Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

INFO PENDIDIKAN – Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sobat Pendidikan, Tim Fasilitator pada masing-masing satuan pendidikan perlu memahami teknik merancang alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Berikut ini adalah teknik merancang alokasi waktu untuk Tim Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

1. Pemetaan Alokasi Waktu Projek Profil di Setiap Jenjang

Langkah pertama merancang alokasi waktu projek profil adalah mengidentifikasi jumlah total jam projek profil yang dimiliki setiap kelas.

Jumlah jam tersebut ditentukan dalam Kepmendibudristek RI Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Berikut adalah alokasi jam projek profil untuk setiap jenjang.

a. PAUD

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di jenjang PAUD dilaksanakan 1-2 projek profil dalam satu tahun ajaran.

Pemerintah tidak menentukan jumlah alokasi waktunya, tetapi tim fasilitator perlu mengalokasikan waktu yang memadai agar peserta didik dapat mencapai kompetensi profil pelajar Pancasila.

b. Pendidikan Dasar dan Menengah

  • SD/MI I-V : 252 JP per Tahun
  • SD/MI VI : 224 JP per Tahun
  • SMP/MTs VII-VIII : 360 JP per Tahun
  • SMP/MTs IX : 320 JP per Tahun
  • SMA/MA X : 486 JP per Tahun
  • SMA/MA XI : 216 JP per Tahun
  • SMA/MA XII : 192 JP per Tahun
  • SMK X : 288 JP Per Tahun
  • SMK XI : 144 JP per Tahun
  • SMK XII : 36 JP per Tahun
  • SMK XII* (Program 4 tahun) : 144 JP per Tahun
  • SMK XIII* (Program 4 tahun) : 0 JP per Tahun

c. Pendidikan Khusus

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

d. Pendidikan Kesetaraan

Pada Pendidikan Kesetaraan, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan melalui Program Pemberdayaan dan Keterampilan Muatan program pada pendidikan kesetaraan dinyatakan dalam bentuk Satuan Kredit Kompetensi (SKK) yang menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

Satu SKK dicapai melalui pembelajaran 1 (jam) tatap muka atau 2 (jam) tutorial atau 3 (jam) mandiri atau kombinasi secara proporsional dari ketiganya.

Penentuan moda tatap muka, tutorial, dan mandiri ditentukan oleh satuan pendidikan melalui pemetaan SKK. Alokasi waktu projek penguatan profil pelajar Pancasila pada pendidikan kesetaraan berbeda dengan alokasi waktu projek profil di pendidikan formal.

Pada pendidikan formal alokasi waktu projek profil dialokasikan 20-30% dari total pembelajaran dalam satu tahun.

Adapun pada pendidikan kesetaraan, alokasi waktu didasarkan pada jumlah SKK pada kelompok program pemberdayaan dan keterampilan.

Berikut alokasi SKK setiap fase pada pendidikan kesetaraan.

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan projek profil pada pendidikan kesetaraan adalah sebagai berikut.

  • Jumlah alokasi SKK untuk projek profil pada tiap fase diambil dari alokasi SKK untuk Kelompok Pemberdayaan dan Keterampilan sesuai dengan jumlah SKK yang sudah ditetapkan dalam struktur kurikulum.
  • Alokasi SKK untuk setiap projek profil tidak harus sama. Satu projek profil dapat
    dilakukan dengan SKK yang lebih banyak daripada projek profil yang lain. Pembagian jumlah SKK Program Pemberdayaan dan Keterampilan dapat ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan karakteristik peserta didik, lingkungan belajar dan satuan pendidikan.
  • Waktu pelaksanaan P5 ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara satuan pendidikan, peserta didik, dan lingkungan yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan proyek. Sangatlah penting untuk membuat urutan waktu dalam pengerjaan projek profil.
  • Topik kegiatan pemberdayaan dan/atau jenis keterampilan dipilih yang relevan sesuai tema yang sudah ditetapkan.
  • Aktivitas pembelajaran projek profil ini bisa dilaksanakan langsung di lingkungan satuan pendidikan, atau di lingkungan tempat tinggal peserta didik, atau di lingkungan satuan pendidikan lain/ lembaga yang menyediakan jenis keterampilan sesuai pilihan, melalui situs dunia maya, atau kombinasi diantara keempatnya.

2. Simulasi Penghitungan Alokasi Waktu Projek Profil

Setelah mengidentifikasi total alokasi jam projek profil, langkah berikutnya adalah menentukan pembagian durasi projek profil sejumlah tema yang dipilih di kelas tersebut.

Durasi setiap tema projek profil dapat dirancang berbeda-beda tergantung tujuan dan kedalaman eksplorasi tema tersebut.

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Prinsip perhitungan ini sama dengan jenjang lain, dengan perbedaan pada total JP dan jumlah projek profil yang dirancang.

3. Pilihan Waktu Pelaksanaan Projek Profil

Catatan:

  • Contoh pilihan waktu berikut hanya simulasi pilihan waktu pelaksanaan projek profil. untuk periode waktu belajar dapat disesuaikan dengan jenjang masing-masing.
  • Pilihan waktu pelaksanaan berikut dapat dipilih sesuai dengan kesiapan satuan pendidikan, tidak terikat pada tahapan kesiapan satuan pendidikan.

a. Menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek profil (misalnya hari Jumat). Seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk projek profil.

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

b. Mengalokasikan 1-2 jam pelajaran di akhir hari, khusus untuk mengerjakan projek profil. Bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

c. Mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu (misalnya 2 minggu atau 1 bulan – tergantung jumlah jam tatap muka yang dialokasikan pada setiap projek profil), di mana semua Tenaga Pendidik berkolaborasi mengajar projek profil setiap hari selama durasi waktu yang ditentukan.

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Contoh Pemetaan Dimensi, Tema, dan Alokasi Waktu

Di sebuah sekolah dasar, kepala satuan pendidikan dan tim fasilitator memutuskan bahwa di tahun ajaran berjalan dimensi profil pelajar Pancasila yang akan difokuskan adalah Berkebinekaan Global, Bergotong-Royong, dan Bernalar Kritis. Sementara tema projek profil pilihannya adalah Bhinneka Tunggal Ika, Kearifan Lokal, dan Kewirausahaan.

Pemilihan dimensi dan tema tersebut berangkat dari kondisi dan kebutuhan sekolah. Berdasarkan dari hal tersebut, tim fasilitator yang bertugas di kelas V SD, kemudian memetakan kegiatan projek profil di kelasnya sebagai berikut.

Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tingkat SD/MI dan sederajat wajib memilih minimal 2 tema dalam satu tahun ajaran.

**Total alokasi waktu projek profil di kelas 5 SD dalam satu tahun ajaran adalah 252 JP.

Demikian informasi “Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Cara Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.