Kunci Jawaban Modul 3 Praktik Coaching

Photo of author

By Putu Atmaka

Kunci Jawaban Modul 3 Praktik Coaching

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Modul 3 Praktik Coaching

Sobat Pendidikan, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Fasilitator Pembelajaran SMK Modul 3. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.

I. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

A. Materi Fasilitator Pembelajaran untuk Mengembangkan Potensi Peserta Didik (SD-SMP)

1. Guru dapat berperan sebagai coach bagi peserta didiknya. Pada saat guru berperan sebagai coach, maka ia adalah … berpikir bagi peserta didiknya.

a. Mitra

b. Pelatih

2. Pada saat guru berperan sebagai coach, maka ia adalah mitra berpikir bagi peserta didiknya.

Pernyataan di atas adalah ….

a. Benar

b. Salah

1 hal yang saya ketahui setelah belajar materi ini adalah….

Jawab :

Ternyata hanya dengan menganggukan kepala merupakan bagian dari mendengarkan dengan RASA / tahapan apreciate, dan hal tersebut memberikan dampak yang sangat luar biasa terhadap kemajuan belajar peserta didik.

B. Materi Fasilitator Pembelajaran untuk Mengembangkan Potensi Peserta Didik (SMA-SMK)

1. Percakapan coaching bisa dilakukan kapan saja untuk mengantarkan peserta didik ke situasi yang dia inginkan di masa depan. Situasi tersebut bisa untuk mencapai target, mendapatkan kesadaran baru, mengatasi tantangan, atau mendapatkan solusi dari masalah yang mereka hadapi.

Pernyataan di atas adalah..

a. Benar

b. Salah

2. Perhatikan cerita Gustaf berikut ini:

Gustaf : Bu, orang yang suka menggambar seperti saya ini, apakah kelak bisa hidup dari menggambar ya bu?

Sebagai seorang guru yang berperan sebagai coach reaksi apa yang tepat dikeluarkan oleh Bu Jelita?

Baca Juga :  Isian Formulir Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas dan Cara Mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut di PMM

Mungkin iya ya, Ibu juga kurang mengerti Wah, pendapat orang tuamu ada benarnya ya. Bagaimana pendapatmu?

a. Hmmm, pertanyaanmu menarik sekali. Apa yang membuatmu berpikir untuk menanyakan hal tersebut?

b. Mengapa kamu suka menggambar?

1 hal yang saya ketahui setelah belajar materi ini adalah….

Jawab :

Dalam praktik coaching, apabila peserta didik menemukan sebuah permasalahan, maka peserta didik yang mencari solusinya, guru hanya sebagai fasilitator.

II. Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Coaching

1. Sesuai dengan definisi coaching menurut International Coaching Federatioan, tujuan coaching adalah untuk … coachee.

A. Mencapai target

B. Mengatasi tantangan

C. Memecahkan masalah

D. Mengoptimalkan potensi

2. Bapak lihat kamu ada 5 pertanyaan, yang tidak bisa. Ini memang susah sih ya.. kamu kesulitan ya sepertinya. Pernyataan di atas adalah merupakan salah satu pernyataan yang menghambat untuk menjadi pendengar aktif saat mempraktikkan coaching, yaitu…

A. Asumsi

B. Asosiasi

C. Menyetujui

D. Menghakimi

3. Saat mengajukan pertanyaan selama proses coaching, sebaiknya kita menghindari kata tanya yang bersifat menghakimi. Berikut adalah kata tanya yang TIDAK tepat, yaitu…

A. Apa

B. Bagaimana

C. Di Mana

D. Mengapa

4. Nah saya amati, dari buku latihan soal ini, AWAN sudah menunjukkan penguasaan atas 3 bidang tadi. Tapi, kenapa yang lain Awan tidak bisa? Susah, ya? Pertanyaan di atas yang dilontaskan guru adalah…

A. Tepat agar anak berefleksi

B. Tidak tepat karena terkesan menghakimi anak saat tidak dapat mengerjakan soal

C. Sudah tepat karena sudah sesuai dengan prinsip mendengarkan

D. Semua salah

5. Ibu Hana sedang melakukan praktik coaching terhadap Sara. Bu Hana mengulang kata kunci yang diucapkan oleh Sara sebelum bertanya untuk menggali. Ini merupakan bagian dari mendengarkan dengan RASA, tahapan ….

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Layanan Responsif

A. Ask

B. Receive

C. Appreciate

D. Sumarize

6. Vera: “Saya awalnya kasihan jadi saya bawa kucingnya, meskipun setelahnya saya terus bingung”.

Pak Romi: “Apa yang membuat kamu bingung?”

Vera: “Saya bingung apakah saya melakukan hal yang benar karena sampai saat ini saya sendiri gak tahu harus bagaimana dengan kucing-kucing ini.”

Sebagai seorang coach bagaimana sebaiknya reaksi Pak Romi?

A. Ya sudah, bawa saja kucingnya atau kembalikan saja ke pasar

B. Bagaimana kalau kita cari saja siapa yang mau mengadopsi kucing ini, ya

C. Oh, kamu bingung, memangnya kamu ingin kucing-kucing ini memiliki keadaan yang bagaimana?

D. Coba kamu jangan mengandalkan perasaan. Coba dipikir lagi deh, kamu mampu merawat kucingnya

7. Berikut adalah kalimat yang merupakan penerapan paradigma berpikir coaching, yaitu…

A. Apa yang membuat kamu takut tidak menang?

B. Ibu lihat kamu ragu-ragu. Apa betul seperti itu?

C. Senang ya? Apa yang membuat kamu merasa senang?

D. Wah gambar kamu mirip sekali dengan aslinya. … Ibu sampai bisa membayangkan di dalam laut sana.

8. Gustaf : Kata bapak dan ibu saya, lebih baik saya rajin belajar matematika dan IPA bu daripada menggambar. “Bisa menggambar tidak bisa buat beli beras”, kata mereka. Salah satu paradigma coaching yaitu bersikap terbuka ditunjukkan oleh pernyataan Bu jelita berikut ini, yaitu..

A. Wah, kok orang tuamu berpikir begitu ya?

B. Wow, Ibu kurang setuju. Menggambar juga bagus lho.

C. Menurutmu, itu hal yang salah ya?

D. Menurutmu, apa yang menyebabkan kedua orang tuamu berpikir demikian?

9. Guru yang berperan sebagai coach dapat melakukan percakapan yang memberdayakan untuk mengoptimalkan potensi peserta didik. Manakah yang termasuk pertanyaan memberdayakan potensi peserta didik?

Baca Juga :  Surat Keterangan Selesai Topik Pelatihan Mandiri PMM

A. Lalu apa yang akan untuk membuat kucing-kucing itu dapat diadopsi?

B. Kamu pasti bingung karena terlalu gegabah membuat keputusan. Berarti kamu berpikir dulu sebelum bertindak

C. Oh, iya sekolah tidak mungkin menampung kucing-kucing itu jadi kamu pastikan pulang sekolah nanti sudah ada solusinya ya?

D. Semua salah

10. Sebagai coach, maka guru TIDAK berfokus pada masalah peserta didik, kemudian ia dapat mendorong peserta didik untuk berani mencoba. Kalimat yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah …

A. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat kucing-kucing ini bisa diadopsi?

B. Kamu pasti bingung karena terlalu gegabah membuat keputusan. Berarti kamu harusnya berfikir dulu sebelum bertindak.

C. Oh iya, sekolah tidak mungkin menampung kucing-kucing ini jadi kamu pastikan pulang sekolah nanti sudah ada solusinya ya.

D. Semua salah

11. Gustaf : Kata bapak ibu saya, lebih baik saya rajin belajar matematika dan IPA, bu daripada menggambar. Bisa gambar tidak bisa buat beli beras, bu katanya.

Jelita: Wah, sepertinya memang susah sih kalau orang tuamu sudah berpikir begitu, kamu akan berat sepertinya.

Pernyataan Bu Jelita di atas adalah merupakan salah satu pernyataan yang menghambat untuk menjadi pendengar aktif saat mempraktikkan coaching, yaitu…

A. Asumsi

B. Asosiasi

C. Menyetujui

D. Menghakimi

Demikian informasi “Kunci Jawaban Modul 3 Praktik Coaching”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Modul 3 Praktik Coaching” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Tinggalkan komentar