Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Modul 5 Implementasi Program dalam PBD Pada PMM

Kunci Jawaban Modul 5 Implementasi Program dalam PBD Pada PMM

Kunci Jawaban Modul 5 Implementasi Program dalam PBD Pada PMM

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Modul 5 Implementasi Program dalam PBD Pada PMM

Sobat Pendidikan, Kunci Jawaban dari soal Post Test Modul 5 Implementasi Program dalam PBD “Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas” pada Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar.

Setelah satuan pendidikan melakukan proses identifikasi, refleksi, dan benahi, apalagi yang perlu dilakukan? Anda akan mempelajarinya melalui modul terakhir ini. Modul ini diharapkan dapat membantu Anda memahami proses lanjutan untuk merencanakan, menganggarkan, dan melaksanakan program demi peningkatan kualitas layanan di satuan pendidikan.

Soal 1 dari 15

Berikut adalah hal yang perlu difokuskan dalam melakukan refleksi atas pembelajaran terhadap Perencanaan Berbasis Data, kecuali ……

A. Fokus pada situasi yang terjadi

B. Fokus pada makna atau pelajaran yang didapatkan

C. Fokus pada aksi apa yang akan dilakukan

D. Fokus pada solusi apa yang ditemukan

Soal 2 dari 15

Berikut adalah indikator layanan yang perlu diperhatikan dalam proses Perencanaan Berbasis Data, kecuali ……

A. Seluruh indikator yang bermasalah

B. Indikator yang bermasalah

C. Indikator yang menjadi akar permasalahan

D. Indikator yang penting untuk segera dibenahi satuan pendidikan

Soal 3 dari 15

Bagaimana memulai langkah dalam melakukan perubahan berdasarkan Perencanaan Berbasis Data?

A. Segera memilih berbagai kegiatan pembenahan untuk mengatasi semua permasalahan di satuan pendidikan

B. Dimulai dengan menentukan alokasi anggaran untuk melakukan pembenahan di satuan pendidikan

C. Memulai perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan satuan pendidikan

D. Meminta arahan dari dinas pendidikan untuk dapat melakukan perubahan di satuan pendidikan

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 1 Pembelajaran Aktif dan Efektif Memanfaatkan TIK

Soal 4 dari 15

Siapa sajakah yang dapat mempelajari dan mempergunakan Laporan Rapor Pendidikan sebagai bahan evaluasi pendidikan?

A. Kepala satuan pendidikan

B. Rekan pendidik

C. Tenaga pendidik

D. Semua bisa mempelajari dan menggunakannya

Soal 5 dari 15

Apa yang akan terjadi jika saat melakukan pembenahan, kepala satuan pendidikan tidak memanfaatkan Laporan Rapor Pendidikan dengan baik?

A. Akan terjadi kekeliruan dalam melakukan pembenahan

B. Tidak akan terjadi peningkatan mutu pada satuan pendidikan

C. Kurangnya pemahaman kepala satuan pendidikan dan rekan guru terkait kebutuhan satuan pendidikannya

D. Semua benar

Soal 6 dari 15

Ketika satuan pendidikan merasa belum terjadi peningkatan mutu saat di pertengahan proses pembenahan, kepala satuan pendidik bersama rekan pendidik dapat mencoba membuka kembali Laporan Rapor Pendidikan. Lalu, mereka mempelajari kembali rekomendasi pembenahan yang sudah tersedia untuk diaplikasikan di pembenahan berikutnya. Bagaimana pernyataan di atas menurut Anda?

A. Benar

B. Salah

C. Hampir benar

D. Ragu-ragu

Soal 7 dari 15

Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari ……

A. Masalah – akar masalah – program

B. Indikator prioritas – masalah – program

C. Indikator – masalah – akar masalah – program

D. Masalah – akar masalah – indikator prioritas

Soal 8 dari 15

Manakah di antara pernyataan berikut yang benar?

A. Profil Pendidikan adalah hasil akhir dari Perencanaan Berbasis Data PBD

B. Setiap program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan

C. Seluruh program Rencana Kerja Tahunan penting untuk dilaksanakan

D. RKT dan RKAS dapat dirumuskan secara langsung tanpa melihat Rapor Pendidikan

Soal 9 dari 15

Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari ……

A. Masalah – akar masalah – program

B. Indikator prioritas – masalah – program

C. Indikator – masalah – akar masalah – program

D. Masalah – akar masalah – indikator prioritas

Soal 10 dari 15

Perhatikan rincian kegiatan berikut ini :

1. melakukan refleksi satuan pendidikan terkait kebutuhan dana.

2. menentukan kegiatan benahi pada RKT

3. merinci kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan

4. merinci nominal harga barang dan jasa yang diperlukan

Dari pernyataan di atas, Langkah yang perlu dilakukan ketika akan melakukan penganggaran ke RKAS adalah . . . .

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 2 dan 4

Soal 11 dari 15

Perhatikan beberapa daftar kegiatan berikut ini:

1. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kualitas pembelajaran.

2. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi literasi

3. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kepemimpinan Instruksional.

4. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi numerasi

Salah satu kebutuhan yang perlu dianggarkan dalam RKAS oleh satuan pendidikan yang paling ……

A. Honor narasumber

B. Honor kegiatan

C. Honor panitia

D. Langganan internet

Soal 12 dari 15

Setelah satuan pendidikan melakukan penganggaran melalui ARKAS, maka tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah….

A. Melakukan input RKAS ke ARKAS

B. Melakukan input RKAS ke RKJM

C. Melakukan input RKT ke RKAS

D. Melakukan input RKT ke RKJM

Soal 13 dari 15

Apa yang harus satuan pendidikan lakukan jika dalam perjalanan proses kegiatan, terdapat kekeliruan ataupun halhal yang dirasa tidak tepat?

A. Tetap melanjutkan kegiatan yang telah direncanakan

B. Mengabaikan hal tersebut demi kelanjutan pembenahan

C. Langsung mengganti kegiatan dengan yang sesuai dengan satuan pendidikan

Baca Juga :  Contoh Laporan Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Untuk Bukti Dukung Perencanaan Pengelolaan Kinerja di PMM

D. Berdiskusi dengan rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk mencari solusi yang sesuai

Soal 14 dari 15

Bagaimanakah proses pengawasan sebaiknya dilakukan?

A. Secukupnya saja

B. Pengawasan dilakukan secara berkala dan terus-menerus

C. Pengecekan dilakukan ketika kegiatan menemukan masalah

D. Tidak perlu pengawasan yang ketat dan rutin

Soal 15 dari 15

Siapakah yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data di satuan pendidikan?

A. Tenaga pendidik

B. Kepala satuan pendidikan

C. Orang tua peserta didik

D. Seluruh unsur satuan pendidikan

Soal Latihan Pemahaman Modul 5 Implementasi Program dalam PBD

Siapa saja yang dapat dilibatkan untuk mendapatkan data tambahan mengenai kondisi satuan pendidikan ?

A. Tenaga pendidik

B. Peserta didik

C. Orang tua

D. Semua benar

Pada saat kapankah Rapor Pendidikan dapat digunakan?

A. Awal tahun ajaran

B. Akhir tahun ajaran

C. Pertengahan semester

D. Kapanpun saat hendak melakukan pembenahan

RKT adalah ……

A. Rencana Kerja Tahunan

B. Rancangan Kerja Tahunan

C. Revisi Kerja Tahunan

D. Rencana Kegiatan Tahunan

E. Rancangan Kegiatan Tahunan

Rencana Kegiatan Tahunan yang membutuhkan biaya akan dianggarkan oleh Satuan Pendidikan melalui . . . .

A. Rencana Kerja Jangka Pendek

B. Rencana Kerja Jangka Panjang

C. Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah

D. Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah

Apa saja tiga tahapan utama implementasi Perencanaan Berbasis Data?

A. Identifikasi, Refleksi, Klarifikasi

B. Identifikasi, Evaluasi, Klarifikasi

C. Identifikasi, Refleksi, Benahi

D. Identifikasi, Relaksasi, Benahi

Demikian informasi “Kunci Jawaban Modul 5 Implementasi Program dalam PBD Pada PMM”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Modul 5 Implementasi Program dalam PBD Pada PMM” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *