Info Pendidikan Terbaru TIPS Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022

Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022

Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022

INFO PENDIDIKAN – Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022

Sobat Pendidikan, di dalam membuat kartu Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022, Aplikasi kartu peserta Ujian Sekolah ini sangat membantu panitia penyelenggara tingkat sekolah.

Kartu Ujian Sekolah menjadi salah satu kelengkapan atribut yang harus dimiliki oleh peserta ujian dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 202/2022.

Panitia Ujian Sekolah perlu menyiapkan Kartu Ujian Sekolah dengan cara mencetaknya sesuai jumlah peserta ujian.

Di dalam Kartu Ujian Sekolah memuat minimal Nomor Peserta Ujian, Nama Peserta Ujian, Tempat Tanggal Lahir, dan Ruang Ujian.

Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah ini diharapkan dapat membantu meringankan pekerjaan Panitia UJian Sekolah, khususnya dalam menyiakan Kartu Peserta Ujian.

Aplikasi ini dalam format Excel, sehingga sederhana, mudah difungsikan, dan efektif. Guru hanya tinggal menginput master data, maka secara otomatis Kartu Peserta Ujian Sekolah siap untuk dicetak.

Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah

Ujian Sekolah merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

Kisi-kisi soal Ujian Sekolah dikembangkan berdasarkan Standar Isi yang diturunkan menjadi kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum yang diterapkan.

Ujian Sekolah akan menjadi penentu kelulusan peserta didik tahun pelajaran 2021/2022. Di dalam SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 disampaikan bahwa kelulusan peserta didik salah satunya ditentukan oleh Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dilaksanakan dalam bentuk :

  1. Portofolio, berupa evaluasi atas nilai rapor;
  2. Nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya);
  3. Tes secara daring atau luring; dan/atau
  4. Bentuk kegiatan penilaian lainnya yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Terkait dengan pelaksanaan Ujian Sekolah tersebut, maka satuan pendjdikan perlu mempersiapkan seluruh administrasinya, termasuk salah satunya adalah Kartu Ujian Sekolah.

Aplikasi kartu ujian sekolah yang dibagikan ini berformat Excel, sehingga mudah untuk digunakan. Berikut ini penjelasan singkat mengenai langkah-langkah menggunakan aplikasi Kartu Peserta Ujian Sekolah.

1. Langkah Pertama

Silakan buka sheet Master Data pada aplikasi Kartu Peserta Ujian Sekolah, kemudian edit data sekolah Anda, data stempel, copy scan tanda tangan kepala sekolah, cap tiga jari, serta logo sekolah.

2. Langkah Kedua

Buka sheet Peserta, selanjutnya masukkan data peserta ujian untuk dicetak. Pastikan nama peserta ujian, nomor ujian, NISN, tempat dan tanggal lahir diinput dengan benar (bisa merujuk pada data Dapodik).

3. Langkah Ketiga

Buka sheet Foto, untuk mengganti foto peserta ujian. Foto berwarna disiapkan dalam format JPG atau PNG dengan ukuran 3 x 4. Cara mengganti adalah dengan klik kanan pada foto di aplikasi, selanjutnya pilih Change Picture, cari file foto yang akan digantikan.

4. Langkah Keempat

Buka sheet Kartu dan kartu ujian siap dicetak. Cara mencetaknya disesuaikan dengan nomor urut peserta ujian pada tombol yang tersedia, kemudian lakukan perintah pencetakan.

Aplikasi Kartu Peserta Ujian Sekolah selengkapnya dapat di unduh disini

Demikian informasi “Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022″

Baca Juga : Info Tips — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

7 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Comment