Info Pendidikan Terbaru TIPS Cara Membuat Website Dengan Google Site untuk Pembelajaran yang Menarik

Cara Membuat Website Dengan Google Site untuk Pembelajaran yang Menarik

Cara Membuat Website Dengan Google Site untuk Pembelajaran yang Menarik

INFO PENDIDIKAN – Cara Membuat Website Dengan Google Site untuk Pembelajaran yang Menarik

Sobat Pendidikan, Cara membuat website dengan google sites tentu bukanlah hal yang barus. Meski begitu masih banyak orang yang mungkin kurang paham dengan bagaimana cara membuat website dengan google site. Salah satu hal yang menarik dari google site adalah Anda bisa berkolaborasi dalam menyusun lama konten secara bersama-sama pada waktu bersamaan. Di sini Anda juga dapat menentukan siapa saja yang menjadi pemiliki situs dan siapa saja yang bisa mengedit maupun melihat isi sebuah situs.

Cara membuat website pasti akan terlihat lebih sulit jika Anda masih tergolong pemula. Untuk membuat website dengan google site, Anda tidak memerlukan server web (hosting service) karena google site merupakan aplikasi cloud sehingga software dan server sudah disediakan termasuk alamat URL. Akan tetapi jika Anda menginginkan alamat URL yang sesuai dengan kepentingan, maka Anda dapat membeli nama domain yang sesuai, kemudian bisa mapping (pemetaan) nama domain sehingga situs web di google site tersebut bisa diakses menggunakan nama domain Anda.

Apa Itu Google Site?

Google Site merupakan suatu tools yang digunakan untuk menciptakan custom website. Bahkan banyak yang beranggapan kalau google site ini mirip dengan Wiki karena Anda dapat mengembangkan situs Anda sendiri dalam membuat website dan isinya. Enaknya menggunakan google site adalah Anda dapat menentukan siapa pemiliknya, siapa yang Anda izinkan untuk mengedit dan memperbaiki situs dan siapa yang Anda izinkan untuk melihat situs.

Dalam penggunaannya, Google Site secara otomatis bisa menggunakan format editor WYSIWYG sehingga bisa mengakomodasi pengguna tingkat lanjut dalam mengedit HTML secara manual. Yang membuat orang memilih google site adalah akan membantu penggunanya dalam membuat situs web dengan mudah, gratis dan bebas hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu, pengguna juga dapat membuat situs web yang dinamis dan interaktif tanpa perlu bekal pemahaman HTML.

Dengan segala kemudahannya, maka tak heran jika beberapa orang lebih memilih google site untuk membuat website. Memilih google site juga akan memudahkan Anda dalam mengelolanya Lalu bagaimana cara membuat website dengan google site?

Cara Mudah Membuat Website Dengan Google Site

1. Memiliki Akun Google

Sekarang ini tentunya semua orang sudah banyak yang memiliki akun google. Bagi Anda yang ingin membuat website gratis dengan google site, maka harus memiliki akun google terlebih dahulu. Jika belum, maka bisa langsung mendaftar karena gratis. Kalau sudah memiliki akun google. Maka yang Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memasukkan username dan password.

2. Buat Website Baru Pada Halaman Google SIte

Setelah berhasil login ke akun google, nantinya Anda akan langsung menuju ke halaman utama google site. Pada bagian bawah akan ada tombol plus (+), Anda tinggal klik tombol berikut.

3. Silakan Memulai Desain Web

Langkah selanjutnya adalah silakan mendesain tampilan website yang Anda inginkan di halaman google site. Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan tool yang sudah disediakan pada web bulider google site. Di sini Anda akan lebih mudah dalam melakukan desain karena tidak perlu banyak tahu tentang HTML. Hal tersebut karena sudah dilengkapi dengan format editor WYSIWYG.

4. Beri Nama Yang Unik Untuk Webiste.

Pada bagian ini Anda harus membuat nama untuk website yang akan Anda kelola. Buat nama yang unik dan mudah diingat. Pada poin ini Anda harus memberi nama berbeda dari situs Anda meliputi;

Site document name

Di sini Anda bisa memasukkan nama unik untuk melacak situs Anda. Untuk nama dokumen situsnya hanya dapat dilihat oleh Anda.

Site name

Agar site name ini muncul, maka Anda harus memiliki 2 atau lebih halaman di situs web. Ini bisa ditempatkan pada tajuk dan bilah judul jendela web.

Page title

Semua website tentunya memiliki yang namanya page title (halaman judul). Ini nantinya akan muncul pada bagian atas halaman maupun di menu navigasi.

5. Memilih Tata Letak Untuk Website.

Setiap orang pasti menginginkan tampilan yang bagus untuk website. Di sini Anda bisa memilih tata letak (layout) sesuai dengan keinginan Anda. Untuk memudahkan dalam memilih layout desain, maka Anda bisa langsung drag desain layout yang Anda inginkan ke halaman website.

6. Pilih Gambar Background, Jenis Header dan Tema

Sekilas memang seperti sedang setting blog. Setiap tema dilengkapi dengan latar belakang yang telah ditetapkan mulai dari skema warna dan pemilihan font. Tapi Anda bisa langsung menyesuaikan font, warna dan latar belakangnya sesuai dengan keinginan Anda. Yang orang lebih suka memilih google site adalah bisa dengan mudah mengubah tema setelah situs selesai dibuat.

7. Siap Menerbitkan (Publish) Website.

Jika keseluruhan sudah selesai, maka langkah terakhir adalah dengan menerbitkan website Anda. Hal ini agar website Anda bisa dilihat oleh orang lain. Untuk menerbitkannya Anda bisa langsung klik publish di bagian atas pada halaman google sites. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman di mana Anda bisa menamai url website Anda, kemudian website bisa diakses dengan URL. Hasilnya nanti seperti berikut ini;

https://sites.google.com/view/URLwebsiteAnda

Ketika Anda sudah berhasil membuat website Anda, maka halaman selanjutnya yang ditampilkan oleh google sites adalah halaman pertama situs Anda. Dan halaman pertama inilah yang nantinya dikenal dengan istilah homepage. Dalam membuat website Anda bisa memilih yang maksimal atau yang biasa saja.

Demikian informasi “Cara Membuat Website Dengan Google Site untuk Pembelajaran yang Menarik”

Baca Juga : Info Tips — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Membuat Website Dengan Google Site untuk Pembelajaran yang Menarik” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

8 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *