Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Pengantar Program Roots Indonesia

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Pengantar Program Roots Indonesia

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Pengantar Program Roots Indonesia

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Pengantar Program Roots Indonesia

Sobat Pendidikan, Cerita Reflektif dan Post Test Topik AAP (Ayo Atasi Perundungan) melalui Program Roots Indonesia Modul 1. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.

I. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

A. Materi Mari Berkenalan dengan Program Roots Indonesia

Program Roots adalah program pencegahan perundungan di satuan pendidikan dengan memberdayakan peserta didik sebagai agen perubahan menyebarkan perilaku positif di sekolah. Program ini adalah salah satu program pencegahan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan yang sesuai dengan Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023.

Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 mengatur peran sekolah dalam mencegah dan menangani kekerasan di satuan pendidikan.

A. BENAR

B. SALAH

Bagaimana pengalaman Bapak/Ibu dalam menginisiasi pencegahan kekerasan di sekolah?

Jawab : Dengan memberdayakan dan membiasakan program 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) dalam lingkungan sekolah.

B. Materi Merespon Perundungan dengan Pendekatan Disiplin Positif

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 1, 3 Dosa Pendidikan: Intoleransi

Dalam merespon perundungan atau perilaku tidak tepat peserta didik, dapat menggunakan pendekatan yang membangun kesadaran peserta didik. Materi ini menjelaskan bagaimana guru dapat merespon perilaku peserta didik yang tidak tepat dengan pendekatan disiplin positif, sebuah pendekatan yang memampukan peserta didik untuk mengontrol perilaku dengan sadar dan bertanggung jawab dengan tetap menghormati diri sendiri dan orang lain.

Disiplin Positif adalah upaya mendisiplinkan peserta didik tanpa menggunakan kekerasan, berupaya membangun kesadaran peserta didik agar berperilaku secara tepat dengan menghargai diri sendiri dan orang lain.

A. BENAR

B. SALAH

Bagaimana pengalaman Bapak/Ibu saat menghadapi peserta didik yang berperilaku tidak tepat?

Jawab : Ketika mendapati peserta didik dengan perilaku yang tidak tepat sudah tentu sebagai guru harus dapat melakukan pendekatan yang membangun kesadaran peserta didik terkait pentingnya perilaku positif.

C. Materi Memahami Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial

Seluruh peserta didik mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi agen perubahan atau menjadi penerima manfaat dan dapat terlibat dalam Program Roots. Materi ini menjelaskan bagaimana peran guru dalam mengakomodasi keberagaman sehingga semua peserta didik mendapatkan akses yang setara terhadap pembelajaran Roots baik itu dari aspek gender, latar belakang sosial ekonomi, kelas sosial, kondisi fisik, disabilitas, agama, ras, atau suku mereka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 2 Kepemimpinan dalam Berinovasi dan Transformasi

Jenis kelamin dan gender adalah dua hal yang berbeda.

A. BENAR

B. SALAH

Bagaimana pengalaman Bapak/Ibu dalam menerapkan kesetaraan gender dan inklusi sosial di sekolah?

Jawab : Penerapan kesetaraan gender dan inklusi sosial di sekolah dapat diterapakan melalui pembelajaran dengan memberikan fasilitas serta kualitas pembelajaran yang maksimal tanpa membedakan.

D. Materi Belajar Etika dan Teknik Fasilitasi Program Roots

Pelaksanaan Program Roots di sekolah dilakukan oleh guru sebagai fasilitator dan peserta didik sebagai agen perubahan. Guru perlu memiliki kemampuan fasilitasi yang tepat. Materi ini menjelaskan terkait siapa itu fasilitator, bagaimana etika dan teknik dalam memfasilitasi Program Roots.

Fasilitator guru tidak diperkenakan menceritakan cerita pribadi peserta didik kepada orang lain kecuali atas persetujuan peserta didik.

A. BENAR

B. SALAH

Bagaimana pengalaman Bapak/Ibu memandu diskusi kelompok peserta didik di sekolah?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Jawab : Dengan memberikan pendampingan antar kelompok agar diskusi kelompok sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

II. Jawaban Post Test Modul 1 Pengantar Program Roots Indonesia

1. Siapa yang memilih Agen Perubahan dalam Program Roots Indonesia?

A. Kepala Sekolah

B. Guru BK

C. Peserta Didik

D. Komite Sekolah

2. Di antara hal berikut yang bukan kriteria dari konsekuensi logis adalah…

A. Menghargai

B. Berkaitan

C. Membantu

D. Melecehkan

3. Menghargai keberagaman peserta didik dalam Program Roots Indonesia adalah tujuan dari…

A. sportivitas

B. inklusi sosial

C. popularitas

D. elektabilitas

4. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memfasilitasi Program Roots Indonesia…

A. Membatasi komunikasi dengan peserta didik

B. Tidak menghakimi pengetahuan peserta didik

C. Membuat kesepakatan kelas tanpa melibatkan peserta didik

D. Fasilitator menentukan sendiri jadwal pertemuan dengan peserta didik

Demikian informasi “Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Pengantar Program Roots Indonesia”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Pengantar Program Roots Indonesia” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *