Info Pendidikan Terbaru PERANGKAT PEMBELAJARAN Contoh Format SK Pembentukan Tim Penyusun RAPBS

Contoh Format SK Pembentukan Tim Penyusun RAPBS

Contoh Format SK Pembentukan Tim Penyusun RAPBS

INFO PENDIDIKAN – Contoh Format SK Pembentukan Tim Penyusun RAPBS

Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) adalah rencana anggaran pendapatan dan belanja keuangan tahunan sekolah yang dibahas dan disetujui bersama oleh sekolah dan komite sekolah yang kemudian disahkan Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah. Serta penanggungjawab perumusan RAPBS, untuk menjadi anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah.

RAPBS dibuat hanya untuk satu tahun anggran pelajaran mendatang dan terdiri dari 2 bagian yaitu Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBS mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS hanya mencakup dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah.

Pedoman Penyusunan RAPBS, meliputi:

  • Pendahuluan;
  • Prinsip Penyusunan RAPBS;
  • Kebijakan Penyusunan RAPBS;
  • Tugas Pokok dan Fungsi;
  • Susunan RAPBS;
  • Tahapan Penyusunan RAPBS;
  • Teknis Penyusunan RAPBS;
  • Hal-hal Khusus Lainnya; dan
  • Penutup.

Cara Membuat RAPBS

RAPBS dibuat hanya untuk satu tahun anggran pelajaran mendatang dan terdiri dari 2 bagian yaitu Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBS mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS hanya mencakup dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah. Secara rinci langkah penyusunan RAPBS, yaitu:

  1. Inventarisasi kegiatan untuk tahun yang akan datang, baik kegiatan rutin maupun kegiatan pembangunan/ pengembangan berdasarkan evaluasi pelaksanaan kegiatan pada tahun sebelumnya, analisis kebutuhan tahun berikutnya, dan masukan dari seluruh warga sekolah maupun Komite sekolah.
  2. Inventarisasi sumber pembiayaan baik dari rutin maupun pengembangan.
  3. Penyusunan Rencana Kegiatan sekolah (RKS) yang lengkap berdasarkan Langkah poin (1) dan (2). Kepala sekolah membuat tabel RKS yang terdiri dari kolom-kolom nomor urut, uraian kegiatan, sasaran, kolom-kolom perincian dana dari berbagai sumber, dan kolom jumlah. Tabel tersebut diisi sesuai kolom yang ada.
  4. Penyusunan RAPBS, Kepala sekolah membuat tabel RAPBS yang terdiri dari kolom-kolom, yaitu kolom rencana penerimaan dan jumlahnya, kolom rencana pengeluaran dan jumlahnya. Tabel tersebut diisi kemudian ditandatangani oleh Kepala sekolah dan Ketua komite sekolah dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat.

Silahkan download Contoh Format SK Pembentukan Tim Penyusun RAPBS yang terdapat di bawah ini :

Demikian informasi “Contoh Format SK Pembentukan Tim Penyusun RAPBS”

Baca Juga : Info Perangkat Pembelajaran — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Contoh Format SK Pembentukan Tim Penyusun RAPBS” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.