Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Layanan Responsif

Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Layanan Responsif

Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Layanan Responsif

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Layanan Responsif

Sobat Pendidikan, Contoh Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Peminatan dan Responsif Modul 2 Layanan Responsif.

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Apa itu Layanan Responsif?

Latihan Pemahaman : Tujuan dari layanan responsif adalah…

A. Membantu peserta didik melakukan peminatan mata pelajaran

B. Membantu peserta didik menyelesaikan masalah terkait akademik, sosial, atau pribadi dengan segera

C. Memberikan pemahaman mengenai isu sosial yang sedang terjadi di masyarakat

D. Membantu peserta didik menentukan karir di masa depan

Jawab : B

Cerita Reflektif : Bagaimana pengalaman Ibu/Bapak dalam mendapatkan layanan responsif saat bersekolah dahulu?

Jawab Cukup baik, namun saat itu layanan responsif dilakukan untuk peserta didik bermasalah, baik karakter, tingkah laku ataupun kenakalan remaja.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Konseling Individu

Latihan Pemahaman :

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Numerasi

1. Berdasarkan kasus Ani, Bu Halimah dan Pak Fajar menuliskan faktor penyebab perilaku, diantaranya:

1. Mudah terdistraksi

2. Orang tua yang sibuk

3. Kecepatan belajar teman sekelas yang lebih cepat

4. Mudah menyerah saat diberikan tantangan Manakah yang termasuk ke dalam faktor internal?

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 1 dan 4

D. 3 dan 4

Jawab : C

2. Apa tujuan dari konseling individu?

A. Merupakan langkah lanjutan ketika peserta didik mengalami permasalahan kompleks

B. Meningkatkan kesadaran peserta didik untuk memperbaiki diri dan mencari solusi dari masalah yang dialami.

C. Merupakan langkah lanjutan ketika masalah yang dihadapi peserta didik diluar kemampuan guru BK

D. Mengetahui efektivitas program yang sudah direncanakan

Jawab : B

3. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik merancang tindak lanjut adalah dengan menggunakan lembar rencana aksi. Yang bukan merupakan komponen dari lembar rencana aksi yaitu…

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2, 3 Dosa Pendidikan: Perundungan

A. Situasi saat ini

B. Situasi yang diinginkan

C. Faktor eksternal

D. Hal-hal yang bisa dilakukan berbeda

Jawab : C

Cerita Reflektif : Bagaimana sikap Ibu/Bapak jika menemukan murid yang memiliki masalah pribadi dan akademik?

Jawab Perlu dilakukan pendampingan khusus terhadap peserta didik tersebut agar masalah pribadi ataupun masalah akademik segera tertangani.

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Konseling Kelompok

Latihan Pemahaman :

1. Konflik dalam kelompok di sekolah dapat diselesaikan walaupun tanpa adanya guru bimbingan konseling BK. Pernyataan tersebut sesuai dengan ilustrasi pada video yang mana menyelesaikan konflik dalam kelompok dapat difasilitasi oleh…

A. Kepala sekolah yang memiliki sertifikasi

B. Wali kelas yang memiliki kompetensi untuk mengemban peran BK

C. Petugas administrasi sekolah

D. Guru Bimbingan Konseling

Jawab : B

2. Berikut ini yang bukan merupakan pertimbangan dalam membentuk kelompok pada pelaksanaan konseling kelompok yaitu…

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 4 Teori Fasilitasi

A. Keaktifan dalam berdiskusi

B. Hasil observasi perilaku

C. Memiliki masalah yang relatif sama

D. Profil murid yang relatif sama

Jawab : A

3. Bagaimana cara peserta didik dapat terlibat dalam penyusunan rencana aksi layanan bimbingan dan konseling?

A. Mengisi seminar dan lokakarya

B. Mengisi diskusi kelompok terpumpun

C. Mengisi lembar refleksi dan rencana aksi

D. Mengisi rencana aksi layanan satu semester

Jawab : C

Cerita Reflektif : Bagaimana sikap Ibu/Bapak jika menemukan sekelompok murid yang berkonflik?

Jawab Perlu dilakukan pendampingan khusus terhadap individu peserta didik maupun  berkelompok. Cari tahu akar permasalahannya dan kemudian berikan solusi agar maslaah tersebut segera tertangani.

Demikian informasi “Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Layanan Responsif”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Layanan Responsif” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *