dalamnya siswa dengan penyandang disabilitas di sekolah Bapak / Ibu.

Jawaban Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran

Pada bagian ini Bapak / Ibu diminta untuk berbagi dengan teman sejawat. Esensinya adalah untuk memperkaya wawasan Bapak / Ibu dan memberikan informasi penting dalam pembelajaran yang melibatkan PDBK di kelas/sekolah inklusif.

1. Bagaimana pengalaman Anda dalam memilih strategi untuk pelaksanaan pembelajaran dalam seting pendidikan inklusif, atau ketika dihadapkan dengan kelas yang memiliki peserta didik yang beragam?

Jawab : Siswa beragam harus dilayani secara beragam dalam pembelajaran, dengan memenuhi kebutuhan (cara belajar) siswa. Membuat pembelajaran dalam bentuk fragmen-fragmen kecil dengan kegiatan yang memenuhi tipe-tipe siswa belajar. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Memperlakukan siswa secara adil. Memberikan motivasi yang tepat. Membangun komunikasi yang baik. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Baca Juga :  Soal Tugas Aktivitas 2 dan Refleksi Perencanaan Pembelajaran Beserta Jawabannya

2. Jelaskan menurut anda apakah strategi pembelajaran yang anda laksanakan sudah mampu mengakomodasi keberagaman perserta didik di kelas anda? Jika sudah ceritakan faktor-faktor apa saja yang mendukungknya, dan jika belum jelaskan apa saja yang menjadi tantangannya?

Jawab : strategi yang dilaksanakan belum secara optimal mengakomodasi keberagaman peserta didik kareana keterbatasan pengetahauan dan kemampuan guru, media, dan jumlah keberagaman dari peserta didik

3. Apakah dalam strategi pemebelajaran yang anda buat sudah dilakukan, menggunakan prinsip-prinsip UDL, jika sudah pada bagaian mana dan jelaskakan? Jika belum, menurut anda apa yang anda bisa lakukan agar prinsip-prinsip UDL tersebut bisa diimplementasikan dalam strategi pembelajaran yang anda buat?

Jawab : Sudah sebagian menggunakan prinsip-prinsip UDL seperti :

  • Multiple means of engagement. Menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif (yaitu, mengapa kita belajar): Mempertimbangkan bagaimana melibatkan peserta didik guna merangsang minat dan memotivasi dalam belajar melalui kegiatan seperti pembelajaran kolaboratif, permainan dan simulasi, nyata dan virtual.
  • Multiple means of representation. Menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran (menyediakan konten melalui berbagai cara, seperti diskusi, bacaan, teks digital, dan presentasi multimedia)
  • Multiple means of action and expression. Menyediakan berbagai cara yaitu berupa tindakan dan ekspresi sebagai upaya dalam mendukung cara belajar yang strategis (yaitu, bagaimana kita belajar): Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai cara seperti melalui tes atau makalah, melalui seni, presentasi multimedia, dan rekaman digital.

Demikian informasi “Soal Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dan Jawabannya”

Baca Juga :  Soal dan Jawaban Pre Test Seri Pengelolaan Pembelajaran Penyelenggara Pendidikan Inklusif

Sumber : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/

Baca Juga : Info Karir Guru — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Soal Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dan Jawabannya” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

3 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *