Info Pendidikan Terbaru DAPODIK Cara Login dan Aktivasi Akun di My SAPK BKN Bagi ASN Tahun 2021

Cara Login dan Aktivasi Akun di My SAPK BKN Bagi ASN Tahun 2021

Cara Login dan Aktivasi Akun di My SAPK BKN Bagi ASN Tahun 2021

InfoASN.id – Cara Login dan Aktivasi Akun di My SAPK BKN Bagi ASN Tahun 2021

Sahabat Pendidikan, dalam waktu dekat ini seluruh aparatur sipil negara (ASN) akan di wajibkan untuk melakukan pembaharuan atau pemutakhiran data mandiri ASN melalui aplikasi BKN yang di beri nama My SAPK BKN. Melalui aplikasi My SAPK BKN nantinya para ASN akan melakukan pengeditaan untuk pemutakhiran data mandiri sesuai keperluan data masing-masing.

Cara Login dan Aktivasi Akun di My SAPK BKN Bagi ASN Tahun 2021

Sebelum berbicara lebih jauh tentang penggunaan apikasi My SAPK BKN maka terlebih dahulu kita harus memahami apa itu aplikasi My SAPK BKN serta apa tujuan dilakukan pemutakhiran data mandiri ASN melalui aplikasi My SAPK BKN.

Berikut ini penjelasan tentang My SAPK BKN serta tujuannya :

MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil.

My SAPK BKN adalah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi untuk memudahkan PNS di seluruh instansi, agar dapat mengakses data kepegawaian, di antaranya Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen dan lainnya. Sehingga diharapkan data kepegawaian secara nasional akan lebih akurat.

Pemutakhiran Data Mandiri ASN adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data.

TUJUAN PEMUTAKHIRAN DATA MANDIRI ASN

Tujuan Pemutakhiran Data Mandiri adalah sebagai berikut :

1. Memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman dalam rangka penyelenggaraan pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT Non ASN secara elektronik Tahun 2021;

2. Mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data ASN; dan

3. Meningkatkan kualitas dan integritas Data dalam rangka mendukung terwujudnya Satu Data ASN dan

4. kebijakan pemerintah di bidang manajemen Aparatur Sipil Negara

Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf dalam arahannya mengungkapkan, kondisi data ganda, data tidak lengkap, data tidak akurat, data tidak terkini, dan data hilang adalah permasalahan Data ASN yang beberapa kali sempat ditemui.

Hal tersebut terjadi, salah satunya karena ASN tidak dapat melakukan pengecekan terhadap data pribadinya dan peremajaan data hanya dapat dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian instansi masing-masing.

Dengan adanya Program pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT Non-ASN maka akan memberi kesempatan kepada setiap pegawai untuk dapat mengecek dan memutakhirkan data masing-masing melalui aplikasi MySAPK.

Bagi para ASN yang mungkin belum mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi My SAPK BKN serta belum mengetahui cara melakukan login dan aktivasi akun di My SAPK BKN, maka melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara untuk bisa menggunakan my sapk bkn serta cara login dan melakukan aktivasi akun.

Bagi anda yang akan melakukan pembaruan data mandiri ASN di dalam aplikasi My SAPK BKN maka anda dapat melakukannya dengan menggunakan media perangkat mobile atau ipad yang dapat memudahkan anda dalam melakukan download aplikasinya serta menjalankan aplikasinya.

Berikut ini panduan cara login dan melakukan aktivasi akun ASN di My SAPK BKN Tahun 2021 :

1. Pertama silahkan Download aplikasi My SAPK BKN melalui Playstore

2. Selanjutnya install aplikasi My SAPK BKN

3. Setelah proses install selesai silahkan buka aplikasi My SAPK

4. Silahkan klik Lupa Password

5. Lanjut masukan NIP anda sebagai ussername dan isi kolom kedua dengan memasukan email yang terdaftar di My SAPK/SIASN klik berikutnya

6. Berikutnya masukan password dengan minimal 6 karakter terdiri dari minimal 1 huruf besar dan 1 angka dan baris kedua masukan Token

7. Token ini akan dikirim melalui email, tinggal kita buka lalu salin dan tempel saja pada aplikasi My SAPK kemudian klik Reset Password

8. Setelah proses selesai maka update password telah berhasil dilakukan

9. Tinggal kita Login di menu My SAPK dengan menggunakan Ussername berupa NIP dan masukan password baru yang telah didaftarkan

10. Setelah berhasil masuk maka akan tampil Menu Home aplikasi My SAPK

11. Silahkan lakukan pemutakhiran data mandiri ASN.

CARA MELAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA MANDIRI ASN :

a. Silahkan login ke aplikasi My SAPK

b. Memilih pemutakhiran data mandiri

c. Memeriksa dan memverifikasi data pada setiap riwayat

d. Melengkapi riwayat dengan menggunggah dokumen pendukung

e. Menirim pengajuan dan mengunduh bukti pengajuan

f. Selesai.

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan login dan aktivasi akun di aplikasi My SAPK BKN bagi setiap ASN yang akan melakukan pemutakhiran data ASN, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bagi ASN yang akan melakukan pemutakhiran data semoga bisa melakukannya dengan baik.

Demikian informasi “Cara Login dan Aktivasi Akun di My SAPK BKN Bagi ASN Tahun 2021″

Baca Juga : Info Karir Guru Lainnya — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Login dan Aktivasi Akun di My SAPK BKN Bagi ASN Tahun 2021” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

8 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

21 Comment

    1. Jika email yang dimasukan sesuai dengan yang ada diSAPK, maka token akan terkirim ke dalam email.

      Tunggu saja, pasti akan masuk ke dalam email.

  1. Bagaimana token lupa password tidak masuk email resmi saya do**** jatengprov.go.id? Sudah ditunggu tunggu

    1. Jika email yang dimasukan sesuai dengan yang ada diSAPK, maka token akan terkirim ke dalam email.

      Tunggu saja, pasti akan masuk ke dalam email.